Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ekspresi Shin Tae-yong Soal Timnas Indonesia U-19 di Piala AFF

waktu baca 3 menit
Ekspresi Shin Tae-yong Soal Timnas U-19 di Piala AFF

Berita bola, sulawesitoday sports – Ketua PSSI sebut pelatih Timnas Indonesia U-19, Shin Tae-yong mempercayai Timnas Vietnam dan Thailand akan bermain sportif.

Shin Tae-yong sempat tidak mempercayai Vietnam dan Thailand bakal ‘Main Mata’.

“Shin Tae-yong sempat percaya kalau Vietnam dan Thailand akan mengincar kemenangan,” ungkap Ketua PSSI, Mochamad Iriawan, usai pertandingan.

Baca juga: Ini 25 Tarian Daerah Indonesia Terbaik, Ragam Makna serta Budaya

Akan tetapi, keduanya ternyata terlihat sengaja main aman setelah skor 1-1 dan akhirnya lolos bersama ke semifinal.

Pada pertandingan terakhir di Grup A Piala AFF U-19 2022, Timnas Indonesia U-19 tekuk Myanmar 5-1. Namun karena Vietnam seri 1-1 versus Thailand, akhirnya Timnas Indonesia U-19 gagal lolos ke semifinal.

Vietnam dan Thailand bisa lolos sebagai juara dan runner-up Group A, dan Indonesia finish rangking tiga. Ketiga tim ini sama finish dengan 11 point, tetapi Indonesia kalah head-to-head.

Indonesia sebetulnya lolos bila Vietnam versus Thailand usai seri 0-0, atau salah satunya dari mereka ada yang menang. Tetapi, itu tidak ada.

Baca juga: Siswa SMPN 3 Parigi Dapat Materi Bela Negara

Rapat Menjelang Laga

Hal itu disampaikan Shin Tae-yong saat lakukan rapat menjelang laga Tim nasional Indonesia U-19 menantang Myanmar. Iriawan akui sempat meramalkan peluang main mata terjadi dalam pertandingan Vietnam menantang Thailand.

“Saya ingat, masuk ruang rapat pukul 16.45. Saya bertanya beliau (Shin Tae-yong), bagaimana peluang kita musuh Myanmar, ia jawab oke,” ingat Mochamad Iriawan.

“Saya selanjutnya berprasangka buruk, jika skornya 1-1 bagaimana? Shin ucapkan, Vietnam dan Thailand mustahil semacam itu. Ya terkejut ,” paparnya.

Baca juga: Bupati Poso Serahkan 245 SK CPNS Formasi 2021

Iriawan cium hal tidak sportif

Iriawan mencium ada perlakuan tidak sportif yang sudah dilakukan Vietnam dan Thailand. Pria yang dekat dipanggil Iwan Bule itu sedih menyaksikan perlakuan kedua team elite Asia Tenggara itu.

“Saya tidak dapat memandang pertandingan Vietnam versus Thailand. Silahkan Anda menilainya. Namun, dari 30 sampai 40 menit pertama terlihat,” kata Iriawan.

“Terhitung di menit ke-70, bola cuma diputar-putar. Saya tidak dapat berbicara apapun. Saya sedih. Semestinya mereka bermain fair-play,” ucapnya.

Tidak Bisa lolos karena Peraturan

Iriawan berterima kasih ke beberapa pemain Tim nasional Indonesia U-19. Menurut Iriawan, pasukan Shin Tae-yong sudah lakukan yang terbaik sejauh kompetisi.

“Terima kasih Coach Shin dan anak-anak juga. Pasti semua sedih dengan hasil ini, terhitung saya. Kami semua meminta maaf karena ini hasil terbaik yang didapatkan anak-anak. Ketentuannya ya memang buat kita gagal lolos,” katanya.

Ini jadi edisi pertama kali dalam lima tahun akhir Timnas Indonesia U-19 tidak berhasil tembus semi-final Piala AFF U-19 2022. Akhir kali Tim nasional U-19 tidak berhasil ke semi-final terjadi pada edisi 2016. (rf)

Baca juga: Shin Tae-Yong Optimis Timnas U-23 Sukses di Sea Games 2021

Leave a Reply

Your email address will not be published.