Suhu Rata-rata Permukaan Bumi Saat Ini Adalah

waktu baca 2 menit
Suhu Rata-rata Permukaan Bumi Saat Ini Adalah

Suhu Rata-rata Permukaan Bumi Saat Ini Adalah, sains tekno sulawesitoday – Dampak rumah kaca ialah proses yang terjadi saat gas-gas di atmosfer Bumi memerangkap panas Matahari.

Dampak rumah kaca membuat Bumi lebih hangat dibanding tanpa atmosfer hingga membuat Bumi jadi lokasi yang nyaman untuk ditempati.

Sayang, kegiatan manusia mengganti dampak rumah kaca alami di Bumi.

Pembakaran bahan bakar, fosil seperti batu bara dan minyak, tempatkan semakin banyak karbon dioksida ke atmosfer Bumi.

Kebanyakan gas rumah kaca bisa mengakibatkan atmosfer Bumi memerangkap semakin banyak panas hingga Bumi jadi makin panas.

Berapakah umumnya suhu Permukaan Bumi?

Dikutip dari Universe Today, suhu permukaan rata-rata di Bumi ialah sekitaran 14°C, tapi sama seperti yang telah disebut, suhu di Bumi bervariatif.

Misalkan, suhu terpanas yang sempat terdaftar di Bumi ialah 70,7°C, yang diambil di Gurun Lut, Iran.

Pengukur ini ialah sisi dari survey suhu global yang sudah dilakukan oleh beberapa periset di Observatorium Bumi NASA sepanjang musim panas tahun 2003 sampai 2009. Sepanjang lima dari 7 tahun yang disurvey, Gurun Lut ialah tempat terpanas di dunia.

Selain informasi Suhu Rata-rata Permukaan Bumi Saat Ini Adalah, simak juga: Sepanjang Tahun Ini Nilai Tukar Rupiah Lesu

Tetapi, Gurun Lut bukan tempat terpanas untuk tiap tahunnya. Di tahun 2003, satelit menulis suhu 69,3°C, paling tinggi ke-2 dalam analitis 7 tahun, di semak ilalang Queensland, Australia.

Selanjutnya, di tahun 2008, Gunung Flaming capai suhu maksimal tahunan 66,8°C yang terdaftar di Cengkungan Turpan, Cina barat.

Dalam pada itu, suhu terdingin yang sempat terdaftar di Bumi diukur di Stasiun Vostok Soviet, Daratan Tinggi Antartika.

Dengan memakai pengukur berbasiskan darat, suhu di Stasiun Vostok capai titik paling rendah dalam riwayat, yaitu -89,2°C di tanggal 21 Juli 1983.

Analitis data satelit memperlihatkan, peluang suhu sekitaran -93,2 °C terdaftar di Antartika, pada 10 Agustus 2010.

Semua pengukur ini didasari pada pembacaan suhu yang sudah dilakukan sesuai standard Organisasi Meteorologi Dunia.

Dengan ketentuan ini, suhu udara diukur dari cahaya matahari langsung, karena bahan dalam dan disekitaran termometer bisa mempernyerap radiasi dan mempengaruhi penginderaan panas, dan termometer harus ditaruh 1,2 sampai 2 mtr. dari tanah. (rf)

Selain informasi Suhu Rata-rata Permukaan Bumi Saat Ini Adalah, simak juga: Waktu Terlama Manusia Hidup di Luar Angkasa, Ini Penjelasannya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *