Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

PMI Sulawesi Tengah Dukung Parigi Moutong Bangun Unit Donor Darah

waktu baca 2 menit
PMI Sulawesi Tengah Dukung Parigi Moutong Bangun Unit Donor Darah

PMI Sulawesi Tengah, berita sulawesi tengah – Palang Merah Indonesia (PMI) Propinsi Sulawesi tengah memberikan dukungan ke PMI Parigi Moutong membuat unit transfusi darah sebagai usaha menolong Pemda penuhi persediaan darah di rumah sakit.

“Unit transfusi darah (UDD) penting, karena rumah sakit setiap waktu memerlukan persediaan darah,” ungkap Ketua PMI Sulawesi Tengah, Moh Hidayat Lamakarate, saat hadiri HUT PMI ke-77 di Parigi, Senin 19 September 2022.

Menurutnya, Parigi Moutong seharusnya sediakan unit donor, ingat akses mendapat darah di basis PMI Sulawesi Tengah lumayan jauh, ditambahkan tiap hari keperluan darah lumayan tinggi hingga dilihat perlu mempersiapkan sarana.

Seperti arah PMI pusat, ucapnya, ke semua ketua PMI kabupaten jika wilayah capaian jauh dari ibukota propinsi, karena itu membuat satu unit khusus kegiatan donor darah untuk menolong warga memerlukan.

“Tentu saja kami sudah siap memberikan fasilitas organisasi PMI di kabupaten/kota mendapat kontribusi dari pusat. Ini dilaksanakan hanya untuk kebutuhan kemanusiaan,” tutur Hidayat, mantan Sekretaris daerah Propinsi Sulawesi Tengah.

Disampaikannya, masalah kemanusiaan sisi dari tanggung-jawab sebagai organisasi kepalangmerahan dalam memberi kontribusi dengan capaian yang tak terbatas.

Hingga, beberapa tugas ini perlu digunakan secara baik sebagai wujud dedikasi pada bangsa di bagian kepalangmerahan seperti beberapa prinsip dasar kepalangmerahan internasional.

Dia menerangkan, UDD bukan hanya hanya lakukan transfusi, tapi juga berperan sebagai area untuk menyimpan persediaan darah untuk dipersiapkan ke warga yang memerlukan, karena transfusi bagian dari misi serta visi PMI.

Karena, dalam memberi layanan kemanusiaan, organisasi kepalangmerahan bukan hanya bekerja saat keadaan genting, tapi lebih dari itu sesuai nilai dan etika yang berjalan universal dan memprioritaskan perhatian ke barisan yang paling rawan.

“Untuk mendapat persediaan darah, PMI kabupaten/kota bisa membuat kerja-sama dengan warga dan beberapa pihak yang lain, hingga saat terjadi keadaan genting pengatasan bisa lebih cepat karena telah terikat partner pendonor,” tutupnya. (rf)

Baca juga: PMI Parigi Moutong Bantu Suplai Air Bersih Korban Banjir Torue

Leave a Reply

Your email address will not be published.