Rumus Medan Magnet dan Contoh Soalnya

waktu baca 3 menit
Rumus Medan Magnet dan Contoh Soalnya. (Foto: rumusdasar)

Rumus Medan Magnet, edukasi sulawesitoday Medan magnet ialah deskripsi yang kerap dipakai untuk merepresentasikan seperti apakah style magnet terbagi di antara sebuah benda bermagnet atau daerah disekitaran benda bermagnet itu. Lalu seperti apakah rumus medan magnet itu dan bagaimanakah cara hitungnya? Kita akan membahas ulasannya selengkapnya berikut ini.

Magnet memiliki dua kutub di mana jika didekatkan dua magnet karena itu bisa terjadi tarik-menarik atau tolak menampik bergantung kutub yang mana didekatkan. Selain itu, style tarik-menarik atau tolak menampik memiliki batasan capaian disekitaran magnet yang tidak bisa disaksikan. Medan magnet dapat menggambarkan bagaimana style yang tidak kelihatan pada sekitaran magnet. Dalam rumus medan magnet akan diterangkan selengkapnya bagaimana besarnya medan magnet yang terdapat.

 

  • Pengukur dan Rumus Medan Magnet

Medan magnet ialah besaran vector, hingga ada dua faktor dalam menghitung medan magnet yakni arah dan besarnya. Agar bisa menghitung arahnya, sahabat dapat memakai kompas magnet. Jika kompas ditempatkan disekitaran medan magnet ,karena itu jarum kompas akan ikuti arah medan magnet di titik itu.

Dalam rumus medan magnet, besarnya medan magnet dilambangkan dengan huruf B. Sama sesuai mekanisme internasional, besarnya memiliki unit dengan Tesla atau T. Ini diambil dari nama Nikola Tesla. Tesla diartikan jadi berapakah besar style medan magnet misalkan kulkas kecil menghasilkan medan magnet sebesar 0,001 T.

Rupanya kita dapat membuat medan magnet tanpa magnet, yakni dengan mengairi arus listrik. Jika arus listrik disalurkan melalui kabel kita dapat memperoleh dua jenis peristiwa. Semakin besar saluran arus listrik pada kabel, karena itu makin bertambah besar medan magnet yang dibuat. Begitu sebaliknya.

 

Sama sesuai hukum ampere, kita dapat hitung medan magnet yang dibuat dengan rumus:

Dari rumus itu didapat info jika l ialah besarnya arus listrik, r jarak kabel dan ialah konstanta permeabilitas. Hingga didapat rumus seperti berikut:

()

Supaya kita dapat ketahui arahnya, kita dapat menggunakan konsep tangan kanan ibu jemari jadi arah saluran listrik dan jemari yang lain memperlihatkan arah medan magnet yang berada di sekitaran kabel.

Bila arus listrik ada di telapak tangan kanan dan jarum magnet mengucur dari pergelangan tangan ke ujung jemari, karena itu kutub utara jarum sekitar ke ibu jemari. Seterusnya jika arus listrik arahnya dari pergelangan tangan kanan ke ibu jemari, karena itu arah melingkar nya jemari tangan mengatakan range kutub utara. Langkah untuk tentukan medan magnet bila arah pergelangan tangan ke arah ibu jemari arah melingkar jemari tangan, tersebut yang mengatakan medan magnetnya.

 

  • Contoh Soal

 

 

Jika sebuah kabel dengan saluran arus listrik ditaruh di dekat kompas magnet, karena itu berapakah besar arus listrik yang dibutuhkan untuk menghapus medan magnet bumi pada kompas. Hingga kompas tidak berperan. Anggapan medan magnet bumi sebesar

Maka Jawabannya:

Dengan menggunakan rumus medan magnet yakni :

Dapat dicari besar arus listrik

Diketahui jarak kompas ke kabel 0,05 m hingga didapatkan

Ini dapat dilakukan dengan menggunakan aturan tangan kanan yang perlu tempatkan ibu jemari ke bawah. Agar jari-jari lain memiliki arah bersimpangan dengan medan magnet kompas. Dengan begitu, arah arus harus dapat tembus ke arah monitor atau kertas dan menjauhi dari kita.

Dengan ketahui rumus medan magnet itu, pasti sahabat tidak kebingungan kembali bila temukan masalah yang terkait dengan medan magnet. Semua keterangan dan ulasan masalah telah dibagi dengan jelas. Semoga menambah pengetahuan sahabat. (WS)

Selain artikle Rumus Medan Magnet dan Contoh Soalnya, baca juga:Rumus Kimia Urea dan Pemanfaatannya Dalam Kehidupan

Author Profile

Wiwin Susanti
Wiwin merupakan lulusan sarjana yang sedang menetap di Kota Palu. Selama beberapa tahun terakhir, ia mengeksplor jenjang karirnya sebagai penulis dan ahli di bidang kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *