Puluhan Warga Mengungsi Pascabanjir Susulan di Desa Torue

waktu baca 2 menit
Puluhan Warga Mengungsi Pascabanjir Susulan di Desa Torue

Warga mengungsi pascabanjir susulan Torue, berita parigi moutongBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah menjelaskan sekitar 30 jiwa warga Desa Torue mengungsi pascabanjir susulan.

“30 orang mengungsi di kantor desa terdiri dari wanita dan anak-anak. Pria pulang menjaga rumah mereka cemas jangan sampai di ada beberapa orang tertentu manfaatkan keadaan ini mencuri,” ungkap Sekretaris BPBD Parigi Moutong, Moh Rivai, Minggu 14 Agustus 2022.

Dia menyampaikan, beberapa puluh pengungsi di posko evakuasi sudah diberi makanan siap saji, terhitung warga yang bertahan di dalam rumah dan beberapa warga di tolong sukarelawan sore barusan mulai bersihkan rumah mereka dari genangan air disertai lumpur.

Baca Juga: Hasil Barcelona vs Rayo Vallecano: Rayo Tahan Imbang Blaugrana

Banjir susulan disertai lumpur terjadi pada Jam 13.00 WITA merendam permukiman warga di Desa 2, Desa 3 dan Desa 5 menyebabkan kendaraan tidak bisa lewat karena saluran air cukup deras.

“Sekarang ini keadaan berangsur aman. Beberapa rumah warga yang tergenang lumpur besok dilanjutkan pembersihan,” tutur Rivai.

Selain berita warga mengungsi pascabanjir susulan Torue, baca juga: Pemda Parigi Moutong Normalisasi Sungai Pascabanjir

Dia menerangkan, sekarang ini status tanggap musibah masih berlaku di Desa Torue, karena Pemerintahan daerah (Pemda) Parigi Moutong sudah keluarkan peraturan perpanjangan pengendalian responsif darurat semenjak 12 Agustus sampai 12 September 2022.

Dia menambah, keperluan logistik warga terimbas masih jadi fokus, dan tersedianya persediaan yang berada di posko logistik masih memenuhi.

“Distribusi logistik kami mengatur, agar tersalur secara rata,” sebut Rivai.

Sampai sekarang, warga masih memerlukan air bersih untuk dipakai mengolah, mandi, membersihkan dan untuk bersihkan rumah tergenang lumpur.

“Secara stabil pemerintahan terus menemani warga terimbas dan mengutamakan keperluan dasar mereka,” ucapnya.

Selain berita warga mengungsi pascabanjir susulan Torue, baca juga: Dinas Sosial Parigi Moutong Siapkan Posko Bantuan Korban Banjir Torue

Sebelumnya, banjir kembali landa Desa Torue, Parigi Moutong, usai hujan lebat mengguyur, Minggu, 14 Agustus 2022.

“Banjir terjadi sekitar Jam 13.30 WITA karena hujan deras mengguyuri Torue dan sekelilingnya. Kami masih lakukan pengawasan di atas lapangan,” ungkap Idran, saat dihubungi, Minggu 14 Agustus 2022.

Dia menyampaikan, banjir cukup deras dan bawa material lumpur membuat kendaraan tidak dapat melintasi di lajur Trans Sulawesi, demikian juga permukiman masyarakat di Desa 2, Desa 3 dan Desa 5 sudah tergenang. (rf)

Leave a Reply

Your email address will not be published.