Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ini Tersangka Penimbun Minyak Goreng di Sulawesi Tengah

waktu baca 3 menit
Ini Tersangka Penimbun Minyak Goreng di Sulawesi Tengah

Tersangka penimbun minyak goreng, berita sulawesi tengah – Manager operasional CV. AJ menjadi tersangka pada kasus penimbunan minyak goreng di Sulawesi Tengah.

“AR sebagai Manager Operasional CV. AJ telah diperiksa 17 Mei 2022,” ungkap Kabidhumas Polda Sulawesi Tengah, Kombes Pol Didik Supranoto, dalam keterangan resminya di Kota Palu, Senin 23 Mei 2022.

Ia memperkirakan dalam minggu ini penyidik akan segera melimpahkan berkas perkaranya kepada Jaksa Penuntut Umum.

Tersangka kata dia dipersangkakan pasal 133 jo pasal 53 UU RI No.18 tahun 2012 tentang Pangan sebagaimana diubah dalam pasal 1 angka 15 UU RI No.11 tahun 2020 tentang Cipta Kerja dan/atau Pasal 107 jo pasal 29 ayat (1) UU RI No. 07 tahun 2014 tentang perdagangan jo Perpres No. 71 Tahun 2015 tentang penetapan dan penyimpanan barang kebutuhan pokok dan barang penting yang dapat diancam dengan pidana penjara 5 tahun dan/atau denda paling banyak Rp 50 Milyar.

Dibongkar Penumpukan 53 Ton Minyak Goreng di Sulawesi Tengah

Sebelumnya, dibongkar penumpukan 53 ton minyak goreng di Sulteng, punya CV AJ. Satgas dipegang langsung Kombes Pol. Ilham Saparona Dirreskrimsus Polda Sulteng sukses membedah sangkaan penumpukan minyak goreng yang sejauh ini dirasakan warga karena mulai sangat jarang.

Satgas menyaksikan berlangsungnya kelangkaan minyak goreng di beberapa wilayah di Sulawesi tengah, Unit Pekerjaan (Satgas) Pangan sembunyi-sembunyi mulai bergerak untuk ketahui berlangsungnya kelangkaan.

Bersama Kadis Perindag Kota Palu, ada dua lokasi di Palu yang sekarang ini disegel dengan garis Polisi oleh Satgas Pangan karena diketemukan beberapa puluh ribu liter minyak goreng sawit tertulis viola, Rabu 2 Maret 2022 tempo hari.

Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol. Didik Supranoto dalam info resminya yang dibagi ke media menjelaskan, ada dua lokasi di Kota Palu yang sudah disegel dengan garis Polisi oleh Satgas Pangan.

Ini Tersangka Penimbun Minyak Goreng di Sulawesi Tengah

Selain berita tersangka penimbun minyak goreng, baca juga: Penimbunan 53 Ton Minyak Goreng di Sulteng

“Kuat sangkaaan menumpuk minyak goreng pada kondisi warga alami kelangkaan minyak goreng,” ucapnya, Kamis 3 Maret 2022.

Dia menjelaskan, Satgas Pangan Wilayah Sulteng dipegang Dirreskrimsus Polda Sulteng Kombes Pol. Ilham Saparona, tempo hari Rabu, 2 Maret 2022 sudah mendapati dua gudang yang simpan minyak goreng tertulis Viola sekitar 4.209 dos atau 53.869 liter.

Didik menerangkan, dua lokasi itu ialah di Jalan I Gusti Ngurah Rai Kel. Tavanjuka Kec. Tatanga Kota Palu persisnya di Gudang penyimpanan CV. AJ dan gudang atau Ruko di Jalan Tavanjuka komplek Ruko Bundaran Palupi Permai Palu yang dikontrak CV. AJ.

Dari Gudang CV. AJ Satgas mendapati sangkaan penumpukan minyak goreng merk viola sekitar 1.748 dos atau 21.355 liter, dan di Jalan Tavanjuka komplek Ruko Bundaran Palupi Permai Palu diketemukan minyak goreng merk viola sekitar 2.461 dos atau 32.514 liter, jelas bekas Wadirreskrimum Polda Sulteng ini.

Dijumpai jika stock minyak goreng merek Viola ini diletakkan semenjak bulan Oktober 2021 oleh pemiliknya. Seterusnya Satgas Pangan akan lakukan proses penyidikan berkaitan penemuan sangkaan ada penumpukan bahan dasar berbentuk minyak goreng merek Vioala.

“Dalam kasus ini pantas diperhitungkan terjadi pelanggaran pasal 133 jo pasal 53 UU RI No.18 tahun 2012 mengenai Pangan seperti diganti dalam pasal 1 angka 15 UU RI No.11 tahun 2020 mengenai Cipta Kerja dan/atau Pasal 107 jo pasal 29 ayat (1) UU RI No. 07 tahun 2014 mengenai perdagangan jo Perpres No. 71 Tahun 2015 mengenai penentuan dan penyimpanan barang keperluan primer dan barang penting yang bisa diintimidasi dengan pidana penjara lima tahun dan/atau denda terbanyak Rp 50 Milyar,” ujarnya. (**/Polda Sulteng)

Selain berita tersangka penimbun minyak goreng, baca juga: Minyak Goreng Sitaan di Sulteng

 

tags: penyebab penimbunan minyak goreng,siapa yang melakukan penimbunan minyak goreng,masalah penimbunan minyak goreng,penimbunan minyak goreng 1 juta liter,solusi penimbunan minyak goreng,dugaan penimbunan minyak goreng.

Leave a Reply

Your email address will not be published.