Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Sembilan Wilayah di Sulawesi Tengah Rawan Banjir dan Tanah Longsor

waktu baca 6 menit
Sembilan Wilayah di Sulawesi Tengah Rawan Banjir dan Tanah Longsor

Berita sulawesi tengah, sulawesitoday.com – Berdasar data dan info yang diterima BPBD Sulawesi tengah, menulis ada Sembilan wilayah riskan banjir dan tanah longsor, bisa terjadi sampai akhir Maret 2022.

“Wilayah yang riskan banjir nyaris di semua kabupaten. Awalnya tahun 2022 ini beberapa wilayah yang dirundung banjir dimulai dari Kabupaten Buol, Poso, Banggai, Donggala, Tolitoli, Morowali Utara, Morowali, Sigi, dan Kota Palu,” kata Kepala Sektor Logistik dan Kedaruratan BPBD Sulteng Andy Sembiring di Kota Palu, diambil dari Di antara, Selasa, 15 Maret 2022.

Awal 2022, beberapa wilayah yang dirundung banjir, yaitu Kabupaten Buol, Poso, Banggai, Donggala, Tolitoli, Morowali Utara, Morowali, Sigi, dan Kota Palu.

Wilayah riskan tanah longsor, sambungnya, mencakup Lajur Trans Sulawesi pada kutub jalan nasional Toboli-Taweli ataupun lebih dikenali lajur “Kebun Kopi” di Kabupaten Donggala dan Parigi Moutong, beberapa daerah di Kabupaten Sigi, dan Tolitoli.

Imbas musibah itu cukup berarti salah satunya tempat pertanian dan perkebunan masyarakat hancur hingga mempunyai potensi menyebabkan rugi material dari sisi kerusakan infrastruktur dan sarana umum punya pemerintahan, seperti jalan dan jembatan.

Selain berita Sembilan Wilayah di Sulawesi Tengah Rawan Banjir dan Tanah Longsor, baca juga: Bupati Irwan Akui Sigi Rentan Banjir dan Longsor

“Oleh karenanya yang terpenting dilaksanakan seluruh pihak sekarang ini ialah mitigasi atau usaha kurangi imbas karena musibah yang terjadi. Tidak boleh mitigasi yang sudah dilakukan cuman berbentuk publikasi atau ‘workhsop’ (lokakarya) dalam ruangan,” katanya.

Dia mengatakan mitigasi yang perlu dilaksanakan pemda intinya oleh BPBD kabupaten dan kota ditolong oleh instansi kemanusiaan nonpemerintah bersama warga berbentuk praktek di atas lapangan hingga tidak cuma teori.

“Tidak boleh cuman teori berbentuk latihan dan publikasi dalam ruangan. Cuman latihan isi tabel dan masukkan data tapi saat ada di lokasi yang terjadi musibah tidak paham ingin lakukan mitigasi seperti apakah. Pengatasan musibah kurang cukup dengan teori publikasi tapi dengan tindakan,” katanya.

Dia optimis bila seluruh pihak mempunyai wacana, pengalaman dan pengetahuan saat lakukan mitigasi, imbas musibah tidak separah sekarang ini.

Selain berita Sembilan Wilayah di Sulawesi Tengah Rawan Banjir dan Tanah Longsor, baca juga: Berikut Potensi Cuaca Ekstrem Provinsi BMKG Sepekan

Analitis Dinamika Atmosfer Dasarian I Maret 2022

Analitis dan Perkiraan ENSO dan IOD:Index ENSO pada dasarian I Maret 2022 memperlihatkan keadaan La Nina Kurang kuat. BMKG memprakirakan keadaan ENSO berangsur netral mulai April -Juni 2022. Dan Index Dipole Model memperlihatkan keadaan IOD Netral sampai Agustus 2022.

Analitis dan Perkiraan Angin 850mb:Saluran massa udara di daerah Indonesia masih dikuasai oleh angin baratan sampai akhir Maret 2022. Tikungan Angin terjadi di daerah utara ekuator. Skema siklonik diprediksikan terjadi di utara Kalimantan, selatan jawa, dan Laut Arafura.

Analitis OLR:Wilayah pembangunan awan (OLR = 220 W/m2) terjadi di mayoritas daerah Indonesia. Dibanding dengan klimatologisnya, tutupan awan di daerah Indonesia biasanya semakin banyak terkecuali di Sulawesi sisi selatan, Nusa Tenggara, dan Maluku sisi selatan.

Analitis dan Perkiraan MJO:Analitis di tanggal 9 Maret 2022 memperlihatkan MJO tidak aktif dan diprediksikan kembali aktif di babak 2, 3, dan 4 di dasarian II Maret sampai tengah dasarian III Maret 2022. Perkiraan penyimpangan OLR secara spasial memperlihatkan kekuatan perkembangan awan menyusut di daerah Indonesia sisi selatan ekuator pada dasarian II sampai dasarian III Maret 2022.

Analitis dan Perkiraan Kelembapan Udara Relatif (RH):Dasarian I Maret 2022, kelembapan udara relatif (relative humidity) pada susunan permukaan biasanya di atas 80%. Kelembapan udara relatif permukaan diprediksikan biasanya di atas 80% dan terjadi sampai Dasarian I April 2022.

Analitis dan Perkiraan Temperatur:Dasarian I Maret 2022, temperatur rerata permukaan sekitar 21-29C dan diprediksikan dasarian II Maret s.d I April 2022 sekitar 20-29C. Pada dasarian II Maret s.d I April 2022 temperatur minimal diprediksikan sekitar 20-25C dan temperatur maksimal diprediksikan biasanya sekitar 24-32C.

Peringatan Awal:Tidak ada peringatan awal kekeringan meteorologis. Dan Kekuatan curahan hujan tinggi pada kategorisasi Waspada sampai Siaga untuk banyak wilayah kabupaten di Propinsi Aceh, Lampung, Banten, Jawa Barat, Jawa tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan tengah, Kalimantan Timur, Bali, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Sulawesi Selatan, dan Papua

Analitis Curahan Hujan Dasarian I Maret 2022 :Curahan Hujan biasanya pada persyaratan rendah – rmenengah (0- 150 mm/dasarian).

Selain berita Sembilan Wilayah di Sulawesi Tengah Rawan Banjir dan Tanah Longsor, baca juga: Sekda Zulfinasran: Perlu Genjot Kebutuhan Pangan Ibukota

Karakter hujan biasanya bervariatif dari Bawah Normal sampai Atas Normal.

Analitis Perubahan Musim Hujan Dasarian I Maret 2022 :Berdasar jumlah ZOM, sekitar 97,08 % daerah Indonesia telah masuk musim penghujan.

Daerah yang alami musim penghujan mencakup, P. Sumatera, P. Jawa, Bali, NTB, NTT, P. Kalimantan, mayoritas Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi tengah, Sulawesi Barat, mayoritas Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, mayoritas Maluku, mayoritas Papua Barat dan Papua.

Prediksi Curahan Hujan Dasarian Maret II – April I 2022: Pada Maret II – April I 2022 biasanya diprakirakan curahan hujan ada di persyaratan rendah – menengah (0 – 150 mm/dasarian).

Selain berita Sembilan Wilayah di Sulawesi Tengah Rawan Banjir dan Tanah Longsor, baca juga: Pergantian Jitu Luis Milla yang Mengantar Indonesia ke Semifinal

Daerah yang diprakirakan alami hujan kelompok tinggi (>150 mm/dasarian) :

Pada Maret II mencakup NAD sisi barat dan selatan, Sumatera Selatan sisi selatan, Lampung sisi utara, beberapa Jawa Barat, Jawa tengah sisi tengah, Jawa Timur sisi timur, beberapa NTT, Kalimantan Utara sisi timur, Kalimantan Timur sisi barat, Sulawesi Selatan sisi selatan dan utara dan Papua sisi tengah;

Pada Maret III mencakup beberapa Jawa Barat, Jawa tengah sisi tengah, Jawa Timur sisi tengah, Kalimantan Utara sisi selatan, Kalimantan Timur sisi barat, Sulawesi Selatan sisi selatan, Sulawesi tengah sisi tengah dan Papua sisi tengah;

Pada April I mencakup sejumlah kecil Jawa Barat, beberapa NTT, Kalimantan Timur sisi barat, Sulawesi tengah sisi tengah dan Papua sisi tengah.

Selain berita Sembilan Wilayah di Sulawesi Tengah Rawan Banjir dan Tanah Longsor, baca juga: Sulawesi Tengah dan Jawa Timur Jalin Misi Dagang

Prediksi Curahan Hujan Atas 300 mm/bulan untuk Bulan April – September 2022 :

April – Mei 2022: curahan hujan >300 mm/bulan berkesempatan terjadi di Aceh, beberapa Jawa Barat, beberapa Jawa tengah, beberapa Kalimantan Utara, beberapa Kalimantan Timur, dan beberapa Kalimantan tengah, beberapa Sulawesi tengah, beberapa Sulawesi Selatan, beberapa Sulawesi Tenggara dan beberapa Papua.

Juni – Juli 2022: curahan hujan > 300 mm/bulan berkesempatan terjadi di sejumlah kecil Kalimantan Selatan, beberapa Sulawesi Selatan dan Tenggara, beberapa Maluku, beberapa Papua Barat dan Papua.

Agustus – September 2022: curahan hujan > 300 mm/bulan berkesempatan terjadi di beberapa Sumatera Utara dan Sumatera Barat, beberapa Kalimantan Barat dan Kalimantan tengah, beberapa Maluku, beberapa Papua Barat dan Papua. (**)

Selain berita Sembilan Wilayah di Sulawesi Tengah Rawan Banjir dan Tanah Longsor, baca juga: Transaksi Perdagangan Sulawesi Tengah Jawa Timur Sentuh Rp4,3 Trilun

Leave a Reply

Your email address will not be published.