Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Wisata Bangka Belitung Dari Pantai Hingga Pulau Yang Populer

waktu baca 4 menit

Wisata Bangka Belitung, ragam sulawesitoday Wisata Bangka Belitung sebagai tujuan berlibur yang cukup populer akhir-akhir ini. Sebagai Provinsi yang terbagi dalam beberapa pulau, Bangka Belitung menyimpan keelokan alam laut yang demikian memikat. Wisata bahari Bangka Belitung tentunya akan membuat sahabat berdecak takjub.

Wisata Bangka Belitung dikenali dengan barisan pantainya yang mempesona. Selainnya pantai, ada pula danau yang tidak kalah cantik. Sahabat Dapat pilih tujuan wisata sesuai keinginan.

 

  1. Pantai Tanjung Tinggi

Wisata Bangka Belitung berbentuk pantai yang pertama yakni Pantai Tanjung Tinggi. Pantai ini populer karena film Laskar Pelangi dan Si Pemimpi. Pantai Tanjung tinggi dijepit oleh dua semenanjung, yakni tanjung Kelayang dan tanjung Simpan. Terletak tidak jauh dari Pantai Tanjung Kelayang dan memiliki jarak sekitaran 31 km dari kota Tanjung Pandan.

Kelebihan dari pantai berpasir putih ini ialah beberapa ratus batu granit besar yang menyebar di ke-2 semenanjung dan di laut di muka pantai. Ukuran granit itu dimulai dari beberapa mtr. kubik sampai beberapa ratus mtr. kubik bahkan juga semakin besar dari sebuah bangunan tempat tinggal.

 

  1. Pantai Tanjung Kelayang

Seperti Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Tanjung Kelayang mempunyai batu-batuan granit super besar. Memiliki bentuk benar-benar serupa dengan kepala burung garuda. Pada 2016 lalu pantai Tanjung Kelayang diputuskan pemerintahan sebagai Teritori Ekonomi Khusus (KEK)dengan aktivitas khusus di bagian pariwisata. Ini membuat pantai Tanjung Kelayang menjadi satu diantara favorit wisata Bangka Belitung.

 

  1. Pantai Matras

Pantai Matras sebagai salah satunya wisata Bangka Belitung yang banyak didatangi warga. Akses lokasi yang gampang dicapai, dan ongkos yang dapat dijangkau membuat pantai ini kerap dikatakan sebagai pantai rakyat. Pantai Matras sebagai pantai paling panjang di pulau Bangka. Pantai ini mempunyai panorama batu granit ciri khas Bangka Belitung, pohon-pohonan kelapa, laut yang bening, dan sungai air tawar yang alami.

 

  1. Pantai Parai Tenggiri

Pantai Parai Tenggiri sebagai salah satunya pantai unggulan yang dipunyai pulau Bangka. Pantai ini mempunyai kontur tanah yang agak miring dengan ombak yang relatif kecil. Tidak ketinggal bentangan pasir putih bersih dan batu-batuan granit alami membuat tiap mata termanjakan akan daya tariknya. Di sini pengunjung dapat nikmati wisata bahari yang lain seperti memancing, menyelam bersama terumbu karang, atau coba banana boat.

 

  1. Pantai Punai

Berpindah ke segi tenggara Belitung, sahabat dapat menemui pantai Punai yang ada di dusun Tanjung Kelumpang. Sama kelihatannya object wisata Bangka Belitung yang lain, di pantai ini ada bebatuan granit, namun rangkaian batu granit di pantai Punai memiliki ukuran lebih kecil. Dari pantai ini, sahabat bisa juga menyeberang ke sebuah pulau kecil dengan jalan kaki di perairan dangkal. Pulau ini sendiri dulu sebagai komunitas dari burung Punai hingga dikenali bernama Pulau Punai.

 

  1. Pulau Lengkuas

Wisata Bangka Belitung yang pertama yakni Pulau Lengkuas. Pulau Lengkuas berada di samping utara pulau Belitung. Untuk ke arah kesini, sahabat perlu seberang dalam jarak waktu sekitaran 30 menit dari Pulau Bangka. Wisata Bangka Belitung ini sama dengan mercusuar yang membubung tinggi di tengah pulau.

 

  1. Pulau Batu Melaut

Dikatakan sebagai pulau Batu Melaut karena saat air pasang, batu-batuan yang berada di pulau ini seolah melaut di tengah-tengah lautan. Bermacam-macam granit putih membubung tinggi akan terlihat saat sahabat dekati pulai ini. Saat yang cocok untuk bertandang ke wisata Bangka Belitung ini ialah saat sore hari sekalian nikmati matahari tenggelam. Disamping itu juga bisa menyaksikan ikan atau melihat ubur-ubur.

 

  1. Pulau Kepayang

Pulau Kepayang sebagai wisata Bangka Belitung yang dikenal juga sebagai Pulau Babi. Di sini ada sebuah pantai berpasir putih yang cantik berhiaskan bebatuan granit raksasa yang menambahkan keestetikanya. Bila bertandang kesini, sahabat akan mendapati panorama yang paling cantik dari pantai berair biru jelas itu. Disamping itu, sahabat dapat coba peluang untuk mengeksploitasi kekayaan bawah air pantai ini.

 

  1. Pulau Lutong

Pulau Lutong dikenali dengan semenanjung pasir putih yang lembut. Dengan hiasan air laut yang kehijauan cantik dengan batu granit yang ada, Pulau Lutong menjadi satu diantara wisata Bangka Belitung yang jangan dilewati. Di sini ada beberapa pohon-pohonan ketapang dan kelapa yang menghias tepian pantai.

 

  1. Pulau Pasir

Sesuai namanya, Pulau Pasir memang populer dengan pasir putihnya yang halus. Bahkan juga lebih halus dibanding pantai yang lain. Antiknya, di sisi tengah wisata Bangka Belitung ini ada peristiwa yang cukup mengagetkan, yaitu ada pulau kecil di tengah-tengah laut. Masalahnya pulau kecil itu cuma akan ada saat sedang pasang saja dan akan lenyap saat kering.

 

  1. Pulau Burung

Wisata Bangka Belitung ini dinamakan pulau Burung karena sebuah batu berwujud kepala burung yang berada di tengah pantainya. Pantai di sini mempunyai pasir putih dan perairan yang tenang dan kurang ombak, hingga pas untuk berenang atau aktivitas bermain air lainnya.

 

  1. Pulau Leebong

Antara beberapa pulau yang lain di Belitung, Leebong ialah yang terbanyak didatangi oleh beberapa pelancong. Pulau ini mempunyai sarana selingan yang paling komplet, seperti fasilitas olahraga, snorkeling, jet ski, banana boat, dan standing kayak. (WS)

Selain artikel Wisata Bangka Belitung Dari Pantai Hingga Pulau Yang Populer, baca juga:Liburan ke 10 Destinasi Wisata di Bandar Lampung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *