Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Pemda Ajak Wujudkan Pilkades Damai di Parigi Moutong

waktu baca 2 menit
Pemda Ajak Wujudkan Pilkades Damai di Parigi Moutong

Pilkades damai di Parigi Moutong, sulawesitoday – Pemerintah daerah (Pemda) Parigi Moutong, Sulawesi Tengah, ajak kontestan wujudkan Pemilihan kepala desa (Pilkades) aman dan damai.

“Dibutuhkan kerjasama semua pihak untuk wujudkan hal itu,” ungkap Kepala Bidang Pemerintah Desa, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD), Parigi Moutong, Agus Salim, di Parigi Moutong, Kamis 23 Juni 2022.

Ia mengatakan, untuk tidak mencederai esensi Pilkades pada hari pemilihan nanti akibat tindakan tidak bertanggungjawab.

Calon kepala desa ikut dalam kontestasi pemilihan kata dia, menjunjung tinggi sportifitas guna mewujudkan atmosfer demokrasi matang.

“Peserta atau calon ikut bersaing tidak sekedar hanya bagaimana raih simpati masyarakat untuk mengantongi suara. Tetapi mereka berperanan memberi pembelajaran politik ke konstituen,” kata

Dia memperingatkan, Panitia Penyeleksian Kepala Desa (P2KD) sebagai petugas pelaksana dimulai dari tingkat dusun, kecamatan sampai kabupaten harus menjaga kredibilitas dan berlaku netral, tidak memihak ke calon tertentu.

Selain berita Pemda ajak wujudkan Pilkades damai di Parigi Moutong, baca juga: Antusias Kontestasi Pilkades di Parigi Moutong Cukup Tinggi

Imbas dari keterpihakan katanya, tentu mencoret nama baik pelaksana atau Pemerintahan Daerah (Pemda) sebagai fasilitator.

“Ketidaksamaan pilihan hal lumrah, tetapi perbedaan itu tidak boleh dijadikan alat untuk menghasut atau bertindak yang tidak sesuai ketentuan,” tutur Agus.

Masyarakat katanya, bertindak dalam memantau tiap tingkatan penyelenggaraan Pemilu tingkat desa.

Bila mengalami beberapa hal yang memiliki potensi menyebabkan pelanggaran, karena itu adukan pada pihak pelaksana.

Dia menyebut, penyelenggaraan berjalan sesuai proses pasti memberi imbas positif pada demokrasi, walau dipandang masih tetap ada potensi tuntutan.

“Hari penyeleksian diputuskan 27 Juni 2022 untuk isi masa 2022-2027, sesuai impian warga antusias terlibat,” katanya.

Dia menambahkan, sesudah tahap diskusi calon terwujud beberapa lalu, sekarang tingkatan lanjutan yaitu pembagian surat suara ke 97 dusun yang melakukan Pilkades serempak tahun 2022 sedang berproses. (rf)

Selain berita Pemda ajak wujudkan Pilkades damai di Parigi Moutong, baca juga: 71 Bakal Calon Ikuti Ujian Tahapan Pilkades Parigi Moutong

Leave a Reply

Your email address will not be published.