Mendag Sebut Suplai dan Harga Beras Aman Sampai Akhir Tahun

waktu baca 2 menit
Mendag Sebut Suplai dan Harga Beras Aman Sampai Akhir Tahun

Suplai dan harga beras, berita ekonomi sulawesitoday Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan (Zulhas) meyakinkan kepada masyarakat, suplai dan harga beras disebut aman sampai akhir tahun.

Zulhas menjelaskan, untuk produksi beras sampai akhir tahun ini memanglah tidak dapat diganti. Pasalnya proses tanam sampai panen memerlukan waktu yang lama.

“Produksi kan sampai tahun akhir, tidak dapat diganti kembali. Tidak kemungkinan menanam ini hari, esok tumbuh,” katanya, Senin 3 September 2022.

Lanjut Zulhaz, mengantisipasi kondisi di lapangan, Pemerintah akan lakukan operasi pasar untuk jaga suplai dan kestabilan harga beras. Operasi pasar akan dilaksanakan di semua daerah Indonesia secara serentak, khususnya di Wilayah yang naiknya berarti.

BACA JUGA: Stefan Bradl Analisis Marc Marquez Bakal Raih Podium Tahun Ini

Zulhas mengakui, jika harga beras pada Agustus dan September tahun ini naik, berlainan dari masa sama tahun kemarin. Keadaan ini muncul, disebabkan persaingan perebutan gabah bersamaan bertambahnya keinginan.

Selain berita suplai dan harga beras, baca juga: Harga Bahan Pangan Terus Naik, Bahan Pokok Turun

“Bila harga gabah naik karena otomatis harga beras ikut juga naik,” sebutnya.

Karenanya, seluruh Pemda diharap dapat berperanan aktif dalam tekan pergolakan harga terhitung dengan memberi bantuan.

Hal yang senada juga disampaikan, Wakil Menteri Pertanian Harvick Hasnul Qolbi, bahwa pihaknya tetap jaga tersedia produksi beras tiap tahunnya.

Dia juga pastikan sekarang ini untuk produksi beras cukup buat penuhi keperluan dalam Negeri. Tetapi, permasalahan ada di tahapan distribusi dan peresapan.

“Produksi kita cukup, hanya kemungkinan distribusi ke bawah ini coba kita mencari jalan keluarganya,” tutupnya. (WS)

Baca juga: Parigi Moutong Surplus Beras Ratusan Ton

Rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *