Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Sembilan Efek Uap Vape Jika Terhirup Masuk Paru-Paru

waktu baca 2 menit

Efek Uap Vape, ragam sulawesitodayRokok saat ini menjadi tren bahkan makin mengalami perkembangan. Bahkan, tidak ketinggalan jenis rokok elektrik atau yang lebih dikenali sebagai vape. Jenis rokok ini biasanya disukai oleh anak muda karena dipandang ringan dan “lebih aman”. Benarkah begitu?

Dari penelitian Cleveland Clinic, vape yang dipakai penikmatnya untuk menghisap uap nikotin dan perasa (e-liquid), memiliki kandungan partikel nikotin, perasa, dan zat yang lain tersuspensi pada udara. Perokok mengisap sejumlah partikel ini ke mulut, lalu masuk ke kerongkongan dan masuk paru-paru.

Padahal Vape dan rokok sama mengikutsertakan mengisap nikotin dan zat lain ke paru-paru. Bedanya ialah vape memanasi cairan untuk membuat aerosol dan rokok membakar tembakau yang hasilkan asap.

Mengisap uap vape sama berbahayanya seperti merokok. Partikel uap vape yang terhisap mengakibatkan atau efek infeksi dan bengkak serta iritasi pada paru-paru. Mengakibatkan, paru-paru alami kerusakan seperti jaringan parut dan penyempitan aliran yang dibawa udara masuk dan keluar paru-paru.

efek lain uap vape pada kesehatan pernafasan seperti Asma, jaringan parut pada paru-paru, Obliterans bronchiolitis yang disebabkan karena diacetyl, yakni bahan kimia yang dipakai dalam beberapa perasa hingga Kerusakan organ tubuh lainnya.

Nikotin mengakibatkan kerusakan perubahan otak, tingkatkan tekanan darah, dan mempersempit pembuluh darah.

Cleveland Clinic menyebutkan, jika kerusakan paru-paru karena vape biasanya diikuti dengan batuk, napas sesak, dan ngilu bagian dada. Ketagihan nikotin, Kanker, sedangkan Orang disekitaran terkena nikotin dan bahan kimia beresiko lain karena vape.

Yang lebih parah, jiak terjadi Ledakan pada battery vape yang mengakibatkan cidera serius dan cedera bakar. (WS)

Selain artikel Sembilan Efek Uap Vape Jika Terhirup Masuk Paru-paru, baca juga:Hindari Kebiasaan Menahan Buang Air Kecil

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *