Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Sumur Bor di Parigi Moutong Semburkan Gas Alam

waktu baca 2 menit
Heboh Sumur Bor di Parigi Moutong Semburkan Gas Alam

Berita parigi moutong, sulawesitoday.com – Warga heboh dengan penemuan sumur bor semburkan gas alam di Desa Bambalemo, Parigi Moutong.

“Sebelum keluar gas, sumur bor itu keluarkan ledakan dan semburan pasir serta pasir,” ungkap pekerja bor sumur semburkan gas alam, Rusli M. Ibrahim, Selasa 10 Mei 2022.

Ia mengatakan, pada awalnya ia melakukan pengeboran air di lokasi itu pada pertengahan bulan Ramadhan.

Saat pengeboran sumur berlangsung pada kedalaman sekiutar 30 meter, tiba-tiba ada ledakan dari bawah tanah disertai semburan pasir dan kerikil ke udara.

“Baru tiga pipa yang masuk ada ledakan pertama lebih kurang dengan tinggi pohon kelapa. Selanjutnya, saya ikat pipa keempat meletus kembali keluarkan lumpur dibarengi pasir. Kemudian gas semacam itu,” sebutnya.

Selanjutnya, dia kembali menyambung pipa ukuran 1/2 pipa. Kembali lagi terjadi ledakan. Hingga, dia memilih untuk istirahat karena telah mendekati lebaran waktu itu.

“Jadi sesudah saya ikat 1/2 pipa itu ledakan kembali terjadi. Hingga mata bor saya cabut dan gasnya tidak ada, karena saya mau istirahat,” katanya.

Selesai lebaran, persisnya ini hari, Selasa 10 Mei 2022, dia menjumpai pemilik kost untuk memberitahu jika, dia kembali lakukan pengeboran.

Selain berita Heboh Sumur Bor di Parigi Moutong Semburkan Gas Alam, baca juga: Perubahan Iklim Global, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Tetapi, saat pengeboran diawali semburan gas terus keluar lubang pipa itu.

“Niatnya ini masuk 12 pipa, tetapi baru tiga pipa saja masuk telah keluarkan gas, hingga saya memilih untuk tidak meneruskan pengeboran,” ucapnya.

Sesudah ada semburan gas itu, dia bersama pemilik kost langsung memberikan laporan peristiwa ke Dinas Sumber Daya Energi dan Mineral (ESDM) Propinsi Sulawesi Tengah. Tetapi, dia ditujukan untuk bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Parigi Moutong.

“Barusan telah disampaikan ke DLH Parigi Moutong, karena itu ada banyak petinggi dari dinas tersebut turun ke lokasi peristiwa barusan bersama pihak kepolisian di tempat untuk amankan lokasi dengan memasangkan police line atau garis polisi,” katanya.

Dia akui, semenjak awalnya mengawali tugas pengeboran untuk air bersih, baru ini kali dianya mendapati semburan gas alam.

“Telah beberapa ratus sumur saya bor, baru ini kali saya dapatkan semburan gas dengan ledakan yang kuat dibarengi pasir, lumpur dan kerikil,” tuturnya.

Diketahui, pengeboran sumur untuk kebutuhan air bersih di salah satu rumah kos milik warga Jalan Laganje di Dusun III, Desa Bambalemo, Parigi Moutong, Sulawesi Tengah. (**)

Selain berita Heboh Sumur Bor di Parigi Moutong Semburkan Gas Alam, baca juga: Pangkalan Gas Elpiji di Morowali Utara Disidak

Leave a Reply

Your email address will not be published.