Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Program Pro Warga Kembali Masuk di RKPD Parigi Moutong 2023

waktu baca 2 menit
Program Pro Warga Kembali Masuk di RKPD Parigi Moutong 2023 (Foto: Diskominfo Parigi Moutong)

Berita parigi moutong, sulawesitoday – Sebagai bentuk komitmen, program pro warga kembali masuk di Rencana Kerja Pemerintah Daerah atau RKPD Parigi Moutong 2023.

“Program itu untuk meningkatkan kesejahteraan warga,” ungkap Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Parigi Moutong, Irwan, saat uji publik RKPD 2023, Rabu 26 Januari 2022.

Ia mengatakan, Pemda mendorong komitmen program pro warga agar mengedepankan kepentingan umum.

Pemda selama ini senantiasa mengedepankan program bermanfaat bagi orang banyak atau pro warga.

Pemda memulai program dengan rancangan awal RKPD Parigi Moutong 2023. Kesamaan persepsi agar kegiatan di masukkan ke dalam program berkualitas, tepat sasaran serta efisien.

Selain Program Pro Warga Kembali Masuk di RKPD Parigi Moutong 2023, baca juga: Pemda Serahkan Bantuan Hibah untuk UMKM Poso

“Setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) agar dapat mengakomodasi program itu,” tuturnya.

RKPD kata dia, menjadi acuan Pemda dalam menyusun setiap kegiatan tahunan. Sesuai dengan arah pembangunan terjabar dalam visi dan misi.

Program terjabarkan dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Parigi Moutong.

“Rancangan awal RKPD sudah di bahas,” sebutnya.

Rencananya, pada Februari 2022 dilaksanakan musrenbang tingkat kecamatan. Dan Maret di Minggu keempat dilaksanakan musrenbang tingkat kabupaten agar perencanaan 2023 tersajikan tepat waktu.

Ia memaparkan, dalam perencanaan berbagai program dimasukkan tentunya berbagai kegiatan.

Diharapkan masing-masing OPD lebih memprioritaskan kegiatan berdampak langsung kepada warga sebagai mana esensi pemerintah sebagai pelayan publik.

“2023, Pemda juga bakal siapkan tahapan pembahasan dana Pilkada. Sebab, masa jabatan kepala dan wakil daerah saat ini berakhir pada 2023,” ucapnya.

Selain itu, termasuk penyusunan rencana kerja pemerintah jangka panjang juga akan dilaksanakan di tahun depan.

“Perencanaan ini berkesinambungan dengan program sebelumnya hingga tahun berikutnya. Agenda perencanaan ini cukup padat,” ucap Irwan.

Ia menambahkan, penyusunan RKPD diupayakan selesai di Bulan Juni mendatang. Dan dilanjutkan dengan pembahasan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara (KUA-PPAS) sebagai rencana kebijakan umum anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD).

“Jadwal dan tahapan penyusunan kebijakan pemerintah khususnya menyangkut rencana kerja, sudah tersistem. Oleh karena itu kami mengupayakan agenda-agenda yang sudah ada dapat berjalan sesuai dengan rencana, dan tentunya apa yang telah tertuang dalam visi-misi kepala daerah wajib dijalankan serta dituntaskan,” tutupnya.

Selain Program Pro Warga Kembali Masuk di RKPD Parigi Moutong 2023, baca juga: Poso Luncurkan Program Unggulan Kesehatan Gratis

Laporan: Muhammad Rafii

Leave a Reply

Your email address will not be published.