Perumahan Guru di Distrik Ilaga Dibakar Teroris KKB Papua

waktu baca 5 menit
Perumahan Guru di Distrik Ilaga Dibakar Teroris KKB Papua

Berita sulawesitoday – Perumahan guru SMA Negeri 1 di Kampung Wako, Distrik Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua dibakar teroris KKB Papua. Tidak ada korban jiwa dilaporkan dari kejadian itu.

“Ada pembakaran perumahan guru di Kampung Wako pada Jumat malam sekitar pukul 19.00 WIT,” ungkap Kabid Humas Polda Papua, Kombes Polisi Ahmad Musthofa Kamal, Sabtu 14 Mei 2022.

Usai terima laporan pembakaran perumahan guru, aparat kepolisian dipimpin Ipda Kristofol R. Lewirissa bersama personel Damai Cartenz ke Tempat Kejadian Perkara (TKP).

Bersama warga, personel Ops Damai Cartenz berusaha padamkan api. Sekitar pukul 19.20 WIT api bisa dipadamkan.

Patroli juga dilakukan di sekitar TKP untuk pastikan tidak adanya pergerakan dari teroris KKB.

Sebelumnya, Rabu 11 Mei 2022, teroris KKB tembak Nober Palintin (31 th), pengemudi truk yang ambil pasir di Kali Ilame, Daerah Wako, Area Gome.

Korban diperkirakan tenggelam sesudah ditembak saat larikan diri ke sungai sampai diketemukan warga di Kali Wilipur, Daerah Kimak, Area Ilaga, Kamis 12 Mei 2022.

Selain berita Perumahan Guru di Distrik Ilaga Dibakar Teroris KKB Papua, baca juga: PGRI Sulteng Kutuk Kekerasan Terhadap Guru di Labota, Morowali

KKB kembali rusak sarana umum di Papua

Untuk beberapa kalinya teroris KKB kembali membakar beberapa sarana umum dibuat pemerintahan. Seperti gedung sekolah, perumahan guru, gedung puskesmas dan akses jalan raya pada beberapa daerah Kabupaten Puncak, Propinsi Papua, semenjak Minggu 2 Mei 2022 sampai Senin 3 Mei 2022.

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Mustofa Kamal yang dikontak dari Timika, Selasa, mengatakan sarana yang dibakar dan dirusak oleh KKB yakni lima ruangan kelas SD Mayuberi, rumah dinas guru, gedung lama Puskesmas Mayuberi.

Disamping itu, barisan membawa senjata yang sekarang digolongkan sebagai barisan teroris itu menghancurkan sarana Jembatan Kimak, Jalan Tagaloa dan Jalan Wuloni (pintu angin).

Peristiwa itu baru dijumpai sesudah seorang masyarakat namanya Joni Elatotagam tiba melapor ke Kepala Area (Camat) Ilaga Utara yang ada di Kimak, pada Senin 3 Mei 2022.

“Bapak Joni Elatotagam memberikan laporan jika terjadi pembakaran yang bermula di hari Minggu 2 Mei 2022 sekitaran jam 22.30 WIT. Saat ada di Daerah Uloni, Area Ilaga, Kabupaten Puncak, Bapak Joni Elatotagam menyaksikan kelompok asap hitam ebal yang dari Daerah Mayuberi sekitaran jam 23.00 WIT,” papar Kombes Kamal.

Atas peristiwa itu, Joni Elatotagam segera ke arah Polres Puncak di Kota Ilaga pada Senin 3 Mei 2022 untuk memberikan laporan keadaan yang terjadi di Mayuberi.

“Ada tiga titik batas jalan dirusak KKB yakni Jalan Kimak, Jalan Tagaloa dan Jalan Wuloni Pintu Angin. Jalanan itu dikeduk dengan kedalaman 25 sampai 40 cm menurut info Joni Elatotagam,” tutur Kombes Kamal.

Saat lakukan laganya itu, barisan KKB membagikan pekerjaan, ada yang bekerja membakar gedung lama puskesmas dan gedung SD Mayuberi, sementara barisan lainnya bekerja menghancurkan tiga titik batas Jalan Mayuberi, Jalan Kimak dan Jalan Wuloni.

Ada pula barisan membawa senjata yang lain menjaga di tepi jalan untuk amankan beberapa simpatisan-nya yang melakukan pengerusakan sarana umum itu.

“Ada banyak partisipan KKB menolong lakukan pembakaran gedung sekolah dan puskesmas dan pengerusakan sarana jalan, menurut laporan Joni Elatotagam,” bebernya.

Kapolda Papua Irjen Pol Mathius D Fakhiri menjelaskan pascaterjadi kasus pembunuhan dua guru yang bekerja di Area Beoga, Kabupaten Puncak pada 8 dan 9 April 2021, aparatur TNI dan Polri dikirimkan ke Beoga untuk lakukan rekondisi keamanan sekalian lakukan penegakan hukum pada aktor penembakan dua guru itu.

Selainnya ke Beoga, pasukan kombinasi TNI dan Polri dikirimkan ke Ilaga untuk mengusapt ibukota Kabupaten Puncak itu dari masalah KKB.

Kapolda Papua mengultimatum barisan teroris membawa senjata di Papua itu untuk hentikan semua wujud tindak kekerasan.

“Jangan kembali ada yang lakukan kekerasan membawa senjata atau kejahatan yang lain yang membuat warga jadi trauma, takut, dan berasa terancam. Karenanya usaha penegakan hukum terus akan kami kerjakan dengan tegas dan terarah,” kata Irjen Fakhiri.

Personil kombinasi TNI dan Polri yang ada sekarang ini di Papua, ucapnya, akan berusaha optimal untuk secepat-cepatnya tangkap beberapa gembong KKB yang sejauh ini jadi artis khusus dibalik rangkaian tindakan kekerasan.

“Pasti kami dari kepolisian usaha optimal untuk tangkap mereka hidup-hidup supaya jaringannya tersingkap. Tetapi jika mereka menantang, kami akan lumpuhkan. Sampai saat ini kami masih bekerja,” tutur Irjen Fakhiri.

Dalam rencana itu juga, Polda Papua bersama elemen TNI di tempat terus lakukan bagiangan ke semua komponen warga dan pemda supaya mereka tidak takut dan selekasnya pisahkan diri dari barisan membawa senjata yang saat ini sudah diputuskan sebagai barisan teroris itu. (**)

Selain berita Perumahan Guru di Distrik Ilaga Dibakar Teroris KKB Papua, baca juga: Tenaga Medis di Nduga Ketakutan Akibat Teror

 

tags: kkb,kkb adalah,kkb papua saat ini,kkb terbaru,konflik kkb di papua,berita kkb papua,apa itu kkb papua,kkb artinya,kkb papua 2022,anggota kkb papua,kelompok kkb papua,kkb papua artinya,berita kkb terbaru,kkb singkatan dari,berita kkb,kkb opm,singkatan opm,apa arti kkb,tujuan opm,kkb papua adalah singkatan dari,kkb,kkb adalah,kkb papua saat ini,kkb terbaru,konflik kkb di papua,berita kkb papua,apa itu kkb papua,kkb artinya,kkb papua 2022,anggota kkb papua,kelompok kkb papua,kkb papua artinya,berita kkb terbaru,kkb singkatan dari,berita kkb,kkb opm,singkatan opm,apa arti kkb,tujuan opm,kkb papua adalah singkatan dari.

Rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *