Dinkes Palu Galakkan Pemberian Tablet Tambah Darah ke Remaja Putri

waktu baca 2 menit
Dinkes Palu Galakkan Pemberian Tablet Tambah Darah ke Remaja Putri

Tablet tambah darah remaja putri, berita sulawesi tengah – Dinas Kesehatan Kota Palu, Sulawesi tengah menggalakkan pemberian tablet tambah darah ke remaja putri buat jaga hemoglobin selalu konstan melalui kampanye aksi bergizi.

baca juga: Turnamen Liga Daru Bakal Bergulir di GST Tinombo

“Gerakan ini sebagai program Pemerintahan Pusat diterapkan wilayah sebagai sisi dari usaha percepatan turunkan angka stunting,” ungkap Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Dinas Kesehatan Kota Palu, Idrawati di Kota Palu, Rabu 26 Oktober 2022.

Dia menerangkan, dari program ini Pemerintah kota Palu sasar 9301 remaja putri umur 12 s/d 18 tahun, yang mana dalam seminggu remaja putri dikasih satu butir tablet tambahdarah, selanjutnya dipelajari setiap bulan lewat pengecekan hemoglobin memakai alat khusus.

Pada aksi bergizi, Pemkot lakukan pengawasan dan menyarankan remaja putri konsumsi tablet tambahdarah, konsumsi makanan bergizi dan olahraga.

“Target secara nasional pemberian tablet itu harus capai angka 45% sampai akhir 2022 dari jumlahnya target 22.850 remaja,” tutur Indra.

Selain informasi Tablet Tambah Darah keRemaja Putri, simak juga: LPKA Palu Kembali Gelar Posyandu Remaja Anak Binaan

Dia menyampaikan, target itu belum terwujud dengan optimal secara nasional, ini dikuasai faktor wabah COVID-19 karena semua sekolah di tahun 2020 di tutup dan proses belajar mengajarkan di kerjakan dengan dari, hingga tidak ada dilaksanakan interferensi tindakan bergizi.

Saat sebelum wabah, ucapnya, Pemerintah kota Palu telah lakukan gerakan itu, dan saat ini gerakan itu dilaksanakan penyegaran kembali Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk tumbuhkan semangat dan keterlibatan warga dalam pemenuhan konsumsi nutrisi dalam mempersiapkan angkatan unggul.

“Menurut Kemenkes lewat interferensi pergerakan ini sanggup tingkatkan daya angkat untuk pemercepatan pengurangan kebiasaan stunting, hingga pergerakan ini menjadi satu diantara program fokus Pemerintahan Pusat di bagian kesehatan,” papar Indra.

Dia menambah, Dinas Kesehatan Kota Palu mengikutsertakan 14 Puskesmas di 46 kelurahan lakukan pengawasan dan pengiringan dan lakukan usaha pengokohan pada remaja putri.

“Kampanye tindakan bergizi secara nasional Kota Palu sebagai wakil Sulteng dengan mengikutsertakan remaja putri 1.692 orang. Kami bekerjasama dengan masing-masing sekolah untuk mensukseskan program ini,” tutup Indrawati. (rf)

Selain informasi Tablet Tambah Darah Remaja Putri, simak juga: Duta GENRE Poso Disebut Dapat Tekan HIV Aids hingga Narkoba

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *