Polri Kerahkan Dokter hingga Ambulans Bantu Korban Gempa Cianjur

waktu baca 2 menit
Polri Kerahkan Dokter hingga Ambulans Bantu Korban Gempa Cianjur

Polri Bantu Korban Gempa Cianjur, berita sulawesitodayTim dari Pusat Kedokteran dan Kesehatan (Pusdokkes) Polri turut di turunkan dalam penanganan musibah alam gempa bumi di Cianjur, Jawa Barat.

Keseluruhannya, 54 personil Pusdokkes Polri pergi ke lokasi gempa di Cianjur.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menjelaskan, tim Pusdokkes Polri diturunkan untuk menolong korban gempa di Cianjur.

“Tim Kesehatan dari Pusdokkes Polri dan Rumah Sakit Bhayangkara dan Dokkes Polda Jawa Barat di hari Selasa, 22 November 2022 jam 07.00 WIB pergi tempat musibah gempa bumi di Cianjur,” kata Dedi dalam informasi tertulisnya, Rabu 23 November 2022.

Dedi juga menguraikan 54 personil Tim Pusdokkes yang diturunkan terbagi dalam 14 personil datang dari Pusdokkes Polri. Mereka yaitu 7 dokter, 5 perawat dan petugas non klinis sekitar 2 personil.

Dari Rumah Sakit Bhayangkara sekitar 10 personil yang di turunkan terbagi dalam 4 dokter specialist, 4 perawat dan dua orang non klinis.

Selain berita Polri Bantu Korban Gempa Cianjur, simak juga: KONI Parigi Moutong Bersiap Ikut Porprov Banggai

“Dari Biddokkes Jawa Barat ada 21 personil yang terbagi dalam 3 Dokter specialist forensik, satu Dokter specialist radiologi kedokteran gigi, 3 dokter umum, 3 perawat, 1 apoteker dan sembilan orang non klinis,” ucapnya.

Dan dari RS Bhayangkara Setukpa diturunkan 6 dokter umum, 8 perawat dan 4 tenaga non klinis.

Selain personil, ada 10 ambulans yang dikeluarkan untuk menolong pengatasan korban dan 2 mobil ganda cabin dari Biddokes Polda Jawa Barat.

“Adapun nanti akan dibuat posko kesehatan di Pendopo Kabupaten Cianjur sebagai pusat kritis, lalu di RS Bhayangkara Cianjur, RSUD Sayang Cianjur, RSUD Cimacan Cipanas dan beberapa titik yang lain berdasarkan keperluan servis kesehatan,” katanya.

Dedi menjelaskan, tim Dokkes akan memaksimalkan kamar operasi, perbanyak daya tampung pasien dengan menambahkan tenda, menambahkan dokter specialist orthopedi dan anak.

“Lalu melakukan aktivitas ke kantong-kantong evakuasi dan lawatan service kesehatan, lakukan penyelamatan pasien, lakukan koordinir kelanjutan ke BPBD dan Dinkes dan lembaga berkaitan dan menginventarisasi keperluan Rumah Sakit Bhayangkara Cianjur dalam rencana pengatasan korban,” tutupnya. (rf)

Selain berita Polri Bantu Korban Gempa Cianjur, simak juga: Ini Penjelasan Gempa Kerak Dangkal di Cianjur

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *