Subsidi Listrik, BBM Hingga LPG 2023 Capai Rp211,96 Triliun

waktu baca 2 menit
subsidi listrik bbm lpg 2023

Subsidi listrik BBM LPG 2023, berita ekonomi sulawesitoday Kucuran anggaran subsidi Pemerintah terhadap Listrik, dan Bahan Bakar Umum (BBM) hingga Liquefied Petroleum Gas (LPG) 3kg untuk tahun 2023 mendatang mencapai Rp211,96 Triliun.

Ratusan Triliun anggaran subsidi tersebut berdasarkan paparan Badan Anggaran (Banggar) DPR RI yang disetujui Bersama. Besaran angka anggaran subsidi untuk tahun depan tersebut, sebagai bentuk upaya dalam perbaikan perekonomian.

Dalam pertemuan kerja Banggar dan Kementerian Keuangan menjanjikan besaran subsidi listrik dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2023 dipaparkan masing-masing dari subsidi yang disetujui senilai Rp72,57 triliun.

Dengan subsidi ini, diharapkan tepat sasaran dan dapat dinikmati keluarga rumah tangga miskin dan rentan. Selain itu, subsidi listrik juga harus searah dengan Arah Kebijakan Pemerintah dalam menggerakkan peningkatan energi baru terbarukan.

Selain Berita Subsidi Listrik, BBM Hingga LPG 2023 Capai Rp211,96 Triliun, baca juga: Pertamina: Aman, Stok Solar Subsidi di Sulawesi Tengah

Berkaitan dengan subsidi listrik tersebut, pihak Banggar DPR RI memberi catatan kepada Pemerintah, bahwa terdapat sekitar 9,55 juta rumah tangga memiliki daya listrik 450 VA dan sekitar 8,4 juta konsumen setia memiliki daya listrik 900 VA yang masuk ke Data Terpadu Kesejahteraan Sosial ( DTKS) dan/atau kelompok yang benar-benar miskin subsidinya harus tetap dipertahankan.

“Kembali kami mengigatkan Pemerintah, agar tetap memberikan subsidi bagi warga dengan daya listrik 450 VA dan 900 VA. 9,55 juta rumah tangga memiliki daya listrik 450 VA serta 8,4 juta konsumen dengan daya listrik 900 VA yang masuk ke DTKS tetap mempertahankan subsidinya,” sebut Anggota Banggar DPR RI Fraksi Partai Demokrat Bramantyo Suwondo, baru – baru ini.

Selanjutnya dalam rapat Banggar DPR RI, dipaparkan untuk susidi BBM dan LPG 3 kg untuk tahun disetujui senilai Rp139,39 triliun.

BACA JUGA: Harga Minyak Mentah Turun, Signal BBM Kembali Harga Awal

Sementara itu, volume LPG 3 kg yang disetujui sebesar delapan juta MT, volume BBM 17,5 juta KL terhitung untuk solar 1 juta KL. Adapun subsidi tetap minyak solar memutuskan Rp1.000 per liter. (WS)

Selain Berita Subsidi Listrik, BBM Hingga LPG 2023 Capai Rp211,96 Triliun, baca juga: Pertamina Naikkan Harga Jual Elpiji Nonsubsidi

Rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *