Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Pekan Depan Tilang Manual Kembali Berlaku di Sulawesi Tengah

waktu baca 2 menit
Pekan Depan Tilang Manual Kembali Berlaku di Sulawesi Tengah, (Foto: Polda Sulteng)

Tilang manual kembali berlaku di Sulawesi Tengah, berita sulawesi tengah – Ditlantas Polda Sulteng menyebutkan tilang manual kembali berlaku mulai pekan depan di Sulawesi Tengah.

“Tilang manual mulai berlaku Senin 23 Januari 2023,” ungkap Dirlantas Polda Sulteng Kombes Pol Kingkin Winisuda, di Kota Palu, Rabu 18 Januari 2023.

Melalui tilang manual kata dia, Polda Sulteng kembali menggencarkan penindakan pelanggaran lalu lintas.

Selain secara manual, pihaknya juga tetap prioritaskan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di Kota Palu.

“Ada beberapa target penindakan tilang manual,” ucapnya.

Targetnya kata dia, ialah tidak memakai safety belt atau sabuk keselamatan untuk pengendara R4 atau R6, pengendara R2 tidak memakai helm, kendaraan tidak sesuai persyaratan teknis.

Selain itu, juga menilang kendaraan memakai knalpot brong, kendaraan over load dan over dimension (ODOL), melanggar marka atau rambu lalu lintas.

Termasuk menilang pengendara bawah umur, melawan arus lalu lintas, Ranmor bak terbuka muat manusia, tidak menggunakan TNKB (Tanda Nomor Kendaraan Bermotor) tidak dikeluarkan Polri, balapan liar serta melebihi kecepatan dan sepeda motor bonceng lebih dari satu.

“Sesuai hasil Anev Kamseltibcar Lantas 2022, Selasa 11 Januari 2023, kecelakaan lalu lintas alami kenaikan 17%. Yaitu sejumlah 170 kasus, totalnya 1144 kasus. Jika dibandingkan 2021 sejumlah 974 kasus,” sebutnya.

Ia akui, warga juga mendukung penindakan pelanggaran gunakan ETLE. Tapi, masih banyak tidak patuh. Bahkan, cari celah untuk hindari kamera ETLE.

“Saya imbau dan ajak warga untuk tingkatkan kesadaran berlalu lintas di jalan, agar kejadian laka lantas bisa ditekan,” pungkasnya. (rhmn)

Baca juga: Siap-siap, Tilang Elektronik di Palu Sudah Diberlakukan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *