Pole Sensasional Marco Bezzecchi di Kualifikasi MotoGP Thailand

waktu baca 3 menit
Pole Sensasional Marco Bezzecchi di Kualifikasi MotoGP Thailand Foto/Istimewa

Pole sensasional Marco Bezzecchi, berita olahraga, sulawesitoday sports – Pole sensasional rookie Mooney VR46 Racing Team, Marco Bezzechi, membuat kejutan lewat keberhasilannya sabet pole position juga cetak rekor lap dalam kualifikasi MotoGP Thailand.

Marc Marquez enggan kehilangan waktu di sesi kualifikasi pertama (Q1). Begitu bendera hijau dikibarkan, pembalap Honda itu langsung melakukan akselerasi pada Sabtu 1 Oktober 2022 di Sirkuit Chang, Buriram.

Dalam empat menit pertama, The Baby Alien malah langsung melesat melebihi kecepatannya. batas 1:31 detik, yang setara dengan 1 menit, 30,343 detik. Sementara penantang gelar Aleix Espargaró meningkatkan waktunya ke posisi kedua.

Para pembalap kemudian memasuki pit sambil menyusun strategi untuk mengamankan tempat di kualifikasi kedua (Q2).

Dengan tiga menit tersisa, Espargaro berakselerasi dengan kecepatan penuh. Pada mesin Aprilia RS-GP, pembalap Spanyol itu mencatat waktu 1m30.202s, mengalahkan waktu lap Marquez. Namun itu tidak berlangsung lama.

Dalam 30 detik terakhir, Marquez meningkatkan catatan waktunya menjadi 1 menit 30,038 detik. Pada saat yang sama, Miguel Olivei menambahkan waktu putaran 1 menit 30.099. Raihan itu juga membuat Espargaro tersingkir dari dua besar.

Marquez dan Oliveira berhasil naik ke Q2, sementara Espargaró kecewa karena dia harus memulai balapan dari P13 di grid. Sementara itu, rekan setimnya Maverick Viñales berada di urutan ke-17 di belakang Raul Fernandez.

Kursus Q2 sangat menarik. Quartararo melawan tujuh pembalap Desmosedici GP. Luca Marini mencatat waktu putaran untuk pertama kalinya. Namun, Jack Miller langsung mematahkannya dengan 1 menit 30,270 detik. Setelah memimpin, Quartararo untuk sementara mengambil status pembalap tercepat.

El Diablo meningkatkan catatan waktunya menjadi 1 menit 30,166 detik. Miller juga turun ke urutan kedua, sementara Francesco Bagnaia berakhir di urutan ketujuh.

Dengan sepuluh menit tersisa di Q2, semangat untuk memulai yang terbaik tumbuh. Waktu putaran berkurang dengan waktu putaran. Miller meningkatkan waktu putarannya, tetapi Jorge Martin membuat terobosan dengan melebihi 1 menit 29,893 detik.

Tujuh menit kemudian giliran Bagnaia yang menunjukkan kecepatannya. Di Desmosedici GP22, pebalap yang biasa dipanggil Pecco mengalahkan Martin setelah mencatat waktu 1 menit 29.775 detik, memaksa Quartararo ke P4.

Kejutan sebenarnya datang dari seorang murid Valentino Rossi. Pada lap tercepat terakhirnya, Bezzecchi melaju kencang, terutama di sektor terakhir sirkuit Chang.

Baca: Unggul di FP1 Thailand, Marc Marquez Optimis Bisa Raih Podium

Bezz juga meraih pole position pertamanya musim ini pada 1 menit 29,671 detik, yang juga merupakan rekor putaran baru. Martin akhirnya harus puas dengan start kedua, diikuti oleh Bagnaia di barisan depan.

Meskipun Quartararo finis di empat besar, ada perjuangan berat di depan. Tidak hanya tiga pembalap Ducati di depannya, tapi dia juga berada di grid yang sama dengan pembalap pabrikan lain dari Bologna, Johann Zarco-Enea Bastianini.

Marc Marquez membuat kesalahan lain di tikungan terakhir, memaksanya untuk mengambil jalan keluar. Kedelapan di depan Marini dan Alex Rins yang menempatkan Suzuki di depan duo KTM Miguel Oliveira dan Brad Binder.

Balapan dapat dilihat melalui siaran TV nasional atau layanan streaming dan aplikasi SPOTV NOW. (*/Ikh)

Selain baca Pole sensasional Marco Bezzecchi, baca juga: Jorge Martin Tercepat di FP3 MotoGP Thailand

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *