Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ketahui Tipe Kereta Api Ekonomi dan Perbedaannya

waktu baca 3 menit
Ketahui Tipe Kereta Api Ekonomi dan Perbedaannya, (Foto: travelkompas)

Tipe kereta api ekonomi, berita sulawesitoday – PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau KAI mempunyai empat kelas untuk menampung penumpang. Keempat kelas itu mencakup KA luxury, eksekutif, usaha, dan ekonomi.

VP Public Relations PT KAI (Persero) Joni Martinus menjelaskan ketidaksamaan kelas KA itu ialah pada sarana, kemampuan gerbong, tempat duduk, dan biaya ticket.

“(Kelas KA) Ada luxury, eksekutif, usaha, dan ekonomi,” jelasnya.

Dari keempat kelas KA itu, KA ekonomi mempunyai tempat duduk terbanyak yaitu 80-106 bangku. Dengan begitu, jarak antara penumpang juga makin sempit dibanding KA luxury, eksekutif, dan usaha.

Terpisah, Manajer Humas PT KAI Daop 6 Yogyakarta Supriyanto menjelaskan KA ekonomi memiliki tiga type gerbong. “Kelas ekonomi ada type ekonomi SS, type ekonomi package, dan type ekonomi AC split,” jelasnya.

Tiga tipe kereta api ekonomi dan perbedaannya

Berikut keterangan masing-masing type KA ekonomi. Perbedaannya ketiga type gerbong KA ekonomi itu ialah pada tempat duduk.

Dalam pada itu, sarana yang lain sama yaitu colokan listrik, pendingin udara, dan toilet.

  1. Tipe KA ekonomi SS

Tipe KA ekonomi SS disebutkan dengan KA ekonomi premium. Kemampuan tempat duduk sejumlah 80 bangku dengan skema 2×2.

“Tipe ekonomi SS isi 80 tempat duduk, 2-2,” tutur Supriyanto.

Perbedaannya dengan kelas KA ekonomi package dan AC split, tempat duduk kereta KA ekonomi SS tidak sama-sama bertemu (terkecuali bangku sisi tengah).

Maka tempat duduk KA ekonomi SS terdiri jadi dua pada sebuah gerbong. Setengah tempat duduk searah dengan arah pergerakan kereta, beberapa menantang arah pergerakan kereta.

  1. Tipe ekonomi package

Tipe KA ekonomi package terbagi dalam 80 tempat duduk dengan skema 2×2. Perbedaannya dengan KA ekonomi premium ialah tempat duduk KA ekonomi package sama-sama bertemu antara penumpang.

“Tipe ekonomi package isi 80 tempat duduk, 2-2,” ucapnya.

  1. Tipe ekonomi AC split

KA ekonomi AC split mempunyai kemampuan tempat duduk terbanyak yaitu 106 bangku. Ada skema bangku 2×2 dan 3×3 yang sama-sama bertemu antara penumpang.

“Tipe ekonomi AC split isi 106 tempat duduk, 2-2 dan 3-3,” katanya.

Tidak dirincikan dalam ticket

Supriyanto menerangkan jika KAI tidak menguraikankan tipe serangkaian gerbong KA ekonomi dalam pembelian ticket. Dia meneruskan, pemakaian serangkaian gerbong KA ekonomi dilaksanakan secara berganti-gantian.

“Tidak dispesifikkan di ticket, karena serangkaian fasilitasnya dapat berganti-gantian . Maka di ticket tidak ada ketetapan ekonomi SS atau package,” ucapnya.

Walau ada ketidaksamaan tempat duduk, tetapi Supriyanto menjelaskan tidak ada pengurangan servis. Karena, semua type gerbong tersebut ada pada sebuah kelas, yaitu KA ekonomi.

“Untuk pemakaian serangkaian kereta ekonomi SS atau ekonomi package, jika dalam masalah ini tidak ada pengurangan servis, masih sama service kelas ekonomi,” katanya. (rahma)

Selain artikel Tipe kereta api ekonomi, baca juga: Ini Cara Beli Tiket Naik Kereta Lokomotif Uap Museum Ambarawa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *