Tentukan Awal Ramadan 2023, Ini Proses Pencarian Hilal Menurut Dosen ITB

waktu baca 2 menit
Foto: Tangkap Layar Twitter. Tentukan Awal Ramadan 2023, Ini Proses Pencarian Hilal Menurut Dosen ITB.

Proses pencarian Hilal menurut Dosen ITB – Mendekati bulan puasa, tentunya banyak umat muslim yang mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa.

Namun, sebelum memasuki bulan Ramadan, ada tahapan penting yang harus dilakukan, yaitu menentukan awal bulan tersebut melalui proses pencarian hilal.

Bagi yang belum tahu, hilal adalah sabit bulan yang terlihat pertama kali setelah hilang di balik cakrawala barat pada hari baru dalam kalender Hijriah.

Menurut Anton Timur Jaelani, seorang dosen astronomi dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Institut Teknologi Bandung (ITB), terdapat beberapa patokan yang perlu diperhatikan dalam menentukan awal bulan baru dalam kalender Hijriah atau Kamariah.

Patokan pertama adalah konjungsi atau ijtima, yaitu posisi Matahari, Bulan, dan Bumi dalam posisi sejajar.

Patokan kedua adalah usia Bulan setelah posisinya menjauh dari Matahari karena hal itu berkaitan dengan seberapa terang nanti sabit muda yang akan diamati.

Dalam proses pencarian hilal, yang pertama harus diperhatikan adalah kapan terjadinya konjungsi atau ijtima. Pada tanggal 22 Maret 2023 sekitar pukul 00.30 malam, ijtima akan terjadi.

Hal ini menyebabkan posisi Bulan sudah relatif jauh dari posisi Matahari saat magrib tiba atau Matahari sudah tenggelam. Bulan sudah agak jauh sehingga sabit termuda atau hilal sudah lumayan terang.

Menurut kriteria Menteri Agama Brunei, Indonesia, Malaysia, dan Singapura (MABIMS), terdapat syarat 3 derajat dan juga elongasi, yaitu sudut pisah antara Matahari dan Bulan sekitar 6,4 derajat.

Pada tanggal 22 Maret 2023, ketinggian Bulan sudah sekitar 7 derajat lebih sehingga sudah memasuki kriteria MABIMS dan juga kriteria Wujudul Hilal. Oleh karena itu, potensi tanggal 1 Ramadan di tahun 2023 akan berbarengan pada tanggal 23 Maret 2023.

Itulah proses pencarian hilal yang diterangkan oleh Anton Timur Jaelani. Semoga informasi ini dapat membantu umat muslim dalam menentukan awal bulan Ramadan yang tepat. Selamat menjalankan ibadah puasa bagi yang menjalankannya! (Rahman)

Baca juga: Ramadhan 2023: Prakiraan Cuaca dan Potensi Bencana di Indonesia

Tentukan Awal Ramadan 2023, Ini Proses Pencarian Hilal Menurut Dosen ITB
Foto: Tangkap Layar Twitter. Tentukan Awal Ramadan 2023, Ini Proses Pencarian Hilal Menurut Dosen ITB.

Author Profile

Sulawesitoday
Sulawesitoday merupakan lulusan sarjana Ilmu Komunikasi Universitas Hasanuddin yang sedang menetap di Kota Parigi. Selama beberapa tahun terakhir, ia mengeksplor jenjang karirnya sebagai penulis di sejumlah bidang, mulai dari perannya sebagai jurnalis media cetak, content writer, hingga co-author pada sejumlah buku. Hingga saat ini ia masih mendedikasikan hidupnya pada berbagai macam karya tulis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *