Polisi Tangkap Pembuat Surel Penipuan Undangan Pernikahan di Sulsel

waktu baca 2 menit
Foto: charlesdeluvio. Polisi Tangkap Pembuat Surel Penipuan Undangan Pernikahan di Sulsel. (unsplash)

Polisi tangkap pembuat surel penipuan undangan pernikahan di Sulsel – Tim Siber Mabes Polri sukses tangkap pria berinisial IA pelaku pembuat Surat Elektronik (Surel) berbentuk program undangan pernikahan yang dipakai jaringannya kuras isi saldo tabungan beberapa korban dengan menebarkan ke sosial media di Sulawesi Selatan.

“Pembuatnya ini telah diamankan Tim Siber Mabes Polri berdasar laporan korbannya,” tutur Kepala Sub Direktorat Siber Ditreskrimsus Polda Sulsel, Kompol Sutomo, di Makassar, Rabu 1 Februari 2023.

Pelaku dijumpai dengan status mahasiswa, umur 20 tahun asal Kabupaten Pinrang, Sulsel. AI membuat program itu lalu dijualbelikan, selanjutnya pembelinya menggunakan melakukan hal kejahatan menipu banyak korbannya.

“Jaringannya yang membeli program itu. Telah ada satu pelaku ditangkap di Sumatera dan satu di Kabupaten Wajo. Sekarang ini kami sedang tangani kasusnya,” tutur ia.

Modus yang digerakkan beberapa pelakunya dengan menebarkan secara random ke sosial media WhatsApp dengan wujud Surel atau program (aplikasi) berisi dokumen tertulis undangan pernikahan.

Setelah itu, jika korban menyaksikan ada pesan, lalu disuruh untuk membuka dengan berpura-pura mengenal korban. Jika korban terperdaya buka pesan itu karena itu automatis terunduh sampai masuk ke struktur perbankan.

Apabila korban nanti buka program perbankan di handphonenya karena itu langsung bisa dibaca pada mekanisme program pelaku, selanjutnya mengubah nomor pin dan kuasai. Seterusnya, kuras isi tabungan korban dengan mentransfer ke rekening lain.

Tindakan pelaku dalam kejahatan cyber ini, kata Kompol Sutomo, terjadi di banyak daerah terhitung Sulsel. Beberapa korban bahkan juga sudah memberikan laporan peristiwa penipuan itu dengan rugi beberapa puluh juta.

“Korbannya yang melapor ada dua orang. Modus operasi dari kejahatan cyber ini muncul karena ada legal akses. Kami terus meningkatkan kasus ini dan membedah jaringan-jaringannya,” terangnya.

Pihaknya menghimbau warga supaya bijaksana bermedsos, tidak gampang tertipu dan tidak gampang dipengaruhi jika ada tawarkan atau memberitahukan suatu hal dari orang yang tidak dikenali lewat sosial media. (iwan)

Baca juga berita lainnya di Sulawesitoday: Modus Penipuan Lewat Telpon, Warga di Poso Rugi Puluhan Juta Rupiah

Polisi Tangkap Pembuat Surel Penipuan Undangan Pernikahan di Sulsel
Foto: charlesdeluvio. Polisi Tangkap Pembuat Surel Penipuan Undangan Pernikahan di Sulsel. (unsplash)

 

Tags: penipuan surel surat undangan,penipuan elektronik,Sulsel,Tim Cyber Polri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *