Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Tips Hindari Tagihan Listrik Membengkak Saat Pakai AC

waktu baca 2 menit

Hindari Tagihan Listrik, ragam sulawesitoday Pendingin ruangan atau AC merupakan perlengkapan electronic yang banyak dipunyai pemilik rumah. Sudah pasti, sama sesuai namanya, AC berguna untuk menyejukkan ruangan, hingga Sahabat bisa melakukan aktivitas dan tidur secara nyaman. Namun, menghidupkan AC selama seharian dapat membuat tagihan listrik membengkak, loh!

Walau AC kekinian dirancang sedemikian rupa hingga konsumsi listrik semakin sedikit energi dibanding dengan AC yang lebih tua, namun tetap saja tagihan listrik Sahabat dapat dipengaruhi.

Maka Bila Sahabat kerap cemas mengenai pemakaian AC karena berpikiran itu akan hasilkan tagihan listrik bulanan yang tinggi, ada banyak hal yang bisa dilakukan. Baca di bawah ini:

 

  1. Atur Temperatur Yang Tepat

Sahabat jangan menyetel AC pada temperatur minimum. Orang kerap berpikiran jika menyetel AC pada temperatur 16º celcius akan memberi dinginan yang lebih bagus, tapi sebetulnya tidak begitu.

Menurut Bureau of Energy Efficiency (BEE), temperatur AC baik dan sesuai untuk tubuh manusia ialah 21º hingga 24º celcius dan AC apa pun jenisnya, memerlukan semakin sedikit beban untuk capai target itu. Sehingga, semakin lebih mengirit listrik dan kurangi tagihan listrik.

 

  1. Matikan AC Saat Tidak Dipakai

Sahabat selalu harus mematikan AC saat tidak dipakai. Banyak orang condong mematikan AC dengan remote, tetapi itu jangan dilaksanakan.

 

  1. Atur Waktu Pemakaian

Semua AC diperlengkapi dengan timer atau waktu. Maka, lebih baik memakai fitur itu dibanding jalankan AC semalaman.

Hal itu sebagai gagasan yang tepat untuk menyetel timer AC sepanjang dua sampai tiga jam saat sebelum tidur. Maka, saat Sahabat menyetel timer, AC secara otomatis mati sesudah waktu tertentu. Ini akan kurangi pemakaian AC terlalu berlebih dan kurangi tagihan listrik dengan margin yang besar.

 

  1. Rutin Servis AC Secara Teratur

Semua perlengkapan memerlukan service dan begitupun AC. Walau mayoritas pabrikasi mengeklaim jika AC mereka tak perlu kerap diservis, itu tidak seutuhnya benar.

Selalu sebagai gagasan yang bagus untuk lakukan servis AC walau tidak dipakai tiap hari. Maka, tidak ada debu atau partikel yang lain peluang bisa merusak AC.

 

  1. Pastikan Jendela dan Pintu Selalu Tertutup

Saat sebelum menghidupkan AC, pastikan seluruh ruangan seperti jendela dan pintu dalam keadaan tertutup. Hal ini akan membantu mendinginkan ruang secara cepat dan untuk durasi waktu yang semakin lama dan mengirit tagihan listrik. (WS)

Selain artikel Tips Hindari Tagihan Listrik Membengkak Saat Pakai AC, baca juga:Ini Macam dan Cara Membersihkan Mesin Cuci

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *