Rekening Pemda Semakin Gemuk, Capai Rp203 Triliun

waktu baca 2 menit
Rekening Pemda Semakin Gemuk

Rekening Pemda Semakin Gemuk, berita ekonomi sulawesitodaySecara keseluruhan dana di rekening Pemerintah daerah (Pemda) 2022 terendap di bank senilai Rp203,42 Triliun. Kondisi itu sangat mengejutkan dibanding 2021, bahkan jumlah itu naik Rp24,47 triliun atau 13,67 persen.

“Belanja daerah masih tertahan, kondisi ini meningkat cukup tajam hingga capai Rp203,42 Triliun,” sebut Menkeu Sri Mulyani, Senin 26 September 2022.

Sri Mulyani menjelaskan, Agustus 2021 dana Pemda di Perbankan sekitar Rp178,95 Triliun. Ini tentunya memiliki arti, di seluruh Pemda mempunyai anggaran atau uang lumayan besar di Perbankan sampai Agustus.

Seperti di Daerah Jawa Timur misalnya, alami peningkatan paling tinggi berkaitan dana Pemda terendap di Bank.

Selain berita Rekening Pemda Semakin Gemuk, Capai Rp203 Triliun, baca juga: Anggaran Rp95 Triliun Dukung Ketahanan Pangan Nasional 2023

Sementara berdasar Provinsinya, daerah dengan simpanan paling besar yaitu DKI Jakarta dengan keseluruhan Rp10,94 Triliun. Sementara yang paling rendah yaitu Propinsi Kepulauan Riau senilai Rp245,26 Miliar.

Dengan masih tingginya saldo dana Pemda di Perbankan, Menkeu Sri Mulyani memastikan disebabkan karena belum maksimalnya aktualisasi berbelanja daerah.

Disamping itu ada peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD) sejumlah 6,4 persen dan retribusi sejumlah 21,2 persen yang mampu menambahkan kas Pemda.

Sri Mulyani menegaskan, pihaknya akan mendorong seluruh Pemda untuk menuntaskan APBD secara akuntabel dan sesuai target. Hingga ekonomi di wilayah terus akan bertambah dan tumbuh. (WS)

Selain berita Rekening Pemda Semakin Gemuk, Capai Rp203 Triliun, baca juga: Suku Bunga Naik, Bersiap Angsuran Semakin Mahal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *