Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Taman BMW, Bekas Tambang Timah Jadi Wisata Bangka Barat

waktu baca 2 menit
Taman BMW Bangka Barat, (Foto: Bangka Pos)

Wisata Bangka Barat, wisata sulawesitoday – Taman wisata keluarga Buana Mega Wisata atau BMW Air Biat di Muntok, Bangka Barat, Kepulauan Bangka Belitung, kini datang sebagai salah satunya tujuan favorit wilayah.

Berada di tempat reklamasi bekas penambangan timah, taman BMW diperlengkapi beragam sarana permainan. Ada juga tiruan tugu dan bangunan dari beragam wilayah.

Tiruan jembatan Ampera Palembang ialah satu diantaranya. Jembatan yang dicat warna merah itu tidak cuma untuk tiruan, tetapi bisa juga dilalui pengunjung.

Disamping itu, ada Tugu Nanas ciri khas Toboali Bangka Selatan, Tugu Ketupat ciri khas Tempilang Bangka Barat, Tugu Tudung Sajian ciri khas Kota Pangkalpinang, dan Mercusuar Tanjung Kalian, Muntok.

Tambang timah jadi tempat wisata Bangka Barat

Taman BMW Bangka Barat atau disebutkan taman wisata alam Air Biat mulai dibuat semenjak 2017. Pemilik tempat Eddy Arief lakukan usaha reklamasi dan penghijauan sesudah penambangan tak lagi berharga ekonomis.

“Kita idenya agrowisata, lebih alami. Sarana yang ada tidak memakai mesin jadi lebih ramah lingkungan. Ada bebek air dan kano yang dapat dikayuh,” kata Eddy pada mass media, Senin 9 Januari 2023.

Taman BMW tempati tempat selebar 40,8 hektar yang baru sekitaran 40 % dibuat. Tetapi, pengunjung termasuk semangat. Rerata dalam satu hari, ada 300-an pengunjung dan jadi 2x lipat saat hari liburan.

Gagasannya, pengurus akan menambahkan sarana kolam pemancingan dan camping ground. Selainnya nikmati panorama, pengunjung bisa juga memainkan kegiatan sama sesuai hoby masing-masing.

Sekarang ini ongkos masuk berbentuk biaya parkir Rp 5.000 untuk kendaraan beroda 2 dan Rp 10.000 untuk kendaraan beroda 4.

Mayoritas pengunjung tiba dengan membawa bagian keluarga mereka. Taman BMW diperlengkapi beberapa gazebo dengan koridor yang sama-sama tersambung. Kehadiran kolam ikan hias makin menambah pengunjung semangat, terutamanya anak-anak.

“Taman ini trending di sosial media, hingga saya mengajak keluarga wisata kesini. Memang ini dahulunya bekas tambang, tetapi saat ini situasinya telah berbeda. Pas untuk wisata keluarga,” tutur Rendi, pengunjung dari Pangkalpinang.

Secara geografis Taman BMW ada di dataran Bangka yang terpisah selat dengan Palembang, Sumatera Selatan. Sementara dari Kota Pangkalpinang, memiliki jarak sekitaran dua jam perjalanan memakai minibus.

Penjabat (Pj) Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Ridwan Djamaludin menjelaskan, taman BMW sisi dari reklamasi yang dilaksanakan warga.

Pemda memberi support lewat program penghijauan dengan penanaman pohon epidemik ciri khas Bangka Belitung. (rahma)

Selain artikel wisata Bangka Barat, baca juga: Taman Nasional Sulawesi, Eksotisme Menantang untuk Dijelajahi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *