Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Sembilan Rekomendasi Destinasi Wisata di Gorontalo

waktu baca 6 menit

Destinasi Wisata di Gorontalo, ragam sulawesitoday Gorontalo sebuah propinsi yang berada di Pulau Sulawesi. Propinsi Gorontalo dikenali karena sebagai rumah dari Presiden RI ketiga yakni B.J. Habibie. Bila Aceh dikasih panggilan “Serambi Mekah”, karena itu Gorontalo dipanggil “Serambi Madinah”. Hal itu karena jumlahnya masyarakat yang beragama Islam dan penyebaran agama Islam yang cukup semakin makin tambah meluas di Gorontalo dibanding tempat yang lain di Sulawesi.

Propinsi ini mempunyai ibukota yang namanya sama dengan nama provinsinya, yakni Kota Gorontalo. Saat sebelum terciptanya Propinsi Gorontalo, Kota Gorontalo terhitung Propinsi Sulawesi Utara. Kota Gorontalo sebagai salah satunya kota paling tua di Pulau Sulawesi selainnya Kota Makassar dan Manado. Untuk kamu yang berminat untuk berkunjung Gorontalo, berikut referensi tempat wisata buat kamu datangi di Gorontalo.

 

  1. Benteng Otanaha

Benteng yang berada di atas bukit dan menghadap Danau Limboto ini mempunyai 4 biji tempat pelabuhan dan pengunjung perlu naiki 348 buah anak tangga untuk capai Lokasinya benteng. Pengunjung yang mengunjungi destinasi wisata di Gorontalo ini bisa nikmati panorama yang cantik saat capai pucuk benteng.

Kabarnya, Benteng Otanaha dibuat di tahun 1585 oleh Naha, salah satunya anak Raja Ilato dari Kerajaan Limboto. Benteng ini sebagai salah satunya saksi riwayat perjuangan warga Gorontalo saat berperang menantang bangsa Portugis yang memonopoli perdagangan rempah-rempah di Nusantara. Tempat wisata bersejarah di Gorontalo ini sudah diputuskan sebagai cagar budaya semenjak tahun 2011.

Lokasinyanya: Jl. Usman Isa, Dembe, Gorontalo

 

  1. Pulau Saronde

Kamu sukai snorkeling? Karena itu destinasi wisata Gorontalo yang ini tidak bisa kamu terlewat. Untuk kamu yang ingin berekreasi yang dekat sama lautan dan nikmati panorama yang cantik, karena itu Pulau Saronde ialah opsi yang akurat. Bahkan juga, Pulau Saronde kerap disebut sebagai Maldives-nya Indonesia.

Bila kamu ingin snorkeling di lautan Pulau Saronde, karena itu panorama bawah laut yang bisa kamu cicipi ialah bentangan karang yang masih terurus dan ikan-ikan yang berwarna-warna. Disamping itu, kamu akan dimanja dengan pasir pulau yang putih bersih dan air laut warna biru yang jernih. Bila ingin bermalam di Pulau Saronde, karena itu kamu dapat memutuskan untuk kemping atau bermalam di cottage.

Lokasinyanya: Ponelo Kepulauan, Gorontalo Utara, Gorontalo

 

  1. Mushola Walima Emas

Tidak komplet jika kamu tidak berkunjung mushola saat tiba ke “Serambi Madinah”, Gorontalo. Salah satunya mushola unik yang harus kamu datangi ialah Mushola Walima Emas. Destinasi wisata religius di Gorontalo ini dibuat di atas ketinggian ±250 kaki di atas permukaan laut.

Diperjalanan ke arah mushola ini, kamu akan melalui pesisir pantai laut selatan Gorontalo dengan pemandangan yang cantik. Bahkan juga saat kamu naik ke lantai dua dari mushola ini, kamu dapat menyaksikan panorama ke lepas pantai. Hingga, sering pengunjung mendokumentasikan peristiwa dengan latar panorama atau kubah emas dari mushola ini.

Lokasinya: Bongo, Batudaa Pantai, Gorontalo

 

  1. Perkampungan Bajo Torosiaje

Ingin belajar selanjutnya tentang budaya Gorontalo? Tempat wisata di Gorontalo ini tidak bisa kamu terlewat. Perkampungan yang berada di pesisir Teluk Tomini ini sebagai Desa tradisionil yang terapung di atas air. Perkampungan ini ditempati oleh masyarakat dari Suku Bajo asli yang tetap terlindungi orisinalitasnya. Untuk kamu yang ingin ketahui semakin banyak mengenai budaya lokal, karena itu kamu dianjurkan untuk tiba ke Torosiaje.

Disamping itu, karena berada tinggal dekat sama lautan, mata pencarian penduduknya juga berbentuk perikanan. Salah satunya hasil laut ciri khas Desa Torosiaje ialah ikan baronang. Hingga, jika kamu bertandang ke sana, janganlah lupa untuk mencicip kulineran itu ya.

Lokasinya: Perairan Teluk Tomini, Puhowato, Gorontalo

 

  1. Danau Limboto

Salah satunya danau paling besar di Pulau Sulawesi ini tersambung dengan laut dan jadi tempat berkunjung beberapa ribu burung migran saat sebelum ke arah benua lain. Di tempat tempat wisata Gorontalo ini, kamu dapat nikmati panorama di sekitar danau yang cantik, nikmati matahari tenggelam, sewa perahu untuk melingkari danau dan memancing ikan, menyaksikan beberapa nelayan memancing, atau mencicip beragam kulineran dari ikan hasil tangkapan dari Danau Limboto.

Lokasinya: Limboto, Gorontalo

 

  1. Desa Tradisi Bubohu

Bila kamu yang ingin lakukan wisata religius di Gorontalo, karena itu kamu harus berkunjung Desa tradisi ini. Desa Tradisi Bubohu sudah diputuskan oleh Pemerintahan Propinsi Gorontalo sebagai Desa wisata spiritual. Desa ini sebagai pesantren alam yang mana ada santri-santri yang belajar agama Islam. Kekhasan dari Desa tradisi ini ialah model rumah atau pemondokan tradisionil yang kental dengan tradisi budaya Gorontalo. Hingga, sering beberapa pelancong yang tiba berkunjung Desa Tradisi Bubohu ini mendokumentasikan photo di depan pemondokan yang unik.

Lokasinya: Batudaa Pantai, Gorontalo

 

  1. Pantai Botubarani

Berlainan dengan wisata pantai secara umum, ada daya magnet spesial yang cuma dipunyai pantai ini, yakni ada hewan eksotik bawah laut yang dapat kamu jumpai, hiu paus. Hewan ini kerap tiba untuk cari makan di sekitaran Pantai Botubarani pada musim kemarau, jadikan tempat wisata pantai Gorontalo ini populer karena wisata hiu paus nya.

Untuk nikmati wisata hiu paus Botubara, beberapa pengunjung nanti akan memakai perahu yang disiapkan warga sekitaran untuk ke arah laut dan berjumpa dengan hiu paus. Sampai bulan Juni 2018, ada 8 hiu paus yang hidup dalam radius 30 mtr. dari garis Pantai Botubarani.

Lokasinya: Kabila Bone, Bone Bolango, Gorontalo

 

  1. Air Terjun Taludaa

Berada 65 km dari pusat perkotaan Gorontalo, air terjun ini sebagai salah satunya air terjun paling besar di Gorontalo. Air terjun ini mempunyai ketinggian sekitaran 46 mtr. dan lebar lebih kurang 15 mtr.. Beberapa pelancong yang bertandang ke arah tempat wisata di Gorontalo ini perlu jalan sejauh 2 km untuk masuk ke tempat agrowisata yang berada di sekitaran Air Terjun Taludaa.

Tempat agrowisata ini mempunyai tipe perkebunan buah tropis dengan panorama panoramik yang cantik. Karena debet air terjun yang tinggi dan tinggi air terjun yang lumayan tinggi, kamu dianjurkan untuk selalu waspada sepanjang ada di sekitaran air terjun.

Lokasinya: Taludaa, Bone Bolango, Gorontalo

 

  1. Pemandian Air Panas Lombongo

Pemandian Air Panas Lombongo sebagai salah satunya tempat wisata di Gorontalo yang ada di daerah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TN BNW). Sama sesuai namanya, pemandian air panas alami ini mengambil sumber dari mata air panas. Tetapi, antiknya, di pemandian ini ada kolam alami air dingin yang airnya mengambil sumber dari saluran mata air pegunungan sekitaran. Hingga, beberapa pengunjung bisa pilih sama sesuai opsi masing-masing.

Selainnya berbentuk pemandian, teritori ini dikitari oleh panorama yang asri dan situasi perdesaan yang masih terbangun. Bahkan juga, ada banyak acara kesenian tradisionil yang diadakan di teritori pemandian air panas ini.

Lokasinya: Desa Duwono, Suwawa, Gorontalo

 

Beragam keelokan alam yang ada di Gorontalo akan membuat sahabat untuk berwisata ke sana. Selamat berakhir pekan? (WS)

Selain artikel Sembilan Rekomendasi Destinasi Wisata di Gorontalo, baca juga:Disukai Wisatawan, Ini 10 Tempat Wisata Bahari di Sulawesi Tenggara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *