KPU Parigi Moutong Verifikasi Faktual Delapan Parpol Calon Peserta Pemilu

waktu baca 2 menit
Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu, berita sulawesitoday - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah

Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu, berita sulawesitoday – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, laksanakan verifikasi faktual pada delapan parpol calon peserta pemilu 2024 dengan mengikutsertakan 20 pertigaan verifikator.

“Sama sesuai agenda dan tingkatan verifikasi faktual diawali 15 Oktober sampai 4 November 2022 tingkat propinsi, kabupaten/kota, dan verifikasi faktual tingkat pusat cuma sampai 17 Oktober,” ungkap Ketua KPU Parigi Moutong Sulfiana Dg Patanga di Parigi, Minggu 16 Oktober 2022.

Dia menerangkan, semestinya sembilan Parpol yang dilakukan verifikasi faktual, namun satu partai tidak mempunyai pengurusan di daerah ini yaitu Partai Kebersamaan Indonesia (PSI), tetapi pada tingkat pusat partai itu bisa lolos verifikasi administrasi.

Dari 18 parpol di pastikan bisa lolos verifikasi administrasi, sembilan partai salah satunya sudah penuhi tingkat batasan parlemen 4% sesuai keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) Nomor 55/PUU-XVIII/2020.

Sembilan partai yang mempunyai kursi di DPR-RI itu yaitu PDI Perjuangan, PKS, NasDem, Demokrat, Gerindra, PKB, PAN, Golkar dan PPP.

Selain berita Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu, baca juga: DKP Verifikasi Kelompok Penerima Bantuan Nelayan Parigi Moutong

“Delapan partai dilaksanakan verifikasi faktual sama sesuai hasil informasi KPU RI, selanjutnya di tindaklanjuti KPU di daerah. Tingkatan verifikasi ini salah atau persyaratan untuk bisa lolos jadi peserta pemilu,” tutur Sulfiana.

Pada tingkatan itu, verifikator bertandang ke sekretariat masing-masing parpol untuk pastikan kebenaran alamat domisili sekretariat, selanjutnya keaslian pengurus salah satunya ketua, sekretaris dan bendahara ditunjukkan dengan kartu pertanda anggota (KTA) dan KTP-el, dan pastikan 30% keterwakilan wanita.

Seterusnya, tim verifikasi bertandang ke rumah anggota parpol buat pastikan anggota yang didatangi bisa dibuktikan sebagai anggota partai berkaitan.

“Lawatan ke tempat tinggal anggota parpol sesuai contoh data yang masuk ke sistem informasi parpol (Sipol) KPU, “sebut Sulfiana.

Dia menambah, delapan parpol sedang dilaksanakan verifikasi faktual yaitu Partai Ummat, Partai Persatuan Indonesia (Perindo), Partai Gelombang Rakyat Indonesia (Gelora), Partai Pekerja, Partai Bulan Bintang (PBB), Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura), dan Partai Garuda, dan Partai Kebangkitan Nusantara (PKN). (rf)

Selain berita Verifikasi Faktual Parpol Calon Peserta Pemilu, baca juga: 18 Parpol Daftar KPU, 13 Lengkap Berkas Dokumen

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *