Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Ketua Partai Buruh: Perpu Cipta Kerja adalah Cara Terbaik

waktu baca 2 menit
Ketua Partai Buruh: Perpu Cipta Kerja adalah Cara Terbaik, (Foto: antara.)

Perpu cipta kerja, berita sulawesitoday – Ketua Partai Buruh, Said Iqbal menyebut terbitnya Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang Nomor 2 Tahun 2022 terkait Cipta Kerja atau Perpu Cipta Kerja adalah langkah terbaik.

“Partai Buruh dan KSPI serta organisasi serikat pekerja buruh berpendapat adalah terbaik sejak usulan Perpu digulirkan,” ungkap Said dalam konferensi pers online Jumat 30 Desember 2022.

Dalam penyempaiannya, sejak awal Partai Buruh, KSPI serta sejumlah organisasi serikat pekerja buruh lain sudah setujui usulkan Perpu.

Menurutnya, pengesahan itu bisa hindari pola kejar tayang kerap dilaksanakan pemerintah akibatkan pengajuan revisi pada undang-undang walaupun baru berumur jagung.

“Pendapat kami pada tahun politik, bakal terjadi politisasi terkait pembahasan ulang. Meskipun isi sama soal konten atau revisi Undang-undang cipta kerja,” ucap Said.

Selain politisasi, ia juga menyebutkan terhaap risiko penyelewengan uang apabila undang-undang masih dalam bentuk draft.

“Dikhawatirkan bakal terjadi dugaan penyelewengan uang tertentu kepada pembahasan undang-undang Cipta Kerja,” tuturnya.

Iqbal menyetakan belum membaca isi perpu

Terkait isi Perpu, Said mengaku belum mengetahuinya. Khususnya, pada klaster ketenagakerjaan karena baru menerima infor dari berita beredar.

“Sehingga kami belum dapat memberi pendapat menerima atau menolak Perpu,” tegasnya.

Presiden Jokowi resmi terbitkan Perpu Cipta Kerja. Pemerintah klaim Perpu itu sudah berpegsng pada peraturan perundangan dan Putusan Mahkamah Konstitusi atau MK Nomor 38/PUU7/2009.

“Pertimbangannya yaitu kebutuhan mendesak,” ungkap Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto, pada presscon di Istana Negara, Jumat 30 Desember 2022. (rhmn)

Selain berita Perpu cipta kerja, baca juga: 52 Pejabat Parigi Moutong Dilantik Akhir 2022

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *