Ini Sebutan Lain Ikan Dewa dari Beragam Daerah

waktu baca 3 menit
Ini Sebutan Lain Ikan Dewa dari Beragam Daerah

Sebutan lain ikan dewa, sains sulawesitoday – Ikan Dewa ialah spesies ikan air tawar yang dapat dijumpai di beberapa daerah perairan darat di Indonesia. Walau ikan ini terkenal bernama ikan Dewa, rupanya di sejumlah wilayah, ikan Dewa punyai banyak sebutan.

Ikan yang memiliki nama latin Tor sp ini mempunyai beragam panggilan di beberapa wilayah.

Komunitas ikan tor ini banyak juga dijumpai di beberapa daerah saluran sungai di teritori penggunungan.

Penyebaran ikan tor atau ikan Dewa ini tidak cuma di Indonesia, tetapi juga di beberapa negara di Asia, khususnya di Asia Tenggara.

BACA JUGA: Lima Perbedaan Iguana dan Bunglon

Seperti diambil dari BPSDMKP Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) edisi 30 April 2021, ikan tor memiliki banyak sebutan.

Di Jawa Barat, ikan Dewa dikenali sebagai ikan Kancra. Bahkan juga, ikan Dewa di Cibulan, Kuningan, dipandang seperti ikan sakral.

Di Jawa tengah, ikan Dewa lebih dikenali sebagai ikan Tombro, sementara di Sumatera, warga lebih mengenalinya sebagai ikan Semah.

Ikan Dewa antara warga Batak, dikenali sebagai ikan Batak. Ada juga yang mengatakan sebagai ikan Curong, ikan Lempon, ikan Ihan, ikan Sepan, ikan Kelah,, ikan Masheer dan ikan Torsoro.

Selain informasi sebutan lain ikan dewa, baca juga: Habitat Burung Kakatua Ada Di mana Saja?

Beberapa pengkajian ilmiah menyebutkan jika ada empat tipe ikan Dewa atau ikan Tor. Keempat tipe ikan itu di antara lain Tor tambroides, Tor tambra, Tor soro dan Tor douronensis.

Walau disebutkan mempunyai empat tipe atau varietas, tetapi tetap dibutuhkan pengkajian selanjutnya mengenai kategorisasi ikan Dewa ini.

Ikan Dewa di Indonesia bisa ditemui di beberapa sungai yang mempunyai saluran yang deras, dan umumnya di daerah pegunungan.

Penyebaran ikan Dewa atau ikan tor ini di Indonesia di antara lain di Kalimantan, Sumatera dan Jawa.

Perkembangan ikan Dewa condong lamban Perkembangan ikan Dewa condong lebih lamban dibanding tipe ikan air tawar yang lain.

Tetapi di alam liar, ikan Dewa yang dikenal juga sebagai ikan Tombro atau ikan Masheer ini bisa tumbuh lumayan besar. Ukuran badannya dapat capai lebih dari 1 Meter dengan berat capai lebih dari 30 Kg.

Perkembangannya yang condong lamban, dalam budidaya ikan Dewa, agar bisa capai ukuran konsumsi, minimal dibutuhkan waktu lebih dari satu tahun.

Ikan Dewa jadi sisi penting dalam tiap perayaan Tahun Baru China atau Imlek. Ikan air tawar itu adalah hidangan khusus warga Tionghoa tiap Imlek.

Bahkan juga, saat perayaan ini, harga ikan Dewa bisa capai jutaan rupiah.

Selain informasi sebutan lain ikan dewa, baca juga: Ilmuwan Temukan Aplikasi Perpesanan Komunikasi Bawah Air

Rekomendasi

0
Makanan Kuda Nil Apa Saja?
0
Lima Perbedaan Iguana dan Bunglon

Leave a Reply

Your email address will not be published.