Polda Sulawesi Tengah Musnahkan 29 Kg Sabu Selundupan dari Malaysia

waktu baca 2 menit
Polda Sulawesi Tengah Musnahkan 29 Kg Sabu Selundupan dari Malaysia

Berita sulawesi tengah, sulawesitoday.com – Kepolisian wilayah (Polda) Sulawesi Tengah musnahkan 29 kg sabu selundupan dari Malaysia.

“Narkotika yang dimusnakan ini hari sebagai hasil pengungkapan Ditresnarkoba Polda Sulawesi tengah bekerja bersama dengan pihak Bea dan Cukai, 25 Desember 2021 lalu di Kec. Sojol, Donggala,” ungkap Kapolda Sulawesi tengah, Irjen Pol Drs.Rudi Sufahriadi, saat musnahkan 29 Kg sabu selundupan dari Malaysia, Senin 21 Maret 2022.

Dalam kasus itu kata dia, penyidik Ditresnakoba Polda Sulawesi Tengah memutuskan lima orang terdakwa. Salah satunya ialah masih sebagai warga negara Indonesia, tetapi sudah lama domisili di Malaysia.

“Dengan dimusnakannya 29 Kg narkotika tipe sabu ini, kita bisa simpulkan sudah selamatkan warga sekitar 240.277 orang,” ucapnya.

Dia meneruskan, bila dipandang dari jumlahnya warga Sulawesi tengah sekitar 3,03 juta jiwa karena itu yang tertolong sekitar 8% dari jumlahnya warga Sulawesi Tengah.

Selain berita Polda Sulawesi Tengah Musnahkan 29 Kg Sabu Selundupan dari Malaysia, baca juga: Polres Sigi Musnahkan Ribuan Liter Miras Sitaan

Meskipun di tengah-tengah wabah covid19, bersama bersinergi untuk memutuskan rantai narkoba dan memberantas semua penebarannya dengan lakukan pembelajaran dan publikasi hukum, baik hukum positif atau hukum agama.

“Silahkan terus bersinergi dan bekerjasama untuk menuntaskan persoalan narkoba ini. katanya.

Terpisah, Kabidhumas Polda Sulteng Kombes Pol Didik Supranoto, lewat Kasubbid Penmas Kompol Sugeng Lestari menjelaskan, narkotika tipe sabu yang dimusnakan Polda Sulteng ini hari sudah memperoleh penentuan status tanda bukti dari pengadilan dan dimusnakan dengan direbus dan air rebusan di buang di dalam septitan.

Dia menerangkan, berat awalnya tanda bukti 29 Kg selanjutnya disisihkan sekitar 32,07 gr untuk pembuktian di persidangan.

“Terdakwa dijaring pasal 114 ayat 2 dan pasal 114 ayat 2 Jo pasal 132 ayat 1 UU No. 35 tahun 2009 mengenai Narkotika dengan teror Pidana penjara paling singkat 5 dan paling lama 20 tahun dan hukuman pidana penjara sepanjang umur atau hukuman mati dan denda 1 Miliyar – 10 Miliyar,” tutup Sugeng.

Selain berita Polda Sulawesi Tengah Musnahkan 29 Kg Sabu Selundupan dari Malaysia, baca juga: Polisi Bongkar Jaringan Narkotika di Tolitoli, Sulteng

Rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *