Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Toprak Razgatliogl Jadi Pembalap Penguji YZR-M1

waktu baca 3 menit
Toprak Razgatliogl Jadi Pembalap Penguji YZR-M1

Razgatliogl Jadi Pembalap Penguji YZR-M1, sulawesitoday sports – Selasa kemarin 20 juni 2022, akan menjadi salah satu hari terpenting dalam karir Toprak Razgatliogl. Kejuaraan Dunia Superbike Dunia (WSBK) 2021 akan menguji YZR-M1 yang digunakan di MotoGP untuk pertama kalinya.

Tes dilakukan Sirkuit Aragon itu sudah direncanakan sebelumnya. Itu adalah hadiah atas keberhasilannya di WSBK. Yamaha ingin mengetahui kemampuan Razgatlioglu dalam mengendalikan M1.

Data uji dapat dipertimbangkan untuk promosi pembalap Turki atau tidak. Jelas pembalap yang hanya meraih satu kemenangan musim ini tidak akan mendapat tempat di MotoGP 2023.

Karena itu, hanya dua mesin yang akan ditransfer ke pabrikan Jepang itu musim depan karena tidak memiliki tim satelit.

Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli telah menggantikannya. Bahkan tim pabrikan ingin mempertahankan Razgatlioglu. Pat Yamaha tak mau terlalu memikirkan Brixx WorldSBK. Ia lebih memilih untuk fokus pada tantangan ke depan, termasuk pengujian M1.

“Itu sangat membantu saya mengerti motor dengan baik,” katanya.

Pemilik 19 keuntungan WSBK itu sudah menggali informasi apa saja yang didapat. Ia menyadari karakter di M1 dan YZF-R1 sangat berbeda karena digunakan di tempat yang berbeda.

“Saya pikir motor MotoGP sangat berbeda. Superbike menggunakan motor jalan, meskipun ada perubahan besar. MotoGP lebih cepat, elektroniknya berbeda,” katanya.

“Kita lihat saja apakah gaya karier saya konsisten. Gaya Marc Marquez sama dengan gaya saya. Dia selalu agresif saat mengemudi, sesuai saya suka.” ucapnya

Selain berita Razgatliogl jadi pembalap penguji YZR-M1, baca juga: Coach Hanafing Bagi Tips saat Pelatihan Pelatih Sepakbola Parigi Moutong

Toprak Razgatliogl Jadi Pembalap Penguji YZR-M1
Toprak Razgatliogl Jadi Pembalap Penguji YZR-M1

“Sebelum Marc cedera 2 tahun silam, ia sangat kreatif. Dia suka gayanya. Dia banyak meluncur, sering hampir jatuh, tapi gayanya aneh. Fabio Quartararo, di sisi lain, yang mengemudi seperti arloji, selalu melakukan hal yang sama.”

“Saat ini, mungkin gaya balapnya dibutuhkan di MotoGP, entahlah.  Anda harus melaju dengan kecepatan tinggi, superbike lebih dari sekadar berhenti dan berkendara,” lanjutnya

Kekaguman Marquez juga terungkap saat melihat juara enam kali MotoGP itu menyelamatkan diri dari terjatuh. Razgatlioglu juga mencoba mempraktikkan keterampilan ini di bawah bimbingan guru dan manajernya Kenan Sofuoglu.

“Penyelamatannya bagus, ada banyak foto. Pada usaha selanjutnya saya mencoba lagi di tikungan awal, tetapi saya ter jatuh,” katanya.

“Kami mencari seperti itu di trek Kenan, Turki. Roda depan selalu hilang, kami biasanya tidak jatuh, kadang terjatuh.

“Di tikungan lambat, Anda bisa meluruskan kemudi lagi. Itu tidak mudah karena motornya sangat berat,” tuturnya.

Sambil mengasah kemampuannya, Sofuoglu juga tetap berhubungan dengan Yamaha dan sesekali melirik pabrikan lain. Jika tidak ke pabrikan MotoGP, baiknya saya bertahan di World Superbike. Saya suka tim ini,” katanya.

“Antara 2013 sampai 2014, saya kenal MotoGP. Ketika ada di ajang di Rookies Red Bull Cup. Saya pahami pentingnya memiliki tim baik. Anda membutuhkan tim pabrik untuk hasil yang baik. Mungkin pada tahun 2024 akan berhasil,” sebutnya.

Ia menambahkan semua motor, baik yang digunakan di MotoGP atau WSBK, bagus. Pekerjaan ia adalah mengemudi dengan baik. Tugas Kenan adalah menemukan tempat terbaik untuk itu. (Fkr)

Selain berita Razgatliogl jadi pembalap penguji YZR-M1, baca juga: Quartararo Sebut Mandalika Lebih Baik dari Sachsenring

Leave a Reply

Your email address will not be published.