Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Tata Cara Tayamum Beserta Niat, Doa dan Ketentuannya

waktu baca 7 menit
Tata Cara Tayamum Beserta Niat, Doa dan Ketentuannya

Tata cara tayamum, feature sulawesitoday – Bersuci sebagai salah satunya bimbingan yang disarankan dalam Islam. Bersuci untuk melakukan sholat dilaksanakan dengan berwudhu maupun tayamum.

Diambil dari buku yang bertema Tutorial Shalat Komplet dan Juz ‘Amma kreasi Ahmad Najibuddin, tayamum ialah bersuci dengan memakai tanah atau debu yang suci sebagai rukhsah (kemudahan) saat tidak ada air. Bersuci dengan tayamum dibolehkan untuk orang yang tidak bisa menggunakan air karena ada rintangan (udzur). Tata cara tayamum.

Saran untuk bersuci dengan tayamum termaktub dalam firman Allah QS. Al Maidah ayat 6 yang mengeluarkan bunyi:

ۚ وَإِنْ كُنْتُمْ مَرْضَىٰ أَوْ عَلَىٰ سَفَرٍ أَوْ جَاءَ أَحَدٌ مِنْكُمْ مِنَ الْغَائِطِ أَوْ لَامَسْتُمُ النِّسَاءَ فَلَمْ تَجِدُوا مَاءً فَتَيَمَّمُوا صَعِيدًا طَيِّبًا فَامْسَحُوا بِوُجُوهِكُمْ وَأَيْدِيكُمْ مِنْهُ ۚ مَا يُرِيدُ اللَّهُ لِيَجْعَلَ عَلَيْكُمْ مِنْ حَرَجٍ وَلَٰكِنْ يُرِيدُ لِيُطَهِّرَكُمْ وَلِيُتِمَّ نِعْمَتَهُ عَلَيْكُمْ لَعَلَّكُمْ تَشْكُرُونَ

Maknanya: “… apabila kamu sakit atau diperjalanan atau datang dari tempat buang air (jamban) atau sentuh wanita, lalu kamu tidak mendapat air, karena itu bertayammumlah dengan tanah yang bagus (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak akan merepotkan kamu, tapi Ia akan bersihkan kamu dan memperbaiki nikmat-Nya buatmu, agar kamu mengucapkan syukur.” (QS. Al Maidah: 6)

Masih mencuplik dari sumber yang serupa, persyaratan dibolehkannya bersuci dengan tayamum ialah seperti berikut. Tata cara tayamum.

Persyaratan Tayamum

– Telah masuk waktu sholat;

– Telah diupayakan cari air, tapi tidak bisa. Dalam pada itu, waktu sholat telah masuk;

– Dengan tanah atau debu yang suci; dan

– Hilangkan najis.

Adapun keterangan tata cara tayamum, dikutip oleh detikcom dari kitab ‘Bidayatul Hidayah’ kreasi Imam Al-Ghazali. Berikut tata cara tayamum yang betul dan bacaan doanya menurut Imam Ghazali.

Tata Cara Tayamum Beserta Niat, Doa dan Ketentuannya

Tata Cara Tayamum

  1. Persiapkan tanah berdebu atau debu yang bersih. Ulama membolehkan memakai debu yang ada di tembok, kaca, atau lain tempat yang dirasakan bersih;
  2. Disunnahkan menghadap kiblat, lalu tempatkan ke-2 telapak tangan pada debu, dengan status jari-jari ke-2 telapak tangan dirapatkan;
  3. Pada kondisi tangan masih diletakkan di tembok atau debu, lalu katakan basmallah dan niat sebagai berikut.

Tata cara tayamum dan tujuannya

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Bacaan latin: Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta’ala

Maknanya: “Saya punya niat tayamum supaya dibolehkan sholat karena Allah.”

Niat di atas jika ingin kerjakan sholat. Lain bila ingin lakukan beribadah lain, seperti membaca Al-Qur’an atau yang lain. Karena itu tujuannya ditukar sesuai arah bersuci. Tata cara tayamum.

  1. Selanjutnya, gosokkan ke-2 telapak tangan pada semua muka. Berlainan dengan wudhu, dalam tayamum tidak diwajibkan untuk menyekakan debu pada beberapa bagian yang berada di bawah rambut atau bulu-bulu muka, baik yang tipis atau yang tebal. Tata cara tayamum.

Disarankan untuk usaha meratakan debu pada semua sisi muka. Dan itu cukup hanya 1x sentuh debu, karena pada intinya lebar muka tidak melewati lebar dua telapak tangan. Hingga meratakan debu di muka, cukup memercayakan sangkaan yang kuat (ghalibuzhan); Tata cara tayamum.

  1. Seterusnya sisi tangan, sementara bebaskan cincin jika berada di jemari, dan tempatkan kembali telapak tangan pada debu, ini kali jemari tangan diperenggang. Lantas tengadahkan ke-2 telapak tangan, dengan status telapak tangan kanan di atas tangan kiri. Merapatkan jari-jari tangan, dan upayakan ujung jemari kanan tidak keluar telunjuk jemari kiri, atau telunjuk kanan berjumpa dengan telunjuk kiri;
  2. Telapak tangan kiri menyeka lengan kanan sampai ke siku. Selanjutnya, tangan kanan diputar untuk dioleskan segi lengan kanan lainnya, dan telapak tangan menyeka dari siku sampai disandingkan kembali jempol kiri menyeka jempol kanan. Kerjakan hal sama pada tangan kiri seperti tadi; Tata cara tayamum.
  3. pertemukan ke-2 telapak tangan dan usap-usapkan antara jari-jarinya;
  4. Sesudah tayamum, disarankan oleh beberapa ulama untuk membaca doa bersuci, seperti doa di bawah ini. Tata cara tayamum.

Tata Cara Tayamum Beserta Niat, Doa dan Ketentuannya

Doa Sesudah Tayamum

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Bacaan latin: Asyhadu an laa Ilaaha illalloh wahdahu laa syariika lahu. Wa asyhadu anna Muhammadan ‘abduhu wa rasuuluhu. Allahummaj’alni ketertarikan tawwaabiina, waj’alni minal mutatohhirina, waj’alni min ‘ibaadikas sholihiina. Subhanaka allahumma wa bihamdika astagfiruka wa atuubu ilaika.

Maknanya: “Saya bersaksi tidak ada tuhan selainnya Allah semata-mata yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi jika Muhammad ialah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, jadikanlah saya sebagai beberapa orang yang bertaubat, jadikanlah saya sebagai beberapa orang yang bersuci, dan jadikanlah saya sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Mahasuci Kamu, ya Allah. Dengan kebaikan-Mu, saya bersaksi jika tidak ada tuhan selainnya Kamu. Dan dengan kebaikan-Mu, saya meminta ampunan dan bertaubat pada-Mu.”

Ini Tata Cara Tayamum Mandi Junub dan Ketetapannya

tata cara tayamum mandi junub atau mandi harus dapat dilaksanakan umat Muslim untuk hilangkan hadas besar. Tetapi, ada persyaratan dan ketetapan yang awalnya harus disanggupi. Lantas, seperti apakah triknya? Lebih detilnya, baca ulasan di bawah ini.

Tayamum menjadi alternatif wudu atau mandi junub/mandi harus. Cara tayamum perlu dimengerti, supaya saat tidak ada air atau sakit yang tidak dibolehkan sentuh air, beberapa orang ini masih tetap bisa bersuci.

Menurut buku 100++ Bertanya Jawab Sekitar Bersuci oleh Hasan Rifa’I Al Fandy dan Iqbal Setyarso (2012: 49), tayamum ialah cara bersuci dari hadas besar atau kecil, tanpa memakai air. Sebagai tukarnya, tayamum memakai pasir atau debu. Pengakuan ini searah dalam hadits yang mengeluarkan bunyi:

وَعَنْ عَلِيٍّ – رضي الله عنه – قَالَ: – اِنْكَسَرَتْ إِحْدَى زَنْدَيَّ فَسَأَلْتُ رَسُولَ اَللَّهِ – صلى الله عليه وسلم – فَأَمَرَنِي أَنْ أَمْسَحَ عَلَى اَلْجَبَائِرِ – رَوَاهُ اِبْنُ مَاجَه بِسَنَدٍ وَاهٍ جِدًّا

Maknanya: Dikisahkan Ali RA, “Salah satunya dari pergelanganku rengat. Lantas saya tanya pada Rasulullah SAW dan beliau menyuruhku supaya saya menyeka di atas pembalutnya.” (HR Ibnu Majah).

Ketetapan lakukan tayamum sendiri, termaktub dalam firman Allah SWT di QS. Al Maidah ayat 6 yang maknanya:

“Hai beberapa orang yang memiliki iman, jika kamu akan kerjakan shalat, karena itu bilaslah mukamu dan tanganmu s/d siku, dan sapulah kepalamu dan (bersihkan) kakimu s/d ke-2 mata kaki, apabila kamu junub karena itu mandilah, apabila kamu sakit atau diperjalanan atau datang dari tempat buang air (jamban) atau sentuh wanita, lalu kamu tidak mendapat air, karena itu bertayammumlah dengan tanah yang bagus (bersih); sapulah mukamu dan tanganmu dengan tanah itu. Allah tidak akan merepotkan kamu, tapi Ia akan bersihkan kamu dan memperbaiki nikmat-Nya buatmu, agar kamu mengucapkan syukur.”

Langsung, berikut tata cara tayamum mandi junub yang diambil dari buku Tutorial Shalat Harus dan Sunnah Komplet cerita Ustadz Mukhsin Mather (2015: 93).

Tata Cara Tayamum Beserta Niat, Doa dan Ketentuannya

Tata Cara Tayamum Mandi Junub

Persiapkan tanah berdebu atau debu yang bersih.

Disunnahkan menghadap kiblat, dengan ke-2 telapak tangan dan status jari-jari dirapatkan pada debu.

Membaca niat tayamum:

نَوَيْتُ التَّيَمُّمَ لِاسْتِبَاحَةِ الصَّلَاةِ للهِ تَعَالَى

Nawaytu tayammuma li istibaakhati sholati lillahi ta’ala

Maknanya: “Saya punya niat tayamum supaya dibolehkan sholat karena Allah ta’ala.”

Bila tidak akan sholat, bacaan niat dapat ditukar sama sesuai arah tayamum.

Gosokkan ke-2 telapak tangan pada semua muka dengan kadang-kadang sentuh debu.

Selajutnya, debu dioleskan ke dua tangan dimulai dari ujung jemari sampai siku.

Membaca doa selesai tayamum yang mengeluarkan bunyi:

أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا اللهُ، وَحْدَهُ لَا شَرِيْكَ لَهُ، وَ أَشْهَدُ أَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ، اَللَّهُمَّ اجْعَلْنِي مِنَ التَّوَّابِيْنَ، وَاجْعَلْنِي مِنَ الْمُتَطَهِّرِيْنَ وَاجْعَلْنِي مِنْ عِبَادِكَ الصَّالِحِيْنَ سُبْحَانَكَ اَللَّهُمَّ وَبِحَمْدِكَ، أَشْهَدُ أَنْ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ، أَسْتَغْفِرُكَ وَأَتُوْبُ إِلَيْكَ

Asyhadu alla ilaaha illalloh, wahdahu laa syariika lah, wa asyhadu anna muhammadan ‘abduhu wa rosuuluh, allohummaj ‘alniy ketertarikan tawwaabiina, waj ‘alniy minal mutathohhiriina waj ‘alniy min ‘ibaadakash shoolihiin, subhaanakallohumma wa bihamdika, asyhadu alla ilaaha illa anta, asytaghfiruka wa atuubu ilaik

Maknanya: “Saya bersaksi tidak ada tuhan selainnya Allah semata-mata yang tidak ada sekutu bagi-Nya. Dan saya bersaksi jika Muhammad ialah hamba dan utusan-Nya. Ya Allah, menjadikan lah saya sebagai beberapa orang yang bertaubat, menjadikan lah saya sebagai beberapa orang yang bersuci, dan menjadikan lah saya sebagai hamba-hamba-Mu yang saleh. Maha suci Kamu, ya Allah dengan kebaikan-Mu, saya bersaksi jika tidak ada tuhan selainnya Kamu, dan dengan kebaikan-Mu, saya meminta ampun dan bertaubat pada-Mu.”

Dari keterangan di atas, umat Muslim tidak perlu cemas jika ada halangan memakai air untuk hilangkan hadas besar. Bersuci bisa dilaksanakan dengan cara yang semakin nyaman, tapi masih tetap penuhi persyaratan dan ketetapan yang tertera dalam Alquran atau hadits. Tata cara tayamum. (**)

Baca juga: Tata Cara Sholat Hajat serta Doa Mustajabnya

 

tags: cara tayammum,tata cara tayammum,jelaskan tata cara tayammum,cara tayammum yang benar,tayammum cara,cara tayammum sesuai sunnah,niat tayamum beserta artinya,tata cara tayamum beserta gambarnya,doa tayamum beserta artinya,doa niat tayamum beserta artinya,cara tayamum yang benar beserta gambar,tayamum beserta artinya,tata cara tayamum beserta niat dan doanya,cara melakukan tayamum,tata cara melakukan tayamum,bagaimana melakukan tayamum,cara melakukan tayamum adalah,cara melakukan tayamum di tembok,cara melakukan wudhu tayamum,bagai mana cara melakukan tayamum.

Leave a Reply

Your email address will not be published.