Ekonom Prediksi Inflasi Bisa Tembus 7% Kuartal IV 2022

waktu baca 2 menit
Ekonom Prediksi Inflasi Bisa Tembus 7% Kuartal IV 2022

Prediksi inflasi kuartal IV, berita ekonomi sulawesitoday Pakar ekonomi UOB Indonesia Enrico memprediksi, inflasi bisa menembus diangka 7 persen pada kwartal IV/2022 atau pada Desember mendatang. Peningkatan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) menjadi salah satu di antara pergerakan inflasi inflasi.

Ekonom UOB Indonesia Enrico Tanuwidja menjelaskan, jika tren peningkatan inflasi memiliki potensi yang terus berlanjut sampai akhir tahun ini. Jika inflasi dapat naik sampai di angka 7%, dari status paling akhir pada Agustus 2022 di 4,69%.

“Bisa saja inflasi akan naik pada kwartal IV/2022, sekitar 7 persenan. Bank Indonesia sudah menyampaikannya,” sebut tutur Enrico, Kamis 29 September 2022.

Selain berita Prediksi inflasi kuartal IV, baca juga: Kementerian PUPR dan BPJT Bakal Naikkan Tarif Tol

Enrico menyebutkan, masalah lain yang terus terjadi mulai dari harga pangan dan beberapa keperluan mingga BBM merupakan pemicu utama. Meski demikian, Enco yakini jika pada tahun-tahun bisa terjadi normalisasi inflasi, yaitu kembali lagi ke bentangan 4 persen – 4,1 %.

Pengurangan pergerakan inflasi bisa terjadi sebelum The Fed usai meningkatkan suku bunganya, hingga keadaan ekonomi tahun dapat meningkat cukup berkurang. Adapun, UOB memprediksi kemajuan ekonomi kwartal III/2022 hanya dapat mencapai 5,4%, dan selama setahun dalam bentang 4,8-5%. Bila angka itu terwujud, kinerja ekonomi Indonesia kembali ke tren saat sebelum wabah, yaitu perkembangan di atas 5%. (WS)

Selain berita Prediksi inflasi kuartal IV, baca juga: Pengamat: Larangan Ekspor Gandum Bisa Picu Inflasi Indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *