Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Taman Nasional Sulawesi, Eksotisme Menantang untuk Dijelajahi

waktu baca 6 menit
Taman Nasional Sulawesi, Eksotisme Menantang untuk Dijelajahi. Credit: @Sayidina Ali

Taman Nasional Sulawesi, ragam sulawesitoday Di Indonesia, Taman Nasional ialah sebuah teritori konservasi alam yang diproteksi Pemerintah. Teritori ini mempunyai ekosistem asli yang punyai beragam peranan seperti untuk maksud ilmu dan pengetahuan, riset, pengajaran, pariwisata, dan budidaya flora atau fauna tertentu.

Disekitar Pulau Sulawesi, kamu dapat mendapati sembilan taman nasional dengan daya tariknya masing-masing.

Tidak cuma macam keelokan rentang alam Sulawesi yang dapat kamu jumpai di taman nasional di sini, ada pula peninggalan budaya kuno dan beragam spesies hewan dan tumbuhan sangat jarang.

baca juga: Andalkan Pengalaman di Misano, Fabio Quartararo Start di P12

Berikut daya tarik taman nasional dapat kamu jumpai di Sulawesi.

  1. Taman Nasional Sulawesi, Wakatobi, ibu-kota penyelaman dunia

Wakatobi, Raja Ampat, dan Bunaken populer dengan panggilan Coral Triangle, tiga teritori di Indonesia Timur yang mempunyai keelokan bawah laut kelas dunia.

Terumbu karang di tiga teritori ini dijaga secara baik hingga daya tariknya selalu terlindungi. Wakatobi sebetulnya ialah taman nasional sekalian kabupaten di Propinsi Sulawesi Tenggara.

Nama Wakatobi ialah kombinasi dari 4 pulau khusus di teritori pelestarian ini; Harum-wangi, Kaledupa, Tomia, dan Binongko.

Jika kamu ialah pencinta keelokan bawah laut, karena itu Wakatobi ialah tujuan yang harus kamu kunjungi. Tidak hanya cantik di dasar laut saja,

Wakatobi punyai panorama cantik di pulau-pulaunya. Disamping itu, kamu bisa juga belajar mengenai kekhasan budaya Suku Bajau, Aquaman asli Indonesia.

  1. Taman Nasional Sulawesi, Memburu artefak megalitikum di Lore Lindu

Salah satunya kata yang cocok memvisualisasikan Lore Lindu ialah ‘unik’. Disaksikan dari rentang alamnya, taman nasional ini punyai tiga teritori pelestarian; rimba rekreasi Danau Lindu, Suaka Margasatwa Lore Kalamanta, dan Suaka Margasatwa Sopu Gumbasa.

Tempat ini sebagai komunitas alami anoa, babirusa, kera hantu, kuskus marsupial, musang Sulawesi, dan beragam hewan epidemik yang lain.

Hal paling unik yang dapat kamu jumpai di taman nasional yang ada di Sulawesi tengah ini ialah beragam patung megalitikum berumur beberapa ribu tahun yang menyebar.

Telusuri teritori ini bila kamu berminat untuk nikmati keelokan alam sekalian ‘berburu’ artefak megalitikum. Tetapi tidak boleh dirusak atau dipindahkan ya, cukup dikagumi dan dipotret saja!

  1. Taman Nasional Sulawesi, Maldives-nya Sulawesi – Taka Bonerate

Bukan sekedar jargon, Taman Nasional Taka Bonerate memang banyak memiliki keserupaan dengan Maldives alias Maladewa.

Tempat ini mempunyai bentangan atol terluas ke-3 di dunia sesudah Kepulauan Marshall dan Maladewa.

Lokasinya ada di Kecamatan Taka Bonerate, Kabupaten Kepulauan Selayar, Propinsi Sulawesi Selatan.

Ada beberapa pulau kecil yang eksotik yang dapat kamu dapatkan di taman laut ini. Skema karang yang berwarna-warna dan atol yang unik jadi daya magnet tidak tertahan dari Taka Bonerate.

Di sini kamu bisa juga mendapati banyak pasir muncul, pulau kecil yang tercipta dari gundukan pasir putih di tengah-tengah lautan.

  1. Taman Nasional Sulawesi, Bermain ke Kerajaan Kupu-kupu di Bantimurung Bulusaraung

Masih di Sulawesi Selatan, ada taman nasional yang lain daya tariknya berbeda jauh. Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung (TN Babul) ialah tempat pelestarian yang dikuasai teritori karst.

TN Babul bahkan juga sebagai teritori karst terluas ke-3 di dunia. Kamu dapat mendapati beragam keelokan ciri khas tempat karst seperti skema unik batu-batuan, gua, sungai-sungai berkelok, sampai bukit-bukit karst yang hijau.

Pakar biologi Alfred Wallace menyebutkan teritori ini sebagai The Kingdom of Butterfly karena jumlahnya spesies kupu-kupu yang hidup di sini.

Pariwisata di TN Babul juga tidak cuma memprioritaskan keelokan panorama alamnya, tetapi juga keberagaman spesies kupu-kupu ini.

  1. Taman Nasional Sulawesi, Bunaken, surganya diving di Sulut

Bunaken ialah sebuah taman laut yang ada di laut lepas ujung utara pulau Sulawesi.

Lokasinya benar-benar dekat sama kota Manado hingga akses ke situ benar-benar gampang. Disamping itu, Bunaken juga banyak memiliki sarana simpatisan kegiatan rekreasi hingga berlibur kesini ditanggung akan nyaman.

Taman Nasional ini mencakup tiga ekosistem laut yang banyak dijumpai di Indonesia; ekosistem terumbu karang, ekosistem padang rumput laut, dan ekosistem pantai.

Kegiatan terpopuler di Bunaken sudah pasti ialah diving alias menyelam. Kamu dapat mengeksploitasi keelokan nyaris 400 spesies terumbu karang beragam warna.

Belum juga banyak ikan dan hewan laut yang lain yang tinggal di teritori ini. Bunaken ialah spot menyelam yang cocok untuk semuanya, baik pemula atau mereka yang telah mempunyai pengalaman panjang.

Kamu bahkan juga tidak perlu bawa peralatan diving karena telah banyak lokasi yang sewakannya di sini.

  1. Taman Nasional Sulawesi, Pelajari keberagaman Rawa Aopa Watumohai

Bila kamu ingin paket penjelajahan yang komplet, karena itu opsi terbaik ialah tiba ke Taman Nasional Rawa Aopa Watumohai.

Di sini, kamu dapat mendapati macam vegetasi yang komplet, dari laut sampai pegunungan. Sama dengan namanya, ada rawa-rawa yang lumayan luas di taman nasional ini. Beragam hewan unik dan epidemik bisa juga kamu jumpai di sini.

Keseluruhannya, ada 155 tipe burung yang berumah di taman ini, 37 salah satunya ialah burung epidemik dan 32 tipe yang lain termasuk sangat jarang.

Taman nasional ini sebagai komunitas dari babirusa, anoa, beragam jenis primata unik, buaya muara, musang Sulawesi, dan rusa. Kegiatan seperti birdwatching benar-benar cocok dilaksanakan di sini.

  1. Taman Nasional Sulawesi, Island hopping di Kepulauan Togean

Daya tarik khusus taman nasional ini ialah panorama beberapa pulau kecil yang berantakan di Teluk Tomini dan terumbu karang disekelilingnya.

Kepulauan ini kaya terumbu karang yang cantik dan biota laut yang bervariatif, beberapa termasuk sangat jarang dan diproteksi negara.

Di atas pulau, tetumbuhan tumbuh dengan subur. Bukit-bukit karang membuat panorama di taman ini jadi makin mempesona.

Kamu ditanggung tidak pernah jemu saat berkunjung pulau ini. Masalahnya ada beberapa kegiatan membahagiakan yang dapat kamu tentukan. Kamu dapat menyelam atau snorkeling di Pulau Kadidiri, menelusuri keelokan laut dan dataran di Pulau Malenge, atau mendaki Gunung Colo di Pulau Una-una.

  1. Taman Nasional Sulawesi, Pendam Tebing di Bogani Nani Wartabone

Sebelumnya, taman nasional ini dibangun membuat perlindungan ekosistem flora dan fauna didalamnya.

Tetapi, Taman Nasional Bogani Nani Wartabone tawarkan lebih beberapa dari sekedar kekayaan hayatinya.

Selainnya panorama yang cantik, kamu bisa juga mendapati beragam situs budaya warisan jaman prasejarah di teritori taman nasional ini.

Ada beberapa kekuatan rekreasi yang mulai dikeduk di sini. Ada banyak air terjun istimewa di tengah-tengah sejuknya rimba hujan tropis yang perawan.

Ada pula warisan megalitikum berbentuk Batu Berkamar alias Pendam Tebing, sebuah penyemayaman kuno berbentuk tebing batu andesit yang diukir sebegitu rupa.

Taman ini mempunyai beberapa sanctuary untuk konservasi burung maleo. (WS)

Selain artikel Taman Nasional Sulawesi, baca juga: Taman Nasional Kepulauan Togean akan Jadi Tempat Riset

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *