Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Simak Kisah Bilal bin Rabbah, Sang Ahli Surga

waktu baca 3 menit
Simak Kisah Bilal bin Rabbah, Sang Ahli Surga. (Foto: Istimewa)

Kisah Bilal bin Rabbah, ragam sulawesitodayBilal bin Rabbah adalah sahabat dekat Rasulullah SAW, merupakan sang ahli dan sudah pasti ditanggung masuk surga. Saat sebelum masuk Islam, dia pernah disiksa dengan dijemur di bawah teriknya matahari oleh tuannya yang memaksakan dia jadi kafir.

Bilal sebagai seorang budak dari Habasyah (Ethiopia). Dia mempunyai perawakan yang kekar dan tegap dan berkulit hitam. Sekarang ini kaum muslim di penjuru dunia mengenali Bilal sebagai muadzin pertama kali yang mengumandangkan adzan. Dulu dia pernah disiksa saat dipaksakan memungkiri Allah SWT.

Dikutib dari buku 99 Kisah Menakjubkan dalam Al-qur’an oleh Ridwan Abqary, Bilal sebagai budak dari majikan yang namanya Umayyah di Makkah. Awalnya perjumpaan Bilal dengan RasulullahSAW ialah saat seorang tamu dari majikannya bercerita mengenai seorang namanya Muhammad yang mengajari agama baru.

Bilal langsung merasa ingin tahu, dia benar-benar ingin berjumpa dengan Rasulullah SAW untuk dengarkan tuntunan Agama yang dibawa. Untuk menyembuhkan rasa ingin tahunya, Bilal secara sembunyi-sembunyi cari info itu.

 

Bilal Berjumpa Rasulullahdan Masuk Islam

Bilal pada akhirnya dapat berjumpa dengan Rasulullah SAW atas kontribusi Abu Bakar. Waktu itu, Abu Bakar sudah merengkuh Islam dan setia ikuti tuntunan yang dibawa Nabi Muhammad. Tatap muka Bilal dengan Rasulullah SAW berjalan hangat.

Secara lemah lembut, Rasulullah sampaikan ceramah dan tuntunan Islam. Semuanya yang dikatakan Rasulullah SAW membuat Bilal merasa terjamah dan hatinya merasa tenteram. Dia juga memantapkan diri memutuskan untuk jadi seorang muslim.

Di depan Rasulullah SAW, Bilal ucapkan dua kalimat syahadat. Bilal merasa suka menjadi seorang muslim dan dia juga berkemauan jadi seseorang yang memiliki Iman.

 

Bilal Disiksa Umayyah

Berita Bilal jadi seorang muslim rupanya dijumpai majikannya. Umayyah malah merasa geram saat tahu budaknya masuk Islam. Umayyah terhitung orang yang melawan tuntunan Rasulullah SAW. Dia juga murka dan memaksakan Bilal untuk keluar Islam dan kembali menyembah berhala.

Ketegasan hati Bilal yang masih tetap ingin merengkuh Islam, membuat Umayyah menyiksanya terus-menerus. Walau sudah disiksa tiap hari, Bilal masih tetap tegar sebagai seorang muslim.

Hingga kemudian Umayyah menyeret Bilal dan membiarkan di tengah-tengah panas matahari. Bilal yang tidak kenakan pakaian saat itu pasti merasa semua badannya terbakar. Tetapi dia masih tetap tulus.

Bilal disiksa dengan dipendam dalam pasir yang panas, cuma sisi kepalanya yang tidak tertimbun pasir. Umayyah sempat juga biarkan badan Bilal terhimpit batu-batuan yang besar sambil menjelaskan akan membunuhnya.

 

Bilal Terlepas Dari Siksaan

Menyaksikan tindakan kejam dari Umayyah, Abu Bakar selanjutnya minta Umayyah untuk jual Bilal padanya. Umayyah manfaatkan kesempatan kali ini dengan minta bayaran yang tinggi sekali.

Abu Bakar akhirnya memerdekakan Bilal hingga dia dapat terlepas dari semua siksaan dan kesengsaraan. Bilal seterusnya setia ikuti RasulullahSAW. Bilal juga dijumpai sebagai salah satunya sahabat dekat RasulullahSAW yang memiliki iman hingga ditanggung masuk surga.

Dalam sebuah hadits diceritakan, Rasulullah SAW panggil Bilal dan menanyakan padanya.

“Ucapkanlah kepadaku, apa amalanmu yang terbesar pahalanya yang kamu lakukan dalam Islam? Karena sebenarnya saya dengar hentakkan sandalmu di surga,” bertanya Rasulullah.

Suara sandal Bilal kedengar oleh Rasulullah saat dia ada di surga saat malam Isra’ Mi’raj.

“Tiap saya berwudhu, kapan saja itu, baik siang atau malam, saya selalu lakukan Sholat dengan wudhu itu,” jawab Bilal.

Bilal sudah berjasa karena dia jadi muadzin pertama. Suara keras dan merdu Bilal saat adzan jadi pertama kali panggilan sholat semua kaum muslim di dunia sampai sekarang ini. (WS)

Selain artikel Simak Kisah Bilal bin Rabbah, Sang Ahli Surga, baca juga:Pelajaran Hidup Kisah Nabi Muhammad SAW dan Pencandu Alkohol

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *