Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

84 KK Terdampak Banjir di Torue, Parigi Moutong

waktu baca 3 menit
84 KK Terdampak Banjir di Torue, Parigi Moutong

Berita parigi moutong, sulawesitoday – Sebanyak 84 Kepala Keluarga (KK) terdampak banjir di Torue, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah.

Menurut data BPBD Parigi Moutong, banjir akibat hujan intensitas sedang pada Sabtu 14 Mei 2022 itu menggenangi dusun IV hingga VI di Torue.

“Hujan terjadi 11.30 – 15.00 Wita,” rilis resmi BPBD Parigi Moutong, Sabtu 14 Mei 2022.

Akibat dari banjir itu sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan. Deucker di Dusun IV rusak dan jalan penghubung antara dusun Dusun V dan VI di Desa Tanalanto terputus.

Sementara untuk rumah warga tidak mengalami kerusakan ringan ataupun berat.

Kondisi terkini di Desa Tanalanto, warga yang rumahnya terendam banjir telah melakukan pembersihan.

Warga meminta perlunya normalisasi sungai menggunakan alat berat. Dan juga membutuhkan bantuan logistik.

Saat ini, Tim Reaksi Cepat (TRC) BPBD tengah berkoordinasi dengan aparat desa setempat dan melakukan kaji cepat.

Selain berita 84 KK Terdampak Banjir di Torue, Parigi Moutong, baca juga: DLH Uji Lapang Sumur Bor Semburkan Gas Alam di Parigi Moutong

84 KK Terdampak Banjir di Torue, Parigi Moutong

9 Daerah di Sulawesi Tengah Rawan Banjir dan Tanah Longsor

Sebelumnya, bAwal 2022, beberapa wilayah yang dirundung banjir, yaitu Kabupaten Buol, Poso, Banggai, Donggala, Tolitoli, Morowali Utara, Morowali, Sigi, dan Kota Palu.

Wilayah riskan tanah longsor, sambungnya, mencakup Lajur Trans Sulawesi pada kutub jalan nasional Toboli-Taweli ataupun lebih dikenali lajur “Kebun Kopi” di Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong, beberapa daerah di Kabupaten Sigi, dan Tolitoli.

Imbas musibah itu cukup berarti salah satunya tempat pertanian dan perkebunan masyarakat hancur hingga mempunyai potensi menyebabkan rugi material dari sisi kerusakan infrastruktur dan sarana umum punya pemerintahan, seperti jalan dan jembatan.erdasar data dan info yang diterima BPBD Sulawesi tengah, menulis ada Sembilan wilayah riskan banjir dan tanah longsor, bisa terjadi sampai akhir Maret 2022.

“Wilayah yang riskan banjir nyaris di semua kabupaten. Awalnya tahun 2022 ini beberapa wilayah yang dirundung banjir dimulai dari Kabupaten Buol, Poso, Banggai, Donggala, Tolitoli, Morowali Utara, Morowali, Sigi, dan Kota Palu,” kata Kepala Sektor Logistik dan Kedaruratan BPBD Sulteng Andy Sembiring di Kota Palu.

“Oleh karenanya yang terpenting dilaksanakan seluruh pihak sekarang ini ialah mitigasi atau usaha kurangi imbas karena musibah yang terjadi. Tidak boleh mitigasi yang sudah dilakukan cuman berbentuk publikasi atau ‘workhsop’ (lokakarya) dalam ruangan,” katanya.

Dia mengatakan mitigasi yang perlu dilaksanakan pemda intinya oleh BPBD kabupaten dan kota ditolong oleh instansi kemanusiaan nonpemerintah bersama warga berbentuk praktek di atas lapangan hingga tidak cuma teori. (**/rf)

Selain berita 84 KK Terdampak Banjir di Torue, Parigi Moutong, baca juga: Kapan Terjadinya Banjir, Berikut Penjelasannya

 

tags: banjir hari ini,banjir bandang,penyebab banjir,berita banjir,banjir adalah,berita banjir hari ini,banjir rob,pengertian banjir,apa penyebab banjir,info banjir hari ini,banjir rob adalah,bencana banjir,info banjir,banjir 2022,banjir rob adalah salah satu dampak dari pemanasan global yang disebabkan oleh,penyebab terjadinya banjir,berita tentang banjir,info banjir terkini,banjir bandang hari ini,bagaimana terjadi nya banjir,bagaimana terjadinya banjir,banjir bandang adalah,kapan terjadi banjir,kapan terjadinya banjir,apa itu banjir,bencana alam banjir,arti banjir rob,banjir hari ini,banjir bandang,penyebab banjir,berita banjir,banjir adalah,berita banjir hari ini,banjir rob,pengertian banjir,apa penyebab banjir,info banjir hari ini,banjir rob adalah,bencana banjir,info banjir,banjir 2022,banjir rob adalah salah satu dampak dari pemanasan global yang disebabkan oleh,penyebab terjadinya banjir,berita tentang banjir,info banjir terkini,banjir bandang hari ini,bagaimana terjadi nya banjir,bagaimana terjadinya banjir,banjir bandang adalah,kapan terjadi banjir,kapan terjadinya banjir,apa itu banjir,bencana alam banjir,arti banjir rob.

Leave a Reply

Your email address will not be published.