Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Update Cuaca Sulawesi Tengah, BMKG: 3 Wilayah Siaga Hujan Lebat

waktu baca 2 menit
Update Cuaca Sulawesi Tengah

Update cuaca sulawesi tengah, informasi parigi moutong – BMKG menyebutkan lima wilayah di Propinsi Sulawesi Tengah masih mempunyai potensi hujan dengan intensif lebat 3 hari di depan hasil dari prediksi cuaca.

“Lima wilayah dimaksud yaitu Kabupaten Donggala, Poso, Morowali Morowali Utara dan Banggai dan statusnya siaga hujan lebat,” ungkap Prakirawan BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Mutiara Sis Al-Jufri Palu Fathan dikontak di Palu, Rabu 25 Mei 2022.

Dia menyampaikan, beberapa daerah masih mempunyai potensi diguyur hujan lebat sekiranya waspada imbas diakibatkan dari hujan lebat itu. Terutama masyarakat yang menetap di bantaran sungai atau lereng-lereng gunung.

Karena, tidak tutup peluang ada imbas di munculkan hujan, seperti longsor atau kubangan air di beberapa tempat tertentu.

“Mengantisipasi perlu, karena itu diperlukan peranan aktif masing-masing Pemerintahan Wilayah (Pemda) menebarluaskan info cuaca, sekalian kami mengupdate info tiap hari,” tutur Fathan.

Selain berita Update Cuaca Sulawesi Tengah, Baca juga: Berikut Potensi Cuaca Ekstrem Provinsi BMKG Sepekan

Dia menjelaskan, berdasar pengamatan BMKG tatap muka massa udara yang dari Tenggara masih tetap ada, hingga menyebabkan tingginya perkembangan awan yang berpengaruh langsung ke Sulawesi Tengah.

Walau kekuatan hujan lebat masih tetap ada, tetapi BMKG menyebutkan keadaan ini masih juga dalam kelompok normal.

“Hujan dengan intensif sedang dan lebat tidak tutup peluang semakin makin tambah meluas ke wilayah lain. Kami menghimbau masyarakat selalu mengawasi info cuaca lewat situs sah BMKG atau info dari Pemda dan penopang kebutuhan sektor kebencanaan,” papar Fathan.

Dia menambah, hujan dengan intensif sedang sampai lebat sekarang ini umum terjadi pada siang, sore dan malam hari dengan durasi waktu bervariatif.

“Kami menghimbau masyarakat pesisir dan nelayan lebih memerhatikan tinggi gelombang. Jika terjadi penimbunan awan gelap karena itu seharusnya menyisih ke pantai,” tutupnya. (**)

Selain berita Update Cuaca Sulawesi Tengah, Baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Banjir dan Tanah Longsor di Sulawesi Tengah

 

tags: apakah hari ini hujan,hujan malam hari,hari ini hujan,hujan besar,hujan deras di malam hari,hujan sekarang,penyebab hujan hari ini,apakah hari ini akan hujan deras,hujan lebat malam hari,apakah hari ini ada hujan,apakah hari ini hujan,hujan malam hari,hari ini hujan,hujan besar,hujan deras di malam hari,hujan sekarang,penyebab hujan hari ini,apakah hari ini akan hujan deras,hujan lebat malam hari,apakah hari ini ada hujan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.