Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Wisata di Sumatera Barat Paling Ikonik dan Terpopuler

waktu baca 5 menit

Wisata di Sumatera Barat, ragam sulawesitoday Wisata Sumatera Barat, Kota Padang, harus Sahabat datangi saat berlibur akhir tahun dengan keluarga atau rekan. Sumatera Barat sebagai salah satunya Provinsi di Indonesia yang banyak memiliki potensi objek Paling Ikonik dan Terpopuler yang mengagumkan.

Mau tahu apa saja Wisata yang ada di sana, baca di bawah ini:

 

  • Danau Singkarak

Bila ingin menyaksikan ikan bilih yang disebut epidemik Singkarak. Ikan bersisik perak berkilau ini cuma bisa mengalami perkembangan sampai ukuran sekitaran 5 cm. Sambil melalui danau dan menyaksikan seperti apakah wujud ikan bilih, sahabat bisa juga nikmati keelokan alam sekitaran yang asri. Danau Singkarak sebagai danau terluas di Sumatera Barat. Karena sangat besarnya, danau ini menghampar pada dua Kabupaten, Solok dan Tanah Datar.

 

  • Pulau Setan

Tempat wisata Sumatera Barat yang satu ini agak seram juga ya. Namanya Pulau Setan, yang memiliki daya tarik tersendiri. Pulau ini tidak memiliki penghuni, selain mempunyai bentangan laut biru yang dihias oleh bukit-bukit asri. Bila ingin berenang, sahabat tidak perlu cemas karena gelombang ombak disekelilingnya termasuk kecil.

 

  • Jembatan Akar Bayang

Jembatan Akar Bayang sebagai jembatan unik yang menyambungkan dua Daerah di Nagari Puluik-puluik, Pesisir Selatan. Di situ, sahabat akan mendapati deretan pohon beringin besar.

Menurut Masyarakat di tempat, deretan pohon itu telah berumur puluhan tahun, bahkan juga lebih dari ratusan tahun. Dari Sungai Tangkai Bayang, sahabat juga akan mendapati jembatan sejauh lebih dari 15 meter yang menjulur dari akar panjang pohon beringin melilit. Selain panorama jembatan yang unik, sahabat juga bisa nikmati keelokan saluran sungai yang tidak begitu deras. Umumnya, anak-anak disekitaran daerah itu sering melompat dari jembatan untuk berenang di sungai sedalam 2-3 meter.

 

  • Taman Nasional Kerinci Seblat

Tempat wisata Sumatera Barat yang setelah itu Taman Nasional Kerinci Seblat. Taman Nasional Kerinci Seblat sebagai teritori konservasi alam. Di situ ada satu pertunjukan wisata namanya Air Terjun Lumpo. Saat berkunjung ke air terjun, sahabat bukan hanya dapat nikmati gemericik air terjun, tapi panorama rimba yang asli dan lebat. Untuk pencinta tempat wisata yang mempunyai medan dan menantang, mungkin Air Terjun Lumpo ialah pertunjukan wisata yang perlu didatangi.

 

  • Kota Sawahlunto

Kota Sawahlunto sebagai kota yang masuk ke nominasi Situs Peninggalan Budaya Dunia UNESCO. Dahulunya, kota ini dikenali sebagai kota batu bara. Sekarang, kota itu dikenali sebagai kota wisata. Salah satunya tujuan wisata Sumatera Barat ini mempunyai banyak tempat wisata menarik. Satu diantaranya ialah Danau Biru yang disebut sisa galian tambang batu bara. Airnya yang warna biru pekat bagus sekali untuk jadi background photo.

Bila ingin menyaksikan panorama Kota Sawahlunto, sahabat langsung bisa ke arah Pucuk Cemara City View yang memiliki jarak 6 km dari pusat perkotaan. Ada pula titik lain untuk menyaksikan kota itu yakni Pucuk Polan, dikenal juga sebagai Pucuk Sungai. Di sini, sahabat dapat mencoba paralayang juga.

 

  • Jembatan Kelok Sembilan

Jembatan ini sebetulnya sebagai batas jalan yang menyambungkan di antara Provinsi Riau dengan Sumatera Barat yang berliku dan ada di sekitaran 30 km arah timur dari Kota Payakumbuh. Jalan itu menghampar sejauh 300 meter. di Jorong Aie Putiah, Nagari Sarilamak, Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh, Kota Sumatera Barat.

Jembatan kelok sembilan ini memiliki kelokan yang paling tajam dengan lebar yang capai 5 mtr., bersebelahan langsung dengan jurang dan dijepit oleh dua bukit-bukit antara dua cagar alam, yakni Cagar Alam Air Putih dan Cagar Alam Harau. Sekarang jembatan itu semakin elok dengan bermacam pembangunan yang sudah dilakukan di situ.

 

  • Pantai Nirwana

Pantai Nirwana berada di Pantai Barat Sumatera yang cuma memiliki jarak sekitaran 14 km dari Kota Padang. Pantai yang elok ini lokasinya tidak jauh dari Dermaga Teluk Bayur yang telah populer akan keelokannya semenjak jaman penjajahan BelSahabat.

Dari Pantai Nirwana pengunjung dapat melihat beberapa kapal bertambat atau melaut, baik kapal penumpang atau kapal dagang. Saat senja dan mendekati malam, terlihat kerlap kerlip lampu di dermaga Teluk Bayur kelihatan benar-benar cantik.

 

  • Pulau Angso Duet

Tempat wisata Sumatera Barat yang setelah itu Pulau Angso Duet. Pulau ini ada di pantai Pariaman yang jaraknya 2 mil dari pinggir pantai atau memerlukan 15 menit perjalanan memakai boat atau kapal nelayan. Bermacam kegiatan hebat dapat dilakukam di pukau itu, dimulai dari bermain air, snorkeling atau sekadar main pasir dan riak-riak ombak sekalian nikmati hilir mudik beberapa nelayan di pantai.

 

  • Ngarai Sianok

Tempat wisata Sumatera Barat seterusnya ini ialah Ngarai Sianok yang berada di Bukittinggi. Tidak kalah cantik dibanding dengan Lembah Harau, Ngarai Sianok dimisalkan sebagai Grand Canyon-nya Bukittinggi. Ngarai Sianok ini mempunyai pemSahabatngan alam yang paling cantik, dan sahabat bisa juga bermain air dan sekedar kongkow bersama rekan di bawah ngarai ini. Jika ingin nikmati panorama ngarai di atas, sahabat dapat masuk ke Taman PemSahabatngan dan melihat keelokan Ngarai Sianok disini.

 

  • Air Terjun Lembah Anai

Tempat wisata Sumatera Barat satu ini kemungkinan tidak asing di penglihatanmu, karena kerap disoroti di tv. Bagaimana tidak, berada di tepi jalan, air terjun lembah anai ini tentu saja benar-benar gampang didatangi. Lokasinya ada di jalan di antara Padang ke Bukittinggi. Sahabat bukan hanya dapat nikmati air terjun ini dari mobil saja, tetapi juga bisa turun dan nikmati airnya yang dingin. Sahabat bisa juga beli oleh-olehan karena banyak yang jualan disekitaran tempat ini.

 

  • Teritori Wisata Mandeh

Teritori Wisata Mandeh populer dengan panggilan Raja Ampat-nya Sumatera Barat. Ini karena daya tarik yang dihidangkan oleh tempat wisata Sumatera Barat satu ini hampir serupa dengan daya tarik Raja Ampat yang populer itu. Bahkan juga saat ini teritori wisata mandeh telah banyak didatangi oleh pelancong luar negeri karena keelokan alamnya itu. Keelokan dataran dan keelokan bawah lautnya tak perlu disangsikan kembali.

 

  • Pulau Mentawai

Untuk sahabat yang menyenangi keelokan panorama pantai dan menyenangi keelokan alam bawah laut tentu saja Pulau Mentawai tidak dapat dilewati. Terbagi dalam beberapa pulau yang mempunyai pantai dan keelokan laut yang jarang-jarang disentuh, Pulau Mentawai jadi tempat favorite pelancong seterusnya. Meskipun Pulau Mentawai kurang demikian populer untuk pelancong lokal, tetapi untuk pelancong luar Negeri dari beberapa Negara, Mentawai salah satu tujuan favorit. Ini karena Pulau Mentawai mempunyai spot surfing yang telah bertaraf Internasional. (WS)

Selain artikel Wisata di Sumatera Barat Paling Ikonik dan Terpopuler, baca juga:10 Lokasi Wisata Hits dan Rekomendasi di Medan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *