Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Perubahan Iklim Global, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

waktu baca 5 menit
Perubahan Iklim Global, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Feature, sulawesitoday.com – Perubahan iklim global semakin jelas terasa, curah hujan cenderung tidak berpola dan sulit diprediksi, ini penyebab dan cara mengatasinya.

Dampaknya, di suatu daerah dapat terjadi banjir sementara di tempat lainnya alami kekeringan.

Di Indonesia sendiri, kondisi iklim sudah berbeda. Beberapa tahun lalu iklim masih dapat diprediksi dibandingkan saat ini.

Siklus dua musim dalam satu tahun di Indonesia terus berubah seiring ketidakseimbangan lingkungan.

Imbas negatif peralihan cuaca dari peristiwa pemanasan global ialah peningkatan temperatur permukaan air laut, intensitas cuaca berlebihan, peralihan skema curahan hujan dan gelombang besar.

Lebih jauh berikut data komplet tentang langkah menangani peralihan cuaca, ketahui pemicunya sejak awal kali sudah diringkas lewat media.neliti.com dan beragam sumber yang lain.

Pemicu Peralihan Iklim Cuaca

Pemicu berlangsungnya peralihan cuaca dikontrol oleh tindakan manusia yang tidak memerhatikan lingkungannya. Pemicu berlangsungnya peralihan cuaca ini dipengaruhi oleh tindakan manusia yang melepas gas rumah kaca ke atmosfer.

Contoh pemicu berlangsungnya peralihan cuaca karena tindakan manusia ini ibarat pembakaran bahan bahan bakar fosil dan deforestasi. Disamping itu, ada pula beragam pemicu berlangsungnya peralihan cuaca yang dikuasai tindakan manusia yang lain, misalnya:

Mengemudikan mobil. Bensin terhitung berbahan bakar fosil. Pembuangan gas pada mobil memiliki kandungan banyak pencemaran gas kimia yang lain. Ini tentu saja menjadi satu diantara pemicu berlangsungnya peralihan cuaca yang tidak terpungkiri kembali.

Tempat pembuangan sampah. Saat kamu buang makanan dan sampah taman ke tempat sampah, sampah-sampah itu akan dibawa dan terpendam di beberapa tempat pembuangan sampah.

Perihal ini pula yang menjadi satu diantara pemicu berlangsungnya peralihan cuaca. Saat sampah yang ada paling bawah alami pembusukan, terciptalah gas methan.

CFC untuk kulkas dan aerosol. CFC atau chloro-fluoro-carbo’ tidak tercipta secara alami. Kamu menggunakannya untuk keseluruhnya proses industri. CFC dipakai sebagai pendingin di almari es dan bahan pembakar pada aerosol.

Ini sebagai pemicu berlangsungnya peralihan cuaca yang memunculkan sekitaran 10.000 kali ‘efek rumah kaca’ dari CO2. CFC merusak ozon, sisi penting yang ada di susunan atas atmosfer.

Pertanian dan peternakan. Saat petani menambahkan pupuk penyubur nitrogen ke tanah, sebagian dari nitrogen itu beralih menjadi Nitro Oksida (N2O), gas rumah kaca yang paling kuat.

Sapi membuat gas methan saat rumput alami fermentasi di perutnya. Ada sekitaran 1,2 miliar ternak sapi di dunia, semua menambahkan kandungan gas rumah kaca sebagai pemicu berlangsungnya peralihan cuaca di penjuru dunia.

Selain berita Perubahan Iklim Global Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya, baca juga: Berikut Potensi Cuaca Ekstrem Provinsi BMKG Sepekan

Langkah Menangani Peralihan Cuaca

Penanganan peralihan cuaca sebetulnya dapat dilaksanakan dengan sederhana yang dekat dengan kehidupan kita setiap hari. Beberapa salah satunya seperti berikut:

  1. Menanam Pohon

Langkah menangani peralihan cuaca yang pertama dengan menanam pohon. Kamu dapat menanam pohon di pelataran rumah atau menyimpan beberapa tanaman kecil di teras. Sepanjang fotosintesis, pohon dan tanaman lain mempernyerap karbon dioksida dan keluarkan oksigen.

Tanaman sebagai sisi yang tidak dipisahkan dari transisi perubahan atmosfer alami. Beberapa tanaman bisa juga melawan kenaikan karbon dioksida yang disebabkan karena lalu lintas mobil, manufacturing, dan kegiatan manusia yang lain.

  1. Mengajak Orang Lain untuk Lakukan Konservasi Lingkungan

Langkah menangani peralihan cuaca selanjutnya dengan mengajak seseorang untuk lakukan konservasi lingkungan. Langkah yang termudah ialah beragam info mengenai daur ulangi dan pelestarian energi dengan rekan, tetangga, dan rekanan kerja.

Berikan contoh yang bagus untuk konservasi lingkungan dengan rutinitas-kebiasaan yang kamu kerjakan. Kamu bisa juga ikut serta dalam komune pencinta lingkungan.

  1. Mengaplikasikan Reduce, Reuse, Recycle

Reduce, Reuse, Recycle sebagai cara sederhana sebagai langkah menangani peralihan cuaca yang lain. Reduce ialah aktivitas memakai produk paket, khususnya plastik seminimal mungkin.

Cara ini akan menolong kurangi pemborosan. Reduce bisa juga dilaksanakan dengan beli produk yang bisa dipakai kembali bukannya yang sekali saja pakai.

Reuse ialah cara memakai kembali beberapa benda sisa seperti kantong plastik atau botol plastik. Sementara recycle ialah aktivitas mendaur ulangi barang yang tidak kepakai jadi bermanfaat kembali, Kamu dapat mendaur ulangi kertas, plastik, koran, kaleng kaca dan sampah yang lain jadi suatu hal yang berguna.

  1. Turunkan Pemakaian Kendaraan Bermotor Individu

Paling akhir, kamu dapat menangani peralihan cuaca dengan kurangi pemakaian kendaraan motor individu yang memiliki arti semakin sedikit emisi. Selainnya mengirit bensin, jalan kaki dan naik sepeda sebagai wujud olahraga yang sehat.

Kamu bisa juga manfaatkan transportasi umum atau memakai kendaraan bersama. Bila mau tak mau berkendara, yakinkan motor atau mobil jalan efektif. Misalkan, jaga supaya ban terus megar secara baik bisa tingkatkan jarak menempuh sampai lebih dari 3%. (**)

Selain berita Perubahan Iklim Global Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya, baca juga: Kapan Terjadinya Banjir, Berikut Penjelasannya

 

tags: perubahan iklim,dampak pemanasan global terhadap kesehatan manusia adalah,perilaku berikut yang menjadi pemicu perubahan iklim adalah,dampak perubahan iklim,perubahan iklim di bumi yang tidak disebabkan oleh aktivitas manusia adalah,climate change adalah,penyebab perubahan iklim,perubahan iklim adalah,bagaimana pemanasan global menyebabkan ekosistem tidak stabil,mengapa pemanasan global dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat,dampak perubahan cuaca terhadap kehidupan manusia,proses terjadinya perubahan iklim,istilah perubahan cuaca,solusi perubahan iklim,perubahan iklim pdf,penyebab perubahan iklim pdf,pemanasan global dan perubahan iklim,faktor apa yang menyebabkan perbedaan iklim,jelaskan faktor yang mempengaruhi perubahan iklim,jurnal perubahan iklim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.