Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ratusan Hektare Tambak Warga Torue Gagal Panen

waktu baca 2 menit

Berita parigi moutong, sulawesitoday – Terdata 103 hektar tambak warga Kecamatan Torue, Parigi Moutong, gagal panen usai banjir melanda, Kamis 28 Juli 2022 malam.

“Terdapat 23 hektar berada di Desa Torue dan 80 hektare di Desa Tolai Timur,” ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Parimo, Moh Nasir, Sabtu 30 Juli 2022.
Ia menyebut, sektor perikanan terdampak banjir Torue yakni tambak udang dan ikan bandeng siap panen.

Saat ini pembudidaya pasrah belum bisa berbuat banyak, karena sejumlah rumah masih terendam lumpur bahkan rusak karena banjir bandang.

“Kami lagi mengkaji dampak terhadap sektor perikanan tangkap dan budidaya perikanan,” sebutnya.

Itu dilakukan untuk melihat seberapa berat kerusakan sarana dan prasarana. Untuk intervensi pemulihan pasca-bencana.
Ia mengatakan, pemerintah akan maksimal untuk pulihkan kondisi usai banjir.
Selain sektor kelautan dan perikanan, semua sektor terdampak akan menjadi perhatian serius.

Selain berita Ratusan Hektare Tambak Warga Torue Gagal Panen, baca juga: BPBD Parimo Prioritaskan Pencarian dan Identifikasi Korban Banjir

Ia menuturkan, hasil kajian cepat nanti selanjutnya akan di tindaklanjuti untuk disatukan ke dalam basis data penanganan bencana yang disertakan di papan informasi, sekaligus menjadi bahan laporan ke Pemerintah Sulteng dan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

“Saat ini masih dalam status darurat, maka upaya normalisasi tambak belum dilakukan. Pemerintah masih fokus pada pemenuhan kebutuhan dasar warga,” jelasnya.

Ia menambahkan, dari koordinasi antara pihaknya dengan Dinas Kelautan dan Perikanan Sulteng, mereka menyatakan siap membatu pemulihan sektor perikanan di daerah terdampak.

Pemda memiliki keterbatasan dari sisi anggaran, sehingga dibutuhkan kolaborasi supaya pemulihan nanti terlaksana dengan cepat.

“Di subsektor perikanan tangkap misalnya, kemungkinan bantuan diberikan berupa perahu dan mesin ketinting sebagai sarana utama untuk kegiatan melaut. Lalu dari subsektor perikanan, akan diberikan bantuan benur udang dan ikan karena dia subsektor ini merupakan sumber mata pencaharian mereka,” pungkasnya. (rf)

Selain berita Ratusan Hektare Tambak Warga Torue Gagal Panen, baca juga: Banjir Bandang Rusak Lahan Pertanian Warga Parigi Moutong

Leave a Reply

Your email address will not be published.