Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Tips Mudah Berhenti Konsumsi Terlalu Banyak Gula

waktu baca 6 menit
Tips Mudah Berhenti Konsumsi Terlalu Banyak Gula. (Foto: iStock)

Berhenti Konsumsi Banyak Gula, ragam sulawesitoday Konsumsi gula benar-benar berat untuk disetop atau kuranginya. Ditambah lagi minuman dan makanan manis yang selalu memikat.

Maka janganlah bingung jika banyak orang yang konsumsi gula, walau mereka mengetahui jika konsumsi gula yang terlalu berlebih tidak bagus untuk kesehatan kita.

Sahabat tak perlu terlampau cemas mengenai gula yang disebut sisi alami dari buah, sayur, dan produk susu. Banyak orang tidak makan terlampau banyak gula alami.

Orang dewasa umumnya jangan makan lebih dari 50 gr (atau sekitaran 12 sendok the) gula tambahan setiap hari, dan dekati 25 lebih sehat. Rerata orang Amerika perlu kurangi konsumsi pemanis tambahan sekitaran 40 % untuk capai tingkat batasan 50 gr.

Berikut langkah Sahabat melakukan tanpa habiskan lebih banyak uan untuk makanan dibanding yang telah Sahabat kerjakan.

 

  1. Lihat Makanan Saat Makan Pagi

Ingat, makan pagi semestinya tidak berasa seperti makanan penutup. Makan pagi ialah waktu makan yang paling beresiko untuk gula.

Banyak makanan makan pagi yang didengar seperti sehat rupanya sarat dengan gula, misalkan Chobany Strawberry Yogurt yang mempunyai gula tebu yang diuapkan.

Dan banyak merk granola yang lain mempunyai lebih banyak gula per jatah dibanding Froot Loops atau Cocoa Puffs. Di Amerika Serikat, menurut Gary Taubes, seorang penulis Sains, menjelaskan makan pagi sudah jadi “pembersih mulut versus rendah lemak”, sama seperti yang diambil dari New York Times.

Ada dua taktik khusus untuk pastikan jika makan pagi bukan jadi makanan penutup pada pagi hari. Yang pertama untuk beberapa orang yang tidak dapat memikirkan berpindah dari makan pagi berbasiskan beberapa bijian, seperti sereal atau roti panggang.

Bila Sahabat terhitung dalam kelompok ini, Sahabat harus cukup waspada, karena beberapa bijian olahan sering dibungkus dengan gula.

 

Beberapa makan pagi berbasiskan beberapa bijian tanpa atau benar-benar rendah gula:

  • Cheerios
  • Plain Oatmeal
  • Roti
  • Membuat Granola

Sahabat bisa juga membuat granola sendiri dan bermain dalam jumlah gulanya.

Tapi ada pula alternative yang lebih inovatif. Hindari makan pagi berbasiskan beberapa bijian. Bila Sahabat melakukan (sama seperti yang saya kerjakan belakangan ini, sesudah beberapa dasawarsa makan sereal), menghindar tambahan gula itu gampang. Kegiatan rutin makan pagi baru sebetulnya berasa lebih menganakemaskan dibanding yang lama, yakni:

  • Orak-arik atau telur goreng
  • Buah
  • Plain Yogurt
  • Sepotong kecil roti panggang
  • Beberapa kacang
  • Sejumlah kecil sayur yang diberi bumbu secara baik, seperti bayam, wortel, dan ubi jalar.

 

  1. Ketahui Label Produk

Cap nutri memberikan seluruh bahan dalam posisi jumlah. Makin tinggi daftar, makin banyak bahan yang dipunyai resep . Maka, bila gula terhitung dalam tiga bahan paling atas, seharusnya jauhi produk itu.

FYI: 4 gr sama dengan 1 sdt gula. Ini berguna untuk ketahui kapan Sahabat scan cap gizi.

 

  1. Dalami Langkah Mengenal Gula Tersembunyi

Gula kerap jadi bahan terselinap dalam makanan buatan, menyelusup di bawah nama ilmiahnya. Ketentuan yang bagus untuk mendapati gula terselinap dengan cari kalimat yang disudahi dengan “ose”. Lihat beberapa contoh berikut, dikutip dari Greatist:

  • Sucrose
  • Maltose
  • Dextrose
  • Fructose
  • Glucose
  • Galactose
  • Lactose
  • High-fructose corn syrup
  • Glucose solids

 

Ada pula gula yang tidak disudahi dengan “ose” misalnya:

  • Agave
  • Sucanat
  • Brown rice syrup
  • Evaporated cane jus
  • Invert sugar

 

  1. Menjaga Gula Darah Masih Tetap Teratasi

Cap gizi bervariatif dalam langkah mengidentifikasi gula tambahan. Kadang, mereka akan mengategorikan gula natural serta gula tambahan, sementara lainnya mempunyai sisi “gula tambahan.

Tetapi, pada Januari 2021 (bisakah seorang menuntaskan 2020 dan menyelesaikannya?), cap gizi mulai akan memperlihatkan prosentase keseluruhan gula yang dipertambah.

Khususnya untuk pasien diabetes dan penyakit metabolik, ketahui bagaimana makanan akan mengakibatkan kenaikan gula darah penting untuk mempertahankan kesehatan sehari-hari.

Penting untuk pahami bagaimana makanan akan memengaruhi gula darah Sahabat karena jaga kontrol gula darah yang sehat penting untuk kesehatan keseluruhannya.

Plus, makanan yang mempunyai kandungan gula tambahan yang tinggi bisa berpengaruh negatif pada kontrol gula darah dan bisa tingkatkan kemauan untuk makanan manis.

Sahabat bisa hitung karbohidrat bersih pada makanan dengan kurangi serat dari keseluruhan karbohidrat.

Kelly LeVeque, seorang konselor gizi mereferensikan makanan memiliki serat tinggi untuk jaga kesetimbangan gula darah Sahabat.

bagus untuk menambah lemak atau protein pada makanan yang memiliki kandungan lebih dari 25 gr karbohidrat bersih. Lemak/protein extra bisa menolong memberikan dukungan kesetimbangan dula darah badan Sahabat, sama seperti yang diambil dari Greatist.

 

  1. Berhenti Minum Minuman Manis

Gula bukan hanya ada sebagai bubuk putih atau cokelat batangan favorite Sahabat. Beberapa kontribusi besar untuk konsumsi gula harian Sahabat ialah gula yang Sahabat konsumsi pada minuman.

Menjadi salah satunya langkah paling mudah untuk turunkan konsumsi gula dengan hilangkan gula cair, seperti soda, jus paket, kopi manis, dan lain-lainnya.

Minuman manis selama ini sebagai sumber gula tambahan yang besar sekali sekitaran 47%. Menurut pemerintahan federasi, soda bersama dengan minuman manis, minuman energi, dan es teh, pada intinya ialah gula cair terasa yang memompa kalori ke badan Sahabat tanpa membuat Sahabat kenyang.

Antara semua minuman dan makanan, kata Kelly Brownell, ahli kegemukan dan Dekan Sanford School of Public Kebijakan di Duke, menerangkan Ilmu dan pengetahuan terkuat dan paling memberikan keyakinan mengenai jalinan di antara minuman enteng dan hasil kesehatan yang negatif, diambil dari New York Times.

Karena satu botol soda Coke 16 ons memiliki kandungan 52 gr gula. Itu lebih banyak gula tambahan dibanding yang semestinya dimakan banyak orang dewasa dalam satu hari penuh.

 

  1. Jauhi Ngemil Saat Larut Malam

Mengemil ketika larut malam memang menjadi rutinitas beberapa orang untuk temani kegiatan pada malam hari, tetapi itu menjadi gula tambahan yang menyelusup saat larut malam bila Sahabat mulai lapar saat sebelum tidur.

Berikut bebera anjuran yang sudah diringkas dari greatist, yang bisa menolong Sahabat menghindar ngemil di larut malam saat sebelum tidur:

  • Sikat gigi. Dengan menggosok gigi akan membuat Sahabat enggan untuk memulai makan kembali.
  • Tidur lebih cepat. Sebenarnya, ini sangatlah baik. Tapi bila Sahabat merasakan diri Sahabat mempunyai gairah pada gula, tidurlah saat sebelum jadi terlampau jelek.
  • Minum teh. Dengan minum teh herbal atau teh hitam, seharusnya tanpa gula, yang bisa memberikan Sahabat pikir yang hebat tanpa membuat Sahabat terserang gula pada pagi hari.
  • Mengubah perhatian Sahabat. Dengan mengubah perhatian dengan membaca buku atau kegiatan yang lain kemungkinan sebagai langkah yang bagus untuk mengubah pemikiran Sahabat dari ngemil.
  • Bila Sahabat masih tetap ingin mengemil, bikinlah masih tetap simpel dan sehat. Kadang, bila Sahabat betul-betul lapar. Konsumsilah dengan makanan rendah karbohidrat dan rendah kalori ialah makanan yang bisa membuat badan Sahabat lebih sanggup memakai gizi simpel saat istirahat.

Nach itulah panduan untuk hentikan konsumsi gula yang terlalu berlebih, sebetulnya ada banyak langkah untuk kurangi jumlah gula yang Sahabat makan. Tapi langkah awal yang perlu ialah mengetahui bagaimana hitung konsumsi Sahabat dan membuat rekonsilasi yang bermakna Sahabat tidak mempertaruhkan rasa.

lebih gampang untuk menukar makanan yang Sahabat makan bila rasanya enak . Maka konsumsilah makanan utuh, lihat gula terselinap dalam makanan dan minuman olahan, dan ketahuilah membaca dan pahami cap makanan.

Untuk ketahui berapakah banyak gula yang perlu Sahabat makan, ingat-ingatlah: 1 sdt ialah 4 gr. (WS)

Selain artikel Tips Mudah Berhenti Konsumsi Terlalu Banyak Gula, baca juga:Empat Tips Untuk Terapi Sembuhkan Penciuman Akibat Anosmia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *