Dinas K-UMKM Promosikan Produk Parimo Berbahan Sagu di HPS

waktu baca 2 menit
Dinas K-UMKM Promosikan Produk Parimo Berbahan Sagu di HPS

Berita Parigi Moutong, sulawesitoday – Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Parigi Moutong (Parimo), Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng) promosikan dua Produk Parimo Berbahan Sagu pada Hari Pangan Sedunia (HPS) Oktober 2022 mendatang.

“Produk Parimo Berbahan Sagu yang akan kami promosikan berupa kue-kue dan gula merah berbahan dasar sagu akan ditampilkan nanti,” ungkap Kadis Koperasi dan UMKM Parimo, Sofiana, ditemui Senin 29 Agustus 2022.

Ia mengatakan, untuk mendukung promosi tersebut pihaknya bersama PKK Kabupaten dan dinas PTHP, melaksanakan pelatihan pengelolaan sagu bagi para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang wilayahnya memiliki tanaman sagu.

Pelatihan tersebut ditargetkan pada bulan September nanti dari tanggal 9 hingga 15, menghadirkan pelatih berpengalaman pada bidang kuliner yang memberikan materi serta pengalaman mereka dalam pengelolaan sagu seng bahan dasar.

“Untuk itu UMKM Parimo siap melaksanakan pameran dan mempromosikan sagu di HPS,” jelasnya.

BACA JUGA: Ratusan Hektare Sawah Petani Parigi Selatan Terancam Banjir

Seperti di wilayah Moutong, Bolano, Ongka Malino, Tinombo, Ampibabo dan Sausu. Mengikutkan sebanyak 25 orang mengikuti pelatihan yang dipusatkan di Kecamatan Tinombo Selatan sebagai tempat pelaksanaan HPS.

“Kami akan melatih mereka, sehingga dapat membuat produk yang berbahan sagu untuk di pamerkan, sebab olahan itu akan dicicipi tamu baik dalam dan luar negeri,”ungkapnya.

Menurut dia, bahan tersebut menjadi produk unggulan dalam HPS, maka diperlukan upaya untuk memasyarakatkan sagu sebagai pengganti beras, sehingga menjadi bahan pokok dalam pemenuhan gizi setiap harinya.

Agar kata dia, sagu tidak hanya dijadikan jenis makanan seperti dange, kapurung dan lainnya. Pihaknya menargetkan olahan sagu bisa masuk dalam bursa pasar moderen.

“Tidak hanya kue-kue dan gula merah saja, tetapi dibuat menjadi kerupuk dan produk-produk lainnya yang dapat di pasarkan,” pungkasnya. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published.