Rumus Kimia Lemak Dari Reaksi, Struktur Hingga Sifat-sifatnya

waktu baca 3 menit
Rumus Kimia Lemak Dari Reaksi, Struktur Hingga Sifat-sifatnya. (Foto: rumusdasar)

Rumus Kimia Lemak, edukasi sulawesitoday Salah satu jenis molekul yang tidak kalah pentung yakni lemak. Lemak ini sebagai pembentuk makhluk hidup. Rupanya lemak sebagai jenis senyawa kimia dan memiliki rumus kimia. Nah, simak di bawah ini:

 

Rumus Kimia Lemak

Lemak ada dengan alami dalam sebuah makanan dan memiliki peranan yang penting pada transisi hidup sel. Jenis lemak ini sebagai salah satunya senyawa penyimpan energi dalam beragam makhluk hidup. Dalam pengetahuan kimia, lemak ini bisa dikenali dengan senyawa lipida yang tidak bisa terlarut oleh air.

Asam lemak sebagai jenis senyawa hidrokarbon rantai panjang yang dari asam karboksilat. Lemak ini tercipta di saat tiga molekul asam lemak itu bereaksi dengan griserol. Selanjutnya lemak reaksi itu hasilkan trigliserida. Trigliserida ini sebagai wujud senyawa sebagai penyimpan lemak pada tubuh makhluk hidup.

Jadi dari keterangan di atas, rumus lemak yakni terhitung dalam sebuah golongana sam karboksilat. Di mana lemak itu memiliki kandungan gugusan COOH yakni salah satunya asam butanoat. Asam butanoat (CH3(CH2)2COOH) adalah contoh asam lemak rantai pendek yang ada pada sebuah mentega. Contoh yang lain yakni pada asam lemak Panjang:

Secara umum rumus kimia dari asam lemak ini bisa dipersingkat seperti C18:2 memakai angka 18 yang memperlihatkan jumlah rantai karbon. Dan untuk 2 yakni memperlihatkan jumlah rantai double (=) dalam rumus kimia lemak. Selain kedua contoh itu karena itu minimal ada 40 jenis asam lemak alam di alam itu.

 

Lemak Jenuh dan Lemak Tak Jenuh

Di dalam sebauh tayangan Televisi banyak beragam iklan jika produk minyak goreng memiliki kandungan jenis lemak tak jenuh.

Lemak jenuh ini sebagai salah satunya jenis lemak yang dalam Struktur kimia memiliki ikatan karbon tunggal. Karena lemak ini tidak ada ikatan rantai double dalam Strukturnya. Hingga mengakibatkan lemak ini sulit untuk diperpecah dan dirinci dalam tubuh. Berikut yang bisa menyebabkan jenis lemak jenuh jelek untuk kesehatan badan

Dan untuk lemak tak jenuh memiliki pemahaman kebalikannya. Lemak ini yang pada Struktur kimianya memiliki ikatan yang rangkap. Hingga jenis lemak itu bisa diperpecah dan dirinci oleh tubuh hingga jadi sebuah energi.

 

Reaksi Pada Lemak

– Hidrogenasi

Hidrogenasi sebuah reaksi kimia di antara lemak dan tambahan hidrogen.

– Saponifikasi

Reaksi Saponifikasi ini sebagai reaksi yang paling populer di dunia karena sebagai proses pembikinan sabun. Jenis reaksi ini saat ini masih dipakai sampai sekarang ini.

 

Struktur dan Sifat-sifat Lemak

Lemak sebagai satu ester alam yang dari tumbuhan dan hewan. Jenis lemak yang dari tanaman yakni disebutkan dengan minyak. Dan minyak dari hewan yakni datang dari minyak ikan. Lemak dan minyak ini bisa dikelompokkan ke sebuah barisan lipid. Kandungan kimia pada lemak dan minyak ini sama, tetapi bentuknya berlainan.

Lemak                                                          Minyak

◦ Padat Pada Temperatur Kamar                ◦ Cair pada suhu kamar

◦ Mengandung asam lemak jenuh            ◦ Mengandung asam lemak tak jenuh

◦ Banyak Terdapat dalam hewan               ◦ Banyak terdapat dalam tanaman

 

Lemak dan minyak ini tercipta dari sebuah gliserol dan beragam asam lemak. Gliserol ini sebuah alkohol yang memiliki tiga gugusan dari peranan hidroksil. Asam lemak sebagai jenis asam kaboksilat yang memiliki rantai panjang.

Lemak dan minyak ialah sebuah ester karena dibuat lewat sebuah reaksi esterifikasi di antara alkohol dan asam karboksilat. (WS)

Selain artikel Rumus Kimia Lemak Dari Reaksi, Struktur Hingga Sifat-sifatnya, baca juga:Penjelasan dan Rumus Kimia Tembaga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *