Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Wisata di Kalimantan Tengah Yang Paling Hits

waktu baca 5 menit
Wisata di Kalimantan Tengah Yang Paling Hits. (Foto: Be Borneo Tour)

Wisata di Kalimantan Tengah, wisata sulawesitoday – Mengisi waktu liburan akan sangat membahagiakan jika dilaksanakan dengan berkunjung bermacam tempat wisata menarik. Satu diantaranya dengan berkunjung Kalimantan Tengah yang mempunyai tempat wisata yang asri dan belum tersentuh oleh beberapa pelancong. Dengan berkunjung tempat wisata itu, karena itu pemikiran akan balik fresh dan siap untuk beraktivitas harian.

Untuk menjawab rasa ingin tahu sahabat, yok baca pembahasan 10 tempat wisata yang ada di Kalimantan Tengah yang paling hits di bawah ini:

 

1. Taman Nasional Tanjung Puting

Bila Sahabat berkunjung ke Taman Nasional Tanjung Puting (TNTP). Karena itu Sahabat akan melihat langsung bagaimana orang utan yang berkembang biak secara baik di taman itu. Sahabat dapat memberi pakan pada orang utan yang sudah disiapkan seperti ubi, pisang, atau susu. Untuk dapat mempunyai peluang memberi makan pada orang utan, karena itu Sahabat dapat pilih tiga camp yang ada di daerah itu.

Ke-3 camp ini mempunyai raja orang utannya masing-masing apabila telah saatnya pemberian makan, karena itu raja itu aan ada ke lokasi. Selainnya orang utan, taman nasional ini sebagai penangkaran untuk hewan lain seperti babi rimba, monyet, bekantan dan jenis makhluk hidup yang lain hidup bersebelahan dengan taman nasional itu. Disamping itu pengunjung berlindung di bawah pohon taman nasional yang membubung tinggi.

 

2. Sebangau National Park

Untuk dapat sampai di Taman Sebangau National akan memerlukan waktu sekitaran 20 menit dari lapangan terbang kecil Riwut Palangkaraya. Daerah ini mempunyai lebih kurang 568 sampai 700 hektar dan mempunyai sumber daya alam yang komplet.

Di taman nasional inni ada lebih kurang 808 spesies tanaman, 15 jenis mamalia, 182 jenis burung dan 54 spesie ulas. Jenis- jenis flora juga dapat tumbuh subur di Sebangau National Park.

 

3. Danau Biru Tewang Pajangan

Berkunjung ke Kalimantan Tengah untuk liburan rasanya kurang komplet bila tidak berkunjung ke Danau Biru Tewang Pajangan. Daya magnet khusus dari danau ini ialah air danau yang warna biru seperti awan dan tak pernah alami peralihan. Ditambahkan lagi keelokan alam yanga da di sekitaran danau seakan menambahkan komplet daya tarik danau itu. Keelokan air danau ini kerap digunakan oleh warga untuk tempat berpose selfie.

Tetapi ada pula beberapa warga yang memutuskan untuk memakai air itu sebagai tempat pemandian. Warna air yang biru ini dikarenakan oleh banyak plankton yang hidup di perairan yang cukup biru itu. Selainnya warna air yang paling elok, Sahabat akan disuguhi dengan panorama putih dari gundukan tanah yang ada di sekelilingnya. Situasi berlibur akan makin komplet bila berkunjung ke danau itu.

 

4. City Air Muara Teweh

Muara teweh ialah Ibu Kota Kabupaten Barito Utara yang mempunyai sebagian besar warganya ialah suku Dayak Bakumpai. Kota yang dikitari oleh rimba mempunyai wujud memanjang ikuti saluran air sungai. Di sejauh saluran sungai, Sahabat akan menemui panorama alam yang paling menarik.

Sahabat bisa juga mencicip durian papaken dan ikan saluang ciri khas dari Kalimantan. Kota yang mempunyai tanaman kayu bakah ini dapat segera diminum dari tangkai pohonnya.

 

5. Taman Kumkum

Taman Kumkum merupakan object wisata yang berada di dekat Palangkaraya yang menjadi satu diantara tempat wisata terkenal yang didatangi oleh beberapa orang saat berlibur. Taman ini dapat dikatakan sebagai kebun binatang kecil hanya karena mempunyai beberapa hewan seperti buaya, beruang, burung elang dan monyet.

Selainnya dapat berhubungan dengan hewan yang ada di dalamnya, Sahabat bisa juga pesan makan sekalian nikmati live music di taman Kumkum.

 

6. Danau Tahai

Danau Tahai ialah sebuah danau kecil yang ada di Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah. Kelebihan teritori wisata ini ialah jembatan kayu yang melingkari area rimba ini. Danau Tahai ini mempunyai kekhasan yang tidak dipunyai oleh danau danau yang lain di luar Pulau Kalimantan.

Di sekitaran danau Tahai pengunjung ada rumah rumah terapung milk warga yang umum disebutkan dengan rumah lanting.

 

7. Bukit Tangkiling

Berkunjung ke Bukit Tangkiling karena itu Sahabat akan disuguhi dengan pemsahabatngan alam yang paling berlainan. Bukit yang mempunyai ketinggian lebih kurang 500 mdpl ini akan tawarkan daya tarik alam yang hebat cantik. Bentangan hijau dari pohon-pohonan akan menyongsong Sahabat setelah tiba sampai di pucuk bukit itu.

Bila Sahabat telah capai titik pucuk bukit, karena itu Sahabat akan melihat panorama bukit yang lain tidak kalah memesona.

 

8. Pantai Tim

Pantai Tim sebagai salah satunya object wisata di pangkalan Bun karena terletak yang bagus untuk mengucilkan dari keramaian kota. Pantai ini mempunyai keunikan pasirnya yang warna cukup kecoklat-coklatan.

Warna pasir cokelat ini karena dampak rimba gambut yang ada tidak jauh dari pantai. Pantai ini juga lsahabatu dan benar-benar pas untuk jadi tempat untuk bermain air.

 

9. Istana Kuning

Selainnya daya tarik pantai, Kalimantan Tengah mempunyai wisata riwayat yang istana kuning. Tidak berarti istana ini dibalut dengan warna kuning untuk semuanya bangunanya, tetapi cuma sisi gerbang saja yang warna kuning.

Bangunan warisan kerajaan di Kalimantan Tengah ini sebagai kombinasi beragam budaya seperti Melayu, China dan Dayak. Sebagian besar bangunan dibuat dari kayu ulin yang paling kuat.

 

10. Museum Balanga

Wisata di Kalimantan Tengah yang dapat menambahkan wacana pengetahuan Sahabat ialah Museum Belanga. Saat berkunjung kesini Sahabat akan mendapati banyak senjata tradisionil seperti duhung, msahabatu sumpit, rabayang dan tombak.

Senjata ini umumnya dipakai untuk kepentingan upacara, berkebun, memburu dan bela diri. Umumnya banyak siswa sekolah yang berkunjung ke Museum Belanga untuk menambahkan wacana. (WS)

 

Selain artikel Wisata di Kalimantan Tengah Yang Paling Hits, baca juga:Berlibur ke Destinasi Wisata Kalimantan Selatan

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *