Tips Ampuh Mengatasi Kolitis

waktu baca 2 menit
Tips Ampuh Mengatasi Mengatasi Kolitis. (Foto: iStock)

Tips Mengatasi Kolitis, ragam sulawesitoday Kolitis ialah keadaan infeksi pada usus besar, yang disebut sisi khusus dari mekanisme pencernaan. Dapat disebut, usus besar ialah tempat paling akhir dari perjalanan makanan yang kamu konsumsi.

Bila terjadi kolitis atau infeksi pada usus besar, proses perjalanan makanan itu bisa terusik. Bahkan juga bisa menyebabkan sakit di perut, diare, dan ada darah pada feses.

Ada beragam jenis kolitis yang diperbedakan oleh pemicunya. Salah satunya pemicu kolitis yang umum ialah infeksi virus, parasit, atau bakteri. Misalkan seperti bakteri Salmonella dan E coli. Mayoritas orang yang alami kolitis disebabkan karena konsumsi makan atau minum yang tercemar bakteri atau virus.

Nah, penyembuhan kolitis ke orang dewasa dilandasi pada keadaan yang mengakibatkan. Baca tipsnya di bawah ini untuk mengatasi kolitis yang direkomendasikan dokter:

 

Minum Obat Antibiotik

Langkah mengatasi kolitis yang pertama yakni dengan beberapa obat. Dokter kemungkinan memberi resep antibiotik untuk mengatasi infeksi bakteri, dan kortikosteroid untuk menyembuhkan infeksi.

 

Perubahan Pola Makan

Seterusnya, dokter mungkin saja akan merekomendasikan untuk lakukan Perubahan pola makan. Terlebih bila penderitanya alami kolitis kronis yang memiliki sifat sesaat. Pola makan yang direferensikan yakni diet rendah serat dan gampang diolah.

Tetapi, untuk kasus kolitis akut, kemungkinan penderitanya perlu membuat gagasan diet khusus bersama dokter. Selain itu, penderitanya perlu menghindar mengonsumsi makanan yang memacu radang usus besar.

 

Obat Anti Diare dan Antinyeri

Langkah mengatasi kolitis seterusnya yakni dengan obat anti diare dan antinyeri. Tetapi, bila tanda-tanda tidak juga makin membaik atau beresiko timbulnya kompleksitas, karena itu dokter bisa mereferensikan operasi.

 

Jalani Operasi

Penderita tipe kolitis tertentu, seperti enterokolitis nekrotikans atau kolitis iskemik, kemungkinan membutuhkan perawatan dengan pembandinghan yang mempunyai tujuan untuk menyembuhkan kompleksitas. Walau operasi tidak selamanya mengobati kolitis, tetapi kemungkinan dibutuhkan untuk hentikan pendarahan, membenahi perforasi, atau hilangkan sumbatan di usus besar.

Tetapi, operasi jarang-jarang dilaksanakan ingat tanda-tanda kolitis condong bisa ditangani dengan beberapa obat dan Perubahan pola hidup. Salah satunya pola hidup yang perlu diaplikasikan untuk menahan beragam penyakit, terhitung kolitis, yakni jaga kebersihan diri secara betul.

 

Jaga Kebersihan Diri

Melakukan aktivitas sepanjang hari di luar rumah membuat kamu beresiko terkena oleh beragam polutan dan kuman yang tidak kelihatan. Mereka bisa melekat di badan hingga memunculkan penyakit, apa lagi bila keadaan badan sedang kurang bugar. (WS)

Selasin artikel Tips Ampuh Mengatasi Kolitis, baca juga:Tips Menjaga Kesehatan Mental Bagi Wanita Super Sibuk

Author Profile

Wiwin Susanti
Wiwin merupakan lulusan sarjana yang sedang menetap di Kota Palu. Selama beberapa tahun terakhir, ia mengeksplor jenjang karirnya sebagai penulis dan ahli di bidang kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *