Ini Sejarah Bunga Bangkai, Tanaman Endemik Indonesia

waktu baca 3 menit
Ini Sejarah Bunga Bangkai, Tanaman Endemik Indonesia

Sejarah Bunga Bangkai, sains tekno sulawesitoday – Bunga bangkai sebagai salah satunya kekayaan hayati yang dipunyai Indonesia dan flora endemik Sumatera. Bagaimana sejarah bunga bangkai dan penemu tanaman asli Indonesia ini?

Bunga bangkai ialah flora endemik Sumatera yang sering disetarakan dengan padma raksasa, Raflesia arnoldi. Kenyataannya, kedua flora yang tumbuh di rimba tropis ini sebagai dua spesies yang lain.

Argumen bunga bangkai disetarakan dengan bunga Raflesia arnoldi, karena ke-2 bunga itu sama keluarkan berbau busuk dan mempunyai ukuran yang besar.

Diambil dari Live Science, Senin 21 November 2022, bunga bangkai mempunyai nama latin Amorphophallus titanium, juga dikenal sebagai titan arum, berbau yang paling busuk dan akan mati saat mekar.

Asal bunga bangkai ialah di rimba hujan Sumatera Barat, Indonesia. Walau tumbuh di cuaca tropis dan tumbuh di komunitas aslinya di teritori rimba Sumatera, tetapi, daya magnet bunga ini membuat beberapa periset coba tumbuhkan di luar komunitasnya.

Lalu, bagaimana sejarah bunga bangkai diketemukan dan siapakah penemu tanaman asli Indonesia ini?

baca juga: Cerita Gol Jack Grealish untuk Penyandang Celebral Palsy

Tanaman asli Indonesia ini terancam tercatat sebagai spesies hampir musnah dalam Daftar Merah Tanaman Terancam Musnah di International Union for Conservations of Nature (IUCN).

Diambil dari Rimba Kita, Amorphophallus titanium atau bunga bangkai ialah tanaman memiliki ukuran raksasa yang berasal atau tumbuh di rimba hujan Pulau Sumatera.

Selain artikel Sejarah Bunga Bangkai, simak juga: Habitat Kambing Gunung Di mana?

Penemu bunga bangkai, flora sangat jarang endemik Sumatera ini ialah Dr. Odoardo Beccar, seorang periset asal Italia di tahun 1878. Bunga bangkai ini diketemukan disekitaran air terjun Lembah Anai, Sumatera Barat.

Hasil penemuan bunga endemik Sumatera yang unik ini juga mengundang perhatian beberapa periset, bukan hanya di Indonesia, tapi juga dari beragam negara di dunia.

Kekhasan bunga bangkai endemik Pulau Sumatera itu juga ditelaah di rumah kaca. Untuk beberapa periset, bunga bangkai Indonesia ini mempunyai kekhasan dari wujud, ukuran dan wewangian bunga yang memikat buat ditelaah.

Beragam usaha sudah dilaksanakan untuk coba tumbuhkan bunga bangkai ini di luar komunitasnya, rimba hujan Sumatera. Satu diantaranya, dilaksanakan beberapa periset di Pusat Pelestarian Kebun Raya Bogor, Instansi Pengetahuan Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Seperti dikutip dari Live Science, bunga bangkai yang pertama kalinya mekar di luar Sumatera ialah di Kew Gardens, Inggris di tahun 1889. Menurut Royal Botanic Garden Edinburgh, semenjak diketemukan Beccari, tumbuhan bau busuk ini sudah membuat beberapa pakar ingin tahu.

Perjalanan sejarah bunga bangkai dan usaha pelestarian tanaman unik ini selalu dilaksanakan, ingat tanaman endemik Sumatera, Indonesia ini sebagai salah satunya spesies hampir musnah dalam perincian merah IUCN. (rf)

Selain artikel Sejarah Bunga Bangkai, simak juga: Parigi Moutong Dorong Kawasan Ekonomi Khusus di Teluk Tomini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *