Sulawesitoday

portal berita terkini di sulawesi tengah, poso, palu, parigi moutong dan berita terbaru lainnya

Lima Perbedaan Iguana dan Bunglon

waktu baca 3 menit
Lima Perbedaan Iguana dan Bunglon

Perbedaan Iguana dan Bunglon, sains sulawesitoday – Iguana dan bunglon adalah reptil, keduanya kerap dilirik jadi hewan piaraan dengan tipe kadal.

Tetapi kenyataannya, iguana dan bunglon ialah spesies yang paling berlainan.

Perbedaan iguana dan bunglon

  1. Perbedaan komunitas iguana dan bunglon

Iguana ialah herbivora. Komunitas asli mereka di wilayah tropis Amerika tengah dan Selatan. Biasanya, iguana hidup di pucuk pohon-pohonan tinggi. Ini untuk menghindar ancaman dari makhluk hidup yang lain.

BACA JUGA: Ini Sebutan Lain Ikan Dewa dari Beragam Daerah

Disamping itu, iguana suka juga tinggal di dekat air. Dengan demikian akan mempermudah mereka untuk lari ke air untuk menghindar predator.

Sedangkan bunglon ialah hewan karnivora, asal dari Afrika dan Asia Selatan. Walau bunglon banyak habiskan waktu di pohon, ada saatnya mereka lari melewati tanah.

Bunglon mempunyai kekuatan mengganti warna kulitnya seperti warna lingkungan sekelilingnya, hingga dapat menipu mangsanya. Ini tidak dapat dilaksanakan oleh iguana.

  1. Perbedaan tubuh iguana dan bunglon

Beberapa bunglon mempunyai jambul, tetapi umumnya tidak. Jambul mereka juga biasanya cuma pada bagian depan.

Berlainan dengan iguana yang mempunyai jambul berduri di sejauh punggungnya. Walau kelihatan tajam, duri iguana sebetulnya cukup lunak. Kehadiran duri di sejauh punggungnya seolah memang untuk menakuti pemangsa.

Tubuh iguana condong semakin besar dari bunglon. Rerata iguana akan capai panjang di antara 1,5meter sampai 2meter terhitung ekornya, dengan bobot badan di antara 3,5kilogram sampai 8kilogram.

Tetapi panjang badan bunglon cuma sekitaran 70 cm dengan berat badan sekitaran 2 kg.

Baca juga: Hutan Musim di Indonesia Memiliki Ciri Khas

  1. Perbedaan mata iguana dan bunglon

Iguana mempunyai mata yang ada dalam tengkorak mereka dan terselinap seperti tipe kadal yang lain.

Sementara bunglon mempunyai mata yang ada di kelopak mata berwujud kerucut yang mencolok dari kepala mereka.

Bunglon mempunyai mata yang memungkinkan mereka untuk menyaksikan ke berlainan dan konsentrasi pada dua obyek yang lain sekalian, tapi iguana mempunyai mata yang unik.

Bila Anda menyaksikan keduanya, Anda bisa secara mudah membandingkan mereka dari matanya.

  1. Perbedaan ekor iguana dan bunglon

Iguana mempunyai ekor panjang dan kuat yang mereka pakai untuk serang lawan, tapi bunglon mempunyai ekor yang bisa menggenggam.

Bunglon habiskan cukup beberapa waktu di pohon sejauh hidupnya. Mereka bisa memakai ekornya untuk menggenggam dahan saat memanjat atau menolong mereka tangkap mangsa.

Seperti cicak, iguana bisa melepas ekornya dan meninggalkannya saat ditangkap oleh pemangsa.

Dengan demikian, pemangsa kemungkinan tinggalkan iguana seusai memperoleh ekor untuk dikonsumsi, atau dapat memberikan waktu beberapa menit untuk iguana larikan diri.

  1. Perbedaan usia iguana dan bunglon

Iguana hidup semakin lama dari bunglon. Iguana bisa hidup di antara 15 dan 20 tahun di alam liar dan bahkan juga semakin lama di penangkaran.

Beberapa iguana bahkan juga sudah dijumpai hidup sampai 50 tahun di penangkaran, hingga menjadikan hewan piaraan yang berusia panjang.

Sementara bunglon, cuma hidup di antara empat sampai delapan tahun di alam liar dan peluang dapat hidup semakin lama di penangkaran.

Itu dia lima perbedaan iguana dan bunglon, yang hendak mempermudah Anda untuk mengenal keduanya.

Baca juga: Yayasan Komiu Setuju Rencana TNKT Jadi Laboratorium Riset

Rekomendasi

Leave a Reply

Your email address will not be published.