Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Quartararo Akui Kualitas Razgatlioglu Mampu Berkompetisi MotoGP

waktu baca 3 menit
Quartararo Akui Kualitas Razgatlioglu Mampu Berkompetisi MotoGP

Quartararo akui kualitas Razgatlioglu, sulawesitoday sportsFabio Quartararo bintang Yamaha tak ragu kualitas juara dunia WSBK Toprak Razgatlioglu, yang baru saja ini mengetes YZR-M1. Menurut El Diablo, pembalap asal Turki itu mempunyai kemampuan untuk berkompetisi di MotoGP.

Toprak Razgatlioglu belum berpindah ke MotoGP tahun depannya. Ini sudah diverifikasi oleh manager sang pembalap, kenan Sofuoglu. El Turco mempunyai kontrak dengan Yamaha sampai akhir 2023 kedepan.

Tetapi, karena bangku tim pabrikan Iwata untuk musim depan telah diisi Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli, Razgatlioglu tak mempunyai slot kosong, yang cuma ingin perkuat team khusus di MotoGP.

Baca juga: Paolo Ciabatti Sebut Pembalap Ducati Harus Stabil

Quartararo turut membuka suara berkenaan kekuatan Razgatlioglu. Sebagai juara dunia MotoGP dan bintang Yamaha, pasti penglihatan El Diablo benar.

“Ia (Razgatlioglu) pembalap yang paling berpotensi menurut saya. Itu terang (kelihatan) dari style berkendaranya, bagaimana ia tangani motor pada batasannya. Saya ingat tindakan pengamanannya di WSBK Estoril, di chicane paling akhir. Saya berpikir ia mempunyai apa yang dibutuhkan seorang pembalap untuk gabung ke MotoGP,” ucapnya.

Quartararo Akui Kualitas Razgatlioglu Mampu Berkompetisi MotoGP
Quartararo Akui Kualitas Razgatlioglu Mampu Berkompetisi MotoGP

Dengan Yamaha R1 yang digasnya di Kejuaraan Dunia Superbike WSBK, El Turco memberikan deskripsi fantastis mengenai kwalitasnya. Tidak ada rider yang lain bisa tangani motornya secara mudah.

Sudah pasti tipe MotoGP benar-benar berlainan dengan motor WSBK. Tetapi, bila mengarah di hasil test pertamanya di Aragon 2 minggu kemarin, Quartararo yakini Razgatlioglu sanggup cepat menyesuaikan.

Selain berita Quartararo akui kualitas Razgatlioglu, baca juga: Yamaha Rekrut Eks Enginer Ferrari Atasi Masalah Mesin YZR-M1

“Terang, MotoGP narasi yang serupa sekali berlainan dari Superbike. Pada test Aragon, ia ketahui bila itu ialah motor yang lebih kaku dan susah untuk dikemudikan.Tapi bila ia mempunyai motivasi yang bagus, karena itu saya berpikir ia akan sanggup jadi rider yang cepat sekali di MotoGP,” tuturnya.

Namun, peralihan Razgatlioglu tidak bisa terjadi dalam kurun waktu dekat. Minimum, dia dapat berpindah ke MotoGP pada 2024. Yang jelas, El Turco cuma ingin berkompetisi di gelaran Grand Prix dengan team pabrikan.

Baca juga: Dua Pembalap Kesulitan Musim Debut Di MotoGP Bersama Tech3

“Kami bisa berbicara dengan merk apa saja, team MotoGP mana saja pada 2024 (karena kontrak di Yamaha habis akhir 2023). Tapi, bila Toprak tiba ke paddock MotoGP, itu cukup dengan team pabrikasi,” tegas Sofuoglu.

Quartararo Akui Kualitas Razgatlioglu Mampu Berkompetisi MotoGP
Quartararo Akui Kualitas Razgatlioglu Mampu Berkompetisi MotoGP

Ia mengatakan, tanpa itu, ia akan bertahan di dalam World Superbike. Ia akan tempatkan rider di team pabrikan.

Dalam test Aragon, Toprak Razgatlioglu menyantap 40 lap di atas M1. Sesionnya usai bisa lebih cepat karena keadaan cuaca yang jelek. Walau waktu catatannya tidak dilaunching Yamaha, El Turco senang dengan pengetesannya.

“Keseluruhannya, itu ialah test yang paling positif, bahkan juga walaupun hujan sore hari ini membuat lebih singkat dan saya tidak dapat lakukan lap sekitar yang saya ingin. Saya benar-benar nikmati memakai motor MotoGP. Maka, terima kasih banyak ke Yamaha telah memberi saya peluang,” pungkasnya. (fkr)

Selain berita Quartararo akui kualitas Razgatlioglu, baca juga: MotoGP Jerman: Quartararo Juara Baru di Sirkuit Sachsenring

Leave a Reply

Your email address will not be published.