Parigi Moutong Matangkan Persiapan Hari Ikan Nasional

waktu baca 2 menit
Parigi Moutong Matangkan Persiapan Hari Ikan Nasional

Persiapan Hari Ikan Nasional, sulawesitoday – Pemda Parigi Moutong, Sulawesi tengah, sampai sekarang sedang menggenjot persiapan penyelenggaraan hari ikan Nasional (Harkanas) 2022 pada November akan datang.

“Seperti instruksi Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) menunjuk Sulawesi tengah dan Parigi Moutong sebagai tempat kegiatan,” ungkap Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Parigi Moutong Moh Nasir dihubungi, Kamis 15 September 2022.

Dia menerangkan, sekarang ini Pemda Parigi Moutong terus bangun penyelarasan dengan Pemerintahan Propinsi Sulawesi tengah dan KKP buat menegaskan beberapa bagian yang mana jadi tanggung-jawab Pemerintahan daerah (Pemda) dan pusat.

Maka dari itu, pematangan acara terus digodok yang mana dalam realisasinya kelak berisi beberapa serangkaian kegiatan salah satunya lomba mengolah tingkat nasional sebagai acara ini, selanjutnya lokakarya mengenai perikanan, pameran hasil produksi perikanan dan serta beberapa acara resmi yang lain.

BACA JUGA: Sesar Palu Koro Aktif, Kota Palu Diguncang Gempa M 3,5

“Giat ini berjalan tanggal 19-21 November dengan mendatangkan tamu dari 34 propinsi di tanah air. Sebagai tuan-rumah tentu saja kami mengemas kegiatan ini sebagus dan semeriah mungkin agar berkesan pada tamu,” tutur Nasir.

Dia menyampaikan, kelompok binaan DKP Parigi Moutong akan memperlihatkan beberapa produk buatan perikanan satu diantaranya crispy ikan bandeng, yang bahkan juga bahan bakunya diambil mengambil sumber dari petani tambak di wilayah itu.

Termasuk, Dinas Koperasi dan UMKM di tempat ikut juga mengambil sisi sebagai wujud dukungan, karena barisan usaha binaan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) itu cukup banyak mempunyai produk buatan perikanan.

“Kegiatan pendukung yang lain dijalankan pasar rakyat untuk tingkatkan putaran ekonomi warga dengan bersamaan moment Harkanas,” sebut Nasir.

Dia menjelaskan, kekuatan kelautan dan perikanan Parigi Moutong lumayan besar, yang mana wilayah itu mempunyai garis pantai sejauh 472 km bersebelahan dengan Propinsi Gorontalo di bagian Utara dan bersebelahan dengan Kabupaten Poso pada bagian Selatan.

Berdasar data DKP, bidang perikanan tangkap dan Budi daya perikanan cukup sama imbang, yang mana kabupaten ini mempunyai luas tambak udang vaname dengan skema tradisionil sekitaran 7189 hektar dari luas kekuatan tempat 10.816 hektar dengan rerata produksi /tahun 4 ribu ton.

Lalu, bidang perikanan tangkap dalam jumlah nelayan sekitaran 9 ribu orang. Disamping itu, ada juga budi daya rumput laut oleh warga pesisir sanggup menghasilkan sekitaran 13 ribu ton daun basah pada dua tipe rumput laut yaitu eucheuma cottonii dan eucheuma spinosum.

“Kegiatan perikanan warga setempat cukup lengkap, ada yang manfaatkan Budi daya perikanan air tawar atau perikanan air asin. Beberapa sektor ini memberi kontributor positif pada wilayah,” tutupnya. (**)

Selain berita Persiapan Hari Ikan Nasional, baca juga: DKP Verifikasi Kelompok Penerima Bantuan Nelayan Parigi Moutong

Leave a Reply

Your email address will not be published.