BMKG: Hujan Lebat Potensi Tersebar di Sejumlah Provinsi

waktu baca 2 menit
BMKG: Hujan Lebat Potensi Tersebar di Sejumlah Provinsi

Potensi hujan lebat BMKG, berita sulawesitodayBadan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengingatkan warga untuk siaga akan potensi hujan lebat yang bisa dibarengi kilat dan angin ribut di beberapa propinsi, Rabu 10 Agustus 2022.

Dalam mekanisme peringatan awal cuaca, BMKG memprakirakan daerah yang mempunyai potensi alami hujan dengan intensif sedang sampai lebat yang bisa dibarengi petir dan angin ribut, seperti pada Bangka Belitung, Bengkulu, DKI Jakarta, Gorontalo, Jambi, Jawa Barat, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, Lampung, dan Maluku.

Baca Juga: Resmi Dibuka, Ini Syarat Daftar Ketum KONI Parigi Moutong

Disamping itu, di Papua, Papua Barat, Riau, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara, Sulawesi Utara, dan Sumatra Selatan.

Awalnya, BMKG lewat Jakarta Tropical Cyclone Warning Center memprakirakan bibit siklon tropis 97W akan memengaruhi tinggi gelombang di Laut Natuna.

Selain berita hujan lebat potensi tersebar di sejumlah provinsi, baca juga: BMKG Keluarkan Peringatan Banjir dan Tanah Longsor di Sulawesi Tengah

“Imbas tidak langsung di dalam 24 jam ke depan bibit 97W pada keadaan cuaca di Indonesia berbentuk tinggi gelombang laut 1,25 – 2,5 mtr. di Laut Natuna Utara, Laut Natuna, Perairan Kepulauan Karimata, Selat Karimata,” tutur Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto.

Bibit siklon tropis 97W sekarang ini terlihat di Laut China Selatan samping Timur Vietnam tepatnya di seputar 15,9 LU dan 112,1 BT, dengan kecepatan angin maksimal 30 knot dan penekanan udara minimal 998 mb.

Mekanisme ini diprediksi akan bertambah kekuatannya di dalam 24-48 jam di depan bersamaan pergerakannya ke utara-timur laut secara perlahan-lahan.

“Kekuatan mekanisme untuk tumbuh jadi siklon tropis di dalam 24 jam di depan ada dalam kelompok tinggi,” tutupnya. (rf/**)

Baca juga: Update Cuaca Sulawesi Tengah, BMKG: 3 Wilayah Siaga Hujan Lebat

Leave a Reply

Your email address will not be published.